Kesehatan Seksual

6 Penyebab Selangkangan Gatal: Infeksi Jamur hingga Tanda Penyakit Serius

November 21, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Dari banyak bagian tubuh, selangkangan adalah area lipatan yang sering mengalami gatal. Kebersihan menjadi faktor paling umum dari kondisi tersebut, meski masih ada beberapa penyebab selangkangan gatal lainnya yang perlu kamu tahu.

Mengatasi rasa gatal pada pangkal paha tak bisa sembarangan, karena harus menyesuaikan dengan faktor pemicunya. Yuk, cari tahu apa saja penyebab selangkangan gatal melalui ulasan berikut ini!

Berbagai penyebab selangkangan gatal

Selangkangan gatal bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari faktor kebersihan yang dapat menyebabkan tumbuhnya jamur, hingga kondisi yang lebih serius seperti gejala penyakit atau infeksi menular seksual. Berikut enam penyebab selangkangan gatal yang perlu kamu tahu:

1. Infeksi jamur

Infeksi jamur adalah penyebab selangkangan gatal yang paling umum. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya ruam di lipatan kulit. Awalnya, jamur akan tumbuh dalam jumlah sedikit, tetapi bisa berkembang lebih cepat jika kebersihan tidak dijaga.

Menurut Jason Riechenberg, ahli dermatologi di University of Texas, Amerika Serikat, jamur sangat mudah tumbuh di tempat yang lembap, seperti area organ genital dan pangkal paha. Selain gatal, infeksi jamur biasanya juga membuat kulit tampak lebih kering dan bersisik.

American Academy of Dermatology Association menyatakan, diperkirakan sekitar 75 persen wanita pernah mengalami kondisi ini. Pakaian berbahan sintetis yang ketat adalah pemicu paling umum, karena dapat memengaruhi tingkat kelembapan di area organ genital.

2. Kulit lecet

Penyebab selangkangan gatal berikutnya adalah kulit lecet. Kondisi ini seringnya dipicu oleh gesekan paha ketika sedang melakukan gerakan konstan, misalnya berlari atau berjalan.

Hal tersebut bisa diperparah jika celana yang kamu gunakan bertekstur kasar alias tidak lembut. Sehingga, kulit menjadi lebih mudah iritasi. Tak hanya gatal, kamu mungkin juga merasakan perih pada kulit selangkangan yang perlahan berubah menjadi kemerahan dan bersisik.

3. Dermatitis kontak

Dermatitis kontak adalah salah satu penyebab selangkangan gatal yang jarang diketahui. Kondisi ini terjadi ketika ada zat alergen yang masuk ke dalam tubuh atau bersentuhan langsung dengan kulit. Misalnya, makanan, kain, logam, parfum, dan lainnya.

Dilansir dari Men’s Health, jika kamu mengalami kondisi ini, kulit mungkin akan berubah kemerahan, bergelombang pada lipatannya, disertai dengan rasa gatal atau perih. Bahkan, pada beberapa kasus, kulit bisa mengeluarkan cairan bening atau kekuningan.

Dermatitis kontak dapat terjadi karena banyak hal, seperti tidak cocok dengan deterjen tertentu, membeli sofa baru, atau pelembut pakaian yang berbeda. Kamu biasanya tidak akan menyadarinya secara langsung.

Sebab, reaksi dermatitis kontak pada umumnya mulai terlihat berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelah paparan alergen.

4. Kutu kemaluan

Salah satu penyebab selangkangan gatal yang jarang disadari oleh banyak orang adalah adanya kutu kemaluan atau pubic lice. Parasit tersebut bisa berkembang di rambut alat kelamin, biasanya berpindah dari satu orang ke orang lain.

Ciri-ciri yang dapat diamati adalah adanya bintik putih di dekat pangkal rambut kemaluan, yang merupakan telur dari kutu. Sedangkan untuk kutu kemaluan sendiri berwarna cokelat atau putih keabu-abuan, berbentuk seperti kepiting yang sangat kecil.

5. Penyakit herpes

Jika selangkangan gatal selama berbulan-bulan dan sulit disembuhkan dengan cara biasa, bisa jadi itu adalah herpes. Berbeda dengan iritasi biasa, herpes ditandai dengan munculnya lesi atau lepuhan di permukaan kulit.

Rasa gatal dapat berubah menjadi sensasi terbakar, lalu lesi berisi cairan nanah perlahan akan pecah. Kondisi tersebut akan lebih menyakitkan dari beberapa penyebab selangkangan gatal lain yang telah dijelaskan.

Herpes adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh virus. Sebagian besar kasus penularan herpes terjadi dari aktivitas seks. Jika sudah mengalami kondisi ini, kamu tak bisa membiarkannya begitu saja. Datanglah ke dokter untuk mendapat resep obat antivirus.

6. Kutil kelamin

Sama seperti herpes, kutil kelamin adalah kondisi yang umumnya disebabkan oleh aktivitas seks. Semua jenis kutil dipicu oleh Human papillomavirus (HPV). HPV merupakan salah satu infeksi menular seksual yang gejalanya dapat berkembang selama bertahun-tahun.

Pada awalnya, kutil mungkin hanya muncul satu dan sangat kecil. Namun, jika tak segera diobati, akan lebih banyak bintik kecil yang bermunculan setelahnya. Jika kamu mengalami kondisi ini, tak perlu pikir panjang untuk segera datang ke dokter untuk mendapatkan antivirus yang tepat.

Bagaimana cara mengatasinya?

Selangkangan gatal adalah kondisi yang tak boleh dibiarkan, karena bisa mengganggu rutinitas harianmu. Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

Nah, itulah berbagai penyebab selangkangan gatal dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Jika penyebabnya adalah virus atau penyakit, segera periksakan diri ke dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. American Academy of Dermatology Association, diakses 9 November 2020, 8 Reasons Your Groin Itches And How To Get Relief .
  2. Men’s Health, diakses 9 November 2020, 8 Reasons Your Crotch Is Itchy.
  3. Healthline, diakses 9 November 2020, Jock Itch: Causes, Symptoms, and Treatments.

    Berita Terkait
    register-docotr