Kesehatan Wanita

Tak Perlu Khawatir, Ini 7 Cara Melancarkan Haid yang Wajib Kamu Ketahui

September 18, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Cara melancarkan haid akan sangat bergantung pada kondisi apa yang menyebabkannya. Meskipun demikian, cara paling ampuh adalah melakukan praktik hidup sehat untuk menurunkan risiko dari penyebab haid tidak lancar.

Periode menstruasi masih dikatakan normal atau lancar ketika datang setiap 24 atau 38 hari. Waktu ini hanya akan dikatakan tidak lancar ketika periode terjadinya tidak menentu pada tiap bulannya atau ketika datang lebih cepat atau lambat.

Penyebab haid tidak lancar

Beberapa penyebab menstruasi yang tidak lancar adalah perubahan pada metode kontrasepsi yang kamu gunakan, ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon karena menopause atau olahraga ketahanan tubuh yang kamu jalani.

Cara-cara melancarkan haid

Penanganan haid yang tidak lancar sebenarnya tidak diperlukan pada perempuan yang masih puber atau yang sudah menopause, tapi menjadi wajib kalau kamu masih berada pada masa subur kamu.

Berikut ini adalah cara melancarkan haid yang bisa kamu ikuti:

1. Cara melancarkan haid dengan yoga

Sebuah penelitian di Chhatrapati Sahuji Maharaj Medical University di India menemukan manfaat yoga terhadap haid yang tidak lancar karena rendahnya level hormon. Penelitian ini dilakukan terhadap 126 partisipan yang melakukan yoga selama 5 hari seminggu dalam 6 bulan.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Medical Science and Clinical Research menyebut yoga dapat mengurangi nyeri dan gejala emosional karena haid seperti depresi dan resah.

Jika kamu tidak terbiasa dengan yoga, kamu bisa melakukan gerakan khusus pemula yang bisa kamu temui di kelas-kelas yoga ataupun mencari video secara daring.

2. Cara melancarkan haid dengan menjaga berat tubuh

Perubahan pada berat tubuh dapat memengaruhi periode menstruasi kamu juga, lho. Untuk itu, salah satu cara melancarkan haid adalah dengan mengurangi berat badan jika sudah berlebih.

Sebaliknya, kekurangan berat badan juga tidak baik, karena itu pun bisa memengaruhi periode menstruasi kamu. Untuk itu, menjaga berat badan yang ideal dan sehat adalah salah satu cara untuk melancarkan haid.

3. Olahraga

Olahraga bisa menjadi salah satu cara untuk melancarkan haid karena banyak manfaat kesehatan yang ditimbulkan. Salah satunya adalah menjadi cara untuk menangani polycystic ovary syndrome (PCOS) yang merupakan penyebab haid tidak lancar.

4. Konsumsi jahe

Jahe menjadi obat rumahan yang bisa kamu andalkan sebagai salah satu cara melancarkan haid. Jahe juga memiliki manfaat lain terkait kesehatan menstruasi kamu, lho.

Salah satunya adalah mengurangi darah yang keluar karena menstruasi. Hal ini dibuktikan dalam kajian yang melibatkan 92 perempuan dengan perdarahan berat saat menstruasi yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research

5. Memanfaatkan kayu manis

Kayu manis bisa menjadi salah satu cara melancarkan haid. Hal ini dibuktikan dalam sebuah kajian yang diterbitkan oleh American Journal Obstetrics & gynecology yang menyatakan kayu manis bisa jadi pengobatan yang efektif terhadap PCOS.

Selain itu kayu manis juga bisa mengurangi nyeri dan perdarahan karena mens. Hal ini dibuktikan dalam kajian yang diterbitkan Iranian Red Crescent Medical Journal pada tahun 2015. 

6. Mencukupi kebutuhan harian vitamin

Sebuah kajian yang dilakukan di Amerika Serikat menyebut vitamin D dapat menjadi cara melancarkan haid. Para peneliti mencatat jika haid yang tidak lancar ada kaitannya dengan kekurangan vitamin D.

Vitamin D biasanya terdapat dalam beberapa jenis makanan, termasuk susu dan produk olahannya. Kamu juga bisa mendapatkan vitamin D dari paparan sinar matahari atau suplemen makanan lainnya.

Kajian lain yang diterbitkan Annals of Epidemiology menyebut vitamin B kerap diresepan kepada perempuan yang mengandung dan bisa dipakai untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Dilansir Healthline, masih butuh banyak kajian untuk membuktikan hal ini lebih lanjut.

7. Konsumsi nanas

Nanas merupakan makanan yang terkenal dapat menjadi obat untuk masalah kesehatan menstruasi. Buah ini mengandung bromelain, enzim yang dipercaya dapat melembutkan lapirsan rahim dan mengatur periode menstruasi kamu.

Dengan memakan nanas, kamu juga bisa memenuhi porsi buah-buahan harian yang kamu butuhkan. 80 gram nanas setara dengan satu porsi buah yang kamu butuhkan.

Itu dia semua tips melancarkan haid yang perlu kamu tahu. Selalu jaga kesehatan menstruasi kamu supaya kamu terhindar dari masalah kesehatan yang lebih serius.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
Berita Terkait
register-docotr