Kesehatan Seksual

Seks Terasa Membosankan? Kamu dan Pasangan Harus Coba Cara Ini untuk Mengatasinya!

September 1, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Saat menjalin hubungan, kamu atau pasangan bisa saja mengalami gairah seks yang menurun, salah satu penyebabnya adalah rasa bosan. Menurunnya gairah seks dapat berimbas pada hubungan yang dijalani. Oleh karena itu, gairah seks yang mulai menurun harus segera diatasi.

Seks bisa menjadi romantis, menyenangkan, atau bahkan menggairahkan, tetapi terkadang itu semua dapat hilang dan berganti menjadi membosankan. Agar hubunganmu dan pasangan tetap terjalin dengan baik, yuk simak cara mengatasi gairah seks yang mulai menurun.

Baca Juga: Fantasi Seksual Suami Istri, Bikin Hubungan Makin Romantis

Apa penyebab seks mulai membosankan?

Menurut data yang dihimpun dari The Journal of Sex Research, 27 persen wanita dan 41 persen pria tidak puas secara seksual dalam hubungan mereka saat ini.

Dilansir dari Healthline, ada beberapa masalah mendasar di balik seks yang membosankan. Kondisi medis yang umum dapat menjadi penyebab utama kehidupan seks yang kurang memuaskan.

Misalnya saja, rasa sakit saat berhubungan seks bisa saja terjadi. Bagi seorang wanita rasa sakit saat penetrasi vagina dapat menyebabkan wanita menghindari seks. Tak hanya dialami oleh wanita saja, pria juga dapat mengalami rasa sakit saat berhubungan seks.

Saat seseorang menghindari seks, pasangan mungkin akan merasakan ketidakpuasan atau bahkan merasa tidak diinginkan.

Beberapa kondisi mental seperti depresi dan kecemasan juga dapat terjadi ketika berhubungan seksual. Salah satu studi mengungkapkan bahwa gejala depresi yang parah dikaitkan dengan penurunan kepuasan seksual dalam hubungan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi gairah seks yang menurun?

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara mengatasi gairah seks yang menurun akibat rasa bosan yang bisa kamu dan pasangan lakukan. Berikut adalah cara tersebut.

1. Diskusikan dengan pasanganmu

Jika kamu merasa kehidupan seksualmu membosankan, cara pertama dan yang sangat penting harus kamu lakukan adalah terbuka dan jujur dengan pasanganmu. Komunikasi adalah bagian mendasar untuk memiliki hubungan seksual yang menyenangkan.

Saat berkomunikasi dengan pasangan, sangat penting untuk tidak menghakimi poin-poin yang diungkapkan oleh pasangan. Jika perubahan kehidupan seks yang kamu alami disebabkan oleh kondisi medis, sebaiknya berikanlah dukungan pada pasanganmu agar ia merasa lebih baik.

Jika kamu terluka karena perubahan dalam kehidupan seksmu, sangat penting untuk memberitahu pasanganmu. Mengekspresikan perasaan secara terbuka dapat memberikan kesempatan pada pasanganmu untuk membuat perubahan yang positif.

2. Lakukan komunikasi tentang seks

Sesuatu yang sederhana seperti kurangnya komunikasi ternyata dapat membuat perbedaan antara seks yang baik dan buruk. Banyak faktor yang berkontribusi dalam kepuasan seksual.

Mendiskusikan apa yang kamu atau pasanganmu sukai, tidak sukai, serta mendiskusikan minat dapat membantu pasanganmu untuk membuat kehidupan seksual yang lebih baik.

3. Luangkan waktu untuk berhubungan seks

Cara ketiga untuk mengatasi gairah seks yang mulai menurun akibat rasa bosan adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan seks yang penuh gairah.

Jika kamu dan pasanganmu memiliki masalah menemukan waktu untuk berhubungan seks, ini dapat membuat kamu merasa tidak puas. Tak hanya itu, ini juga dapat membuat seks terasa seperti tugas, yakni sesuatu yang harus dilakukan.

Menyisihkan waktu untuk menikmati seks dapat membantu untuk menjaga agar semuanya tetap menarik dan memuaskan.

4. Cobalah bermain peran saat berhubungan seks

Menurut sebuah studi pada 2017, sekitar 22 persen orang telah mencoba permainan peran saat berhubungan seks. Dengan bermain peran, kamu dan pasanganmu dapat membuat serta memerankan skenario seks yang dapat membuat hubungan seks lebih mengasyikan.

Jika kamu dan pasanganmu terbuka untuk mencoba melakukannya, permainan peran dapat membantu meningkatkan komunikasi seksual dan gairah yang sebelumnya menurun karena rasa bosan.

Baca juga: Amankah Melakukan Hubungan Seksual saat Pandemi?

5. Berbicara dengan ahli kesehatan mental

Jika hal yang sudah dijelaskan di atas masih tidak dapat mengatasi gairah seksmu yang menurun, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan berbicara pada terapis seks.

Terapis seks dapat membantumu dan pasanganmu untuk mengungkapkan dan menyelesaikan masalah serta mengembalikan gairah seks di dalam kehidupan. Meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional dapat membantu meningkatkan kepuasan seksual.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gairah seks yang mulai menurun.

Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam suatu hubungan. Oleh karenanya, selalu jalinlah komunikasi yang baik dengan pasanganmu agar hubunganmu menjadi lebih baik.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2019). Diakses pada 31 Agustus 2020. What You Can Do If You’re Not Sexually Satisfied in Your Realtionship

Psychology Today (2018).  Diakses pada 31 Agustus 2020. Sexual Boredom Is a Smokescreen 

Herbenick, Debby, Jessamyn Bowling (2017). Sexual Diversity in the United States: Results from a Nationally Representative Probability Sample of Adult Women and Men. Plos One (diakses pada 31 Agustus 2020)

A Frederick, David, Janet Lever (2016). What Keeps Passion Alive? Sexual Satisfaction Is Associated With Sexual Communication, Mood Setting, Sexual Variety, Oral Sex, Orgasm, and Sex Frequency in a National U.S. Study. The Journal of Sex Research (diakses pada 31 Agustus 2020)

Kalka, Dorota (2018). Depressive Symptoms, Sexual Satisfaction and Satisfaction with a Relationship in Individuals with Type 2 Diabetes and Sexual Dysfunctions. Psychiatria Polska(diakses pada 31 Agustus 2020)

    register-docotr