Kesehatan Wanita

Yuk, Mengenal Beragam Bentuk Vagina Berikut Ini

December 2, 2020 | Nik Nik Fadlah
no-image

Banyak wanita yang tak jarang mengkhawatirkan bentuk vagina serta ukurannya. Padahal kenyatannya, bentuk, ukuran, atau bahkan warna vagina pada masing-masing wanita sangat bervariasi. Agar kamu lebih memahaminya, yuk simak ulasannya di bawah ini.

Bagian luar dari alat kelamin wanita lebih tepatnya disebut dengan vulva. Vulva mencakup banyak struktur, seperti misalnya saja bibir dalam dan luar (labia). Ini adalah lipatan kulit yang mengelilingi lubang vagina dan lubang uretra.

Baca juga: 5 Ciri-ciri Vagina Sehat yang Wajib Kamu Ketahui, Apa Saja?

Berbagai variasi bentuk vagina

Ketika seorang wanita menyebutkan tampilan vagina, ia membicarakan mengenai labia alias bibir vagina. Bentuk vagina sendiri terdiri dari 9 tipe.

Nah, berikut ini adalah berbagai tipe bentuk vagina yang perlu kamu tahu seperti yang telah dilansir dari Healthline.

1. Curved outer lips

Curved outer lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Bentuk vagina tipe ini menyerupai tapal kuda yang terbalik, karena bibir bagian luar (labia mayora) melengkung ke bawah secara merata di ujungnya. Sedangkan, lubang vagina lebih lebar di bagian atas sehingga bibir bagian dalam (labia minora) terlihat.

2. Asymmetrical inner lips

Asymmetrical inner Lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Pada bentuk vagina tipe ini, salah satu bibir bagian dalam lebih panjang, lebih tebal, atau lebih besar daripada yang lain, ini dianggap asimetris. Perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya cukup umum bagi vulva untuk memiliki bibir bagian dalam yang tidak rata.

3. Prominent outer lips

Prominent outer lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Bentuk ini memiliki karakteristik di mana bibir bagian luar lebih menonjol berada jauh di bawah vulva, sehingga salah satu kulit di bagian bibir mungkin lebih tipis atau lebih tebal. Bentuk vagina ini juga menutupi bagian dalam vagina.

4. Prominent inner lips

Prominent inner lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Kadang kala, labia minora lebih panjang dan lebih menonjol atau terlihat dibandingkan dengan labia mayora. Untuk perbedaan panjangnya sangat tipis dan tidak terlalu mencolok, sehingga labia minora hanya sedikit lebih terlihat.

5. Long, dangling outer lips

Long, dangling outer lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Bentuk vagina selanjutnya adalah labia mayora yang lebih menonjol, sehingga lipatan labia dapat terlihat di luar pakaian dalam. Tak hanya itu, pada tipe ini labia minora juga sedikit lebih terbuka.

6. Long, dangling inner lips

Long, dangling inner lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Kebalikan dari bentuk vagina sebelumnya, pada tipe ini labia minora lebih menonjol. Labia minora dapat menonjol keluar hingga 1 inci atau lebih melewati labia mayora, sehingga terlihat seperti ada lipatan tambahan pada labia mayora.

Sama halnya seperti tipe sebelumnya, labia minora mungkin saja dapat terlihat di luar celana dalam.

7. Small, open lips

Small, open lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Tipe ini memiliki bibir luar yang rata serta menempel pada tulang kemaluan, namun sedikit terpisah, sehingga dapat memperlihatkan labia minora.

8. Small, closed lips

Small, closed lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Labia mayora pada tipe ini tidak terpisah atau dapat dikatakan tidak ada celah, sehingga menutupi labia minora sepenuhnya. Ini adalah bentuk vagina yang paling umum jika dibandingkan dengan tipe lainnya.

9. Visible inner lips

Visible inner lips. Sumber foto: https://www.healthline.com/

Bentuk vagina yang terakhir yang perlu diketahui wanita adalah ukuran labia minora dan mayora yang sama. Bibir bagian dalam tidak terlihat, karena bibir bagian luar menutupinya.  

Ukuran vagina

Melansir dari Medical News Today, sebuah laporan di BJOG: An International Journal of Obstetrics and Gynecology, menyebutkan bahwa kedalam rata-rata vagina yakni sekitar 3,77 inci (9,6 cm), tetapi kedalaman dan penampilan vagina dapat bervariasi.

Pada kenyataannya, kedalaman vagina, dari bukaan hingga ujung serviks dapat mencapai 17,7 cm. Untuk labia mayora panjangnya dapat bervariasi dari sekitar 7 hingga 12 cm.

Sementara itu, klitoris berukuran sekitar 0,1 hingga 1,3 inci, akan tetapi dapat membesar ketika seorang wanita terangsang.

Perlu kamu ketahui bahwa, ukuran vagina dapat berubah pada situasi tertentu. Hal ini karena vagina sangat elastis. Vagina sendiri dapat meregang misalnya saja untuk menampung tampon, penis, ataupun jari.

Baca juga: Ukuran Vagina Bisa Berubah-ubah pada Waktu Tertentu, Apa Sebabnya?

Nah, itulah beberapa informasi mengenai bentuk vagina yang perlu wanita ketahui. Sama halnya seperti bagian tubuh lainnya, bentuk atau ukuran vagina pun beragam, dan yang terpenting adalah jagalah selalu kesehatan vagina ya.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan wanita? Silakan chat dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 19 November 2020. Lopsided Vagina: Are My Labia Normal?

Medical News Today (2020). Diakses pada 19 November 2020. How deep is a vagina? What to know 

    Berita Terkait
    register-docotr