Kesehatan Seksual

Manfaat Sex Pillow dan Tips Aman dalam Penggunaannya

May 21, 2021 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Seks yang luar biasa adalah tentang kenyamanan sehingga sebagian besar pasangan mencoba sentuhan atau gerakan baru. Salah satu kenyamanan seks yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan bantal bercinta atau sex pillow.

Sex pillow ini sendiri berguna untuk menambah pengalaman seksual dengan berbagai manfaat yang bisa didapatkan. Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai manfaat sex pillow yuk simak penjelasannya berikut.

Baca juga: Flek Setelah Berhubungan Seks: Faktor Penyebab dan Penanganannya

Apa saja manfaat sex pillow?

Dilansir dari Webmd, bantal bercinta atau sex pillow adalah bantal bersudut tegas yang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Bantal seks ini dapat membantu kamu mencoba posisi seks baru dengan lebih nyaman.

Sex pillow ini bisa berbentuk tegak, miring, dan tersedia dalam berbagai ukuran. Karena itu, bantal seks dapat membantu penetrasi lebih dalam dan memungkinkan kamu merasakan pengalaman seks yang lebih nyaman serta memuaskan. 

Perlu diketahui bahwa manfaat sex pillow bisa berbeda-beda sesuai dengan bentuknya. Beberapa manfaat sex pillow berdasarkan bentuk bantal yang perlu kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

Wedge pillow

Wedge pillow merupakan salah satu jenis bantal seks kecil berbentuk segitiga. Bentuk bantal ini diketahui dapat membantu posisi seksual yang membebani tangan dan lutut. Karena itu, kamu bisa melakukan beberapa hal saat seks, seperti mengangkat pinggul atau mengangkat lutut dan paha. 

Bantal ini terdiri dari busa dengan kepadatan tinggi dan tepi yang tebal sempurna di bawah pantat. Selain itu, dengan bantal ini kamu juga bisa melepaskan tekanan dari tangan dan memberi pasangan lebih banyak akses ke tubuh.

Sex ramp

Sex ramp adalah jenis bantal seks dengan permukaan miring yang memberikan dukungan luas untuk punggung. Bentuk bantal yang landai dapat membantu menopang tubuh bagian atas dan punggung dan dimaksudkan untuk meningkatkan posisi seks tertentu. 

Bentuk bantal ini dapat dipasangkan dengan bantal wedge untuk membuat beberapa posisi seks lebih mudah diakses. Penggabungan keduanya akan menghasilkan posisi seks yang nyaman karena tidak akan membuat kamu tergelincir.

Half moon pillow

Jika kamu menyukai seks dari belakang, maka half moon pillow merupakan jenis bantal seks yang cocok. Seperti namanya, bantal ini berbentuk setengah lingkaran dengan desain yang tidak akan membuat kamu tergelincir selama dorongan masuk dan keluar secara cepat. 

Selain itu, sudut ke bawah dari bantal ini akan menopang pinggul dan pantat sehingga pasangan lebih nyaman selama kegiatan seks. Bantal ini juga dapat dicuci dengan mesin dan tahan air sehingga kamu dapat menggunakan pelumas berbahan dasar air saat seks tanpa takut kotor.

Beberapa tips aman dalam menggunakan sex pillow

Ketika bereksperimen dalam kegiatan seks, terutama menggunakan sex pillow maka kamu perlu mengetahui tips aman selama menggunakannya. Beberapa cara agar aman dalam menggunakan sex pillow, antara lain:

Bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan

Membicarakan dengan pasangan secara terbuka mengenai kegiatan seksual merupakan salah satu tips tepat yang bisa dilakukan. Jika ingin memperkenalkan mainan seks kepada pasangan, maka sex pillow merupakan pilihan tepat untuk memulainya

Beri tahu pasangan mengenai berbagai bentuk bantal seks yang bisa dieksplor bersama. Jelaskan juga berbagai manfaat penggunaan bantal seks seperti mempermudah penetrasi dan mendapatkan posisi seks yang lebih nyaman.

Jaga kebersihan bantal seks

Menjaga kebersihan bantal seks sangat penting dilakukan, terutama jika kamu memiliki lebih dari satu pasangan seksual. Kebanyakan bantal seks memiliki penutup yang bisa dilepas sehingga memudahkan kamu untuk mencucinya. 

Mencuci bantal seks secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyebaran infeksi menular seksual atau IMS. Karena itu, pastikan untuk memilih bantal seks yang tepat dan mudah untuk dicuci.

Baca juga: Bisakah Perempuan Mencapai Orgasme setelah Menopause?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. Woman’s World (2020), diakses 20 Mei 2021. 5 Sex Pillows for Relieving Discomfort During Intimacy
  2. Health.com (2019), diakses 20 Mei 2021. 5 Sex Pillows That Will Spice Up Your Favorite Positions
  3. Webmd (2020), diakses 20 Mei 2021. What is a Sex Pillow?
    register-docotr