Kesehatan Seksual

Hubungan Seksual di Pagi Hari Sama dengan Olahraga? Ini Penjelasannya

February 18, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selama ini kamu mungkin pernah mendengar, kalau hubungan seksual juga bisa menjadi salah satu aktivitas fisik yang bermanfaat.

Tak hanya untuk kelanggengan hubungan, namun juga pada kesehatan karena dinilai bisa setara dengan aktivitas fisik berupa olahraga.

Tapi apa benar hubungan seksual terutama morning sex bisa membakar kalori dan disetarakan dengan olahraga? Berikut ulasannya!

Benarkah morning sex setara dengan olahraga?

Seks pagi hari setara dengan olahraga ringan. Melansir Mindbody Green, Alexandra Fine salah satu pendiri Dame Products dan seksolog berlisensi menjelaskan seks pagi hari membawa manfaat yang sama seperti olahraga ringan.

Olahraga ringan di pagi hari dapat meningkatkan metabolisme, menghilangkan stres, dll. Dan efek ini ternyata juga berlaku pada morning sex.

Bahkan penelitian dari Harvard Medical School telah menunjukkan bahwa seks membakar sekitar 5 kalori per menit .

Berapa kalori yang terbakar saat hubungan seksual?

Penelitian dari  University of Quebec at Montreal yang melibatkan 21 pasangan heteroseksual mencoba melacak pengeluaran energi selama olahraga dan aktivitas seksual mereka.

Hasil penelitian ini menyebut meski angkanya tidak besar atau signifikan, namun aktivitas seksual memang dapat membakar kalori yang setara dengan olahraga ringan.

Pada peserta pria, mereka membakar kalori sekitar 120 selama sesi setengah jam, sementaar wanita hanya membakar sekitar 90 kalori. 

Peneliti dalam studi ini menyebut “Pengeluaran energi pada pria dan wanita muda yang sehat selama aktivitas seksual intensitas sedang setidaknya membakar sekitar 85 kalori atau 3,6 kalori per menit. Hasil ini menunjukkan bahwa aktivitas seksual berpotensi dianggap sebagai olahraga yang signifikan.

Baca Juga : 7 Posisi Hubungan Seks Ini Bisa Memperbesar Peluang Kehamilan Lho!

Menjadikan seks sebagai olahraga

Berdasarkan penelitian, aktivitas seksual “rata-rata” tidak akan banyak memengaruhi pengeluaran kalori .

Jika kamu ingin melakukan hubungan seksual sekaligus membakar kalori lebih banyak, kamu bisa melakukan beberapa tips.

Berikut beberapa tips sexcercise atau tips menjadikan seks sebagai olahraga yang bisa kamu coba!

1. Perlama durasi

Jika dalam sesi 30 menit saja bisa membakar hampir 100 kalori, kenapa tidak coba untuk menambah durasinya? Semakin lama, maka semakin banyak kalori yang terbakar. Tapi, pastikan stamina kamu fit ya!

2. Buat suhu naik

Semakin hangat suhunya, semakin banyak kamu akan berkeringat, dan semakin banyak kalori yang akan kamu bakar. Jadi, make it steamy!

3. Coba posisi berbeda

Ada yang namanya kalkulator seks. Kamu bisa memasukkan jenis kelamin dan berat kamu dan pasangan, bersama dengan posisi apa yang kamu lakukan, dan akan muncul hasil berapa kalori yang terbakar.

Bagi seorang wanita dengan berat 140 pound dan pasangan prianya yang memiliki berat 190 pound, posisi misionaris dengan posisi wanita di bawah selama 10 menit, akan membakar 14 kalori pada wanita dan akan membakar 47 kalori pada si pria.

Baca Juga : 7 Tips Agar Morning Sex Terasa Semakin Menyenangkan, Yuk Dicoba!

Manfaat morning sex lainnya

Ada beberapa manfaat kesehatan yang nyata untuk menjadikan seks sebagai bagian dari rutinitas pagi kamu dan pasangan.

Selain membakar kalori yang setara dengan olahraga ringan, berikut beberapa manfaat morning sex yang harus kamu tahu:

1. Ledakan hormon kebahagiaan

Oksitosin, sering disebut sebagai “hormon cinta”, adalah neurotransmitter yang dilepaskan oleh kelenjar pituitari otak.

Penelitian telah menunjukkan bahwa peningkatan kadar oksitosin berkorelasi dengan tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dan tingkat depresi yang lebih rendah.

2. Merasa lebih terhubung dengan pasangan

Salah satu manfaat utama (dan paling jelas) dari seks pagi hari adalah dampak positifnya pada hubungan kamu dan pasangan. Morning sex bisa meningkatkan keterikatan kamu dan dia, ini masih ada kaitannya dengan hormon oksitosin.

Hormon ini memuncak pada kedua pasangan selama orgasme dan sangat kuat sehingga penelitian benar-benar menunjukkan bahwa hormon ini meningkatkan ikatan pada pasangan.

3. Tubuh dalam kondisi prima

Banyak faktor yang berkontribusi pada seks yang baik, dan kadar hormon adalah salah satunya. 

Karena kadar estrogen dan testosteron paling tinggi di pagi hari, hal ini meningkatkan tingkat hasrat seksual dan membuat seks sangat baik dilakukan pada pagi hari.

Menurut sebuah studi tahun 2013, libido benar-benar dipengaruhi oleh kadar hormon seks. Semakin tinggi levelnya maka mood kamu untuk berhubungan seks akan naik.

4. Mengurangi tingkat stres

Menurut sebuah studi tahun 2010, kesenangan (termasuk variasi seksual) dapat mengurangi kadar hormon stres  dengan cara yang mirip dengan makan makanan yang menenangkan. 

5. Penampilan yang lebih baik

Para ahli lain menyebut seks secara umum (tidak hanya di pagi hari) sebagai kunci untuk terlihat lebih muda, berkat perannya dalam melepaskan oksitosin, beta-endorfin, dan anti- molekul inflamasi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mindbody Green. Diakses pada 11 November 2020. Why Morning Sex Is So Good For You & How To Do It More Often

NHS. Diakses pada 11 November 2020. Is sex better exercise than walking?

Healthline. Diakses pada 11 November 2020. How Many Calories Does Sex Burn?

    register-docotr