Kesehatan Seksual

Ladies, Ini 7 Cara Alami Merapatkan Vagina agar Hubungan Seksual Memuaskan

December 5, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Selain sebagai alat reproduksi, vagina juga menjadi organ intim yang berperan penting dalam mencapai kepuasan seksual wanita.

Sifatnya yang elastis, membuat vagina dapat meregang dan kembali seperti semula dengan baik.

Banyak hal yang dapat membuat kondisi vagina menjadi sedikit longgar dan berisiko menurunkan kepuasan seksual. Namun, jangan khawatir, beberapa cara alami di bawah ini bisa membuat vagina kembali rapat.

Baca juga: 4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Anak Memergoki Orangtua Berhubungan Seksual

Senam kegel

Gerakan kegel. Sumber: Shutterstock

Senam kegel atau panggul adalah cara efektif untuk merapatkan otot-otot vagina.

Dilansir dari Healthline, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Posisikan badan terlentang
  2. Kencangkan otot dasar panggul dengan menahan kontraksi selama 5 detik, dan rileks selama 5 detik lagi
  3. Ulangi langkah ini setidaknya 5 kali berturut-turut
  4. Saat kamu sudah menguasai fase ini, tingkatkan intensitas latihan menjadi 10 detik
  5. Cobalah untuk tidak mengencangkan paha, perut, atau bokong selama melakukan senam, namun fokus saja pada dasar panggul
  6. Untuk hasil terbaik, berlatihlah sekitar 3 sampai 5 set senam kegel dalam sehari

Berhubungan seks

Dinding vagina berkontraksi sekitar setiap 0,8 detik dan kemudian mengendur saat klimaks usai.

Inilah mengapa rutin melakukan hubungan intim menjadi salah satu cara ampuh untuk memperkuat otot dasar panggul.

Jadi tidak ada salahnya menikmati setiap kontraksi yang terjadi saat kamu hendak mencapai orgasme. Sebab itu adalah penguatan ideal untuk otot vagina.

Kerucut vagina

Kerucut vagina. Sumber foto: www.chennaigynecologist.com

Kamu juga dapat memperkuat otot dasar panggul dengan menggunakan alat kerucut vagina. Ini adalah benda seukuran tampon dengan bobot tertentu yang bisa kamu beli di pasaran.

Cara pakainya adalah dengan memasukkan benda ini ke dalam vagina, lalu kencangkan otot vagina agar alat tersebut tetap tertahan di tempatnya selama sekitar 15 menit.

Squat

Gerakan squat. Sumber: Shutterstock

Gerakan yang berfokus pada pembentukan bokong ini ternyata juga bagus untuk mengencangkan dasar panggul dan vagina.

Kamu hanya perlu berdiri dengan kaki dibuka selebar bahu dan pinggul menghadap ke bawah. Lalu ambil posisi turun seperti duduk di bangku.

Selanjutnya, ambil posisi naik, dan berdiri selama beberapa detik. Selanjutnya turun dan duduk lagi. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

Baca juga: Benarkah PCOS Bisa Bikin Telat Haid Berbulan-bulan? Ini Penjelasannya!

Latihan pelvic tilt

Pelvic tilt. Sumber foto: Shutterstock

Memperkuat otot-otot vagina juga bisa dilakukan dengan latihan yang bernama pelvic tilt.

Caranya mudah, pertama kamu harus berdiri dengan bahu dan pantat menempel di dinding, dan di saat yang sama jaga agar kedua lutut tidak terlalu kaku.

Selanjutnya tarik pusar ke arah tulang belakang. Ingat, saat kamu melakukan ini, punggung harus tetap menempel ke dinding.

Langkah berikutnya adalah kencangkan pusar selama 4 detik, lalu lepaskan. Lakukan latihan ini sebanyak 10 kali, hingga 5 kali sehari.

Stimulasi listrik neuromuskuler (NMES)

NMES dapat membantu memperkuat otot-otot vagina dengan mengirimkan arus listrik melalui dasar panggul menggunakan probe. Stimulasi listrik ini akan membuat otot dasar panggul berkontraksi dan menjadi rileks.

Kamu dapat menggunakan unit NMES di rumah atau meminta dokter untuk melakukan metode perawatan ini.

Sesi ini biasanya berlangsung selama 20 menit, dan kamu harus melakukannya setiap empat hari sekali, selama beberapa minggu.

Pengobatan Herbal

Berendam dalam bak mandi cuka yang dilarutkan dalam air adalah pengobatan rumahan yang populer dan mudah untuk membuat vagina kembali kencang.

Selain itu, gel lidah buaya yang diencerkan dalam semangkuk air juga dapat digunakan sebagai pencuci untuk area vagina. Kandungan astringen dalam lidah buaya dikenal ampuh membantu mengencangkan jaringan di dalam tubuh.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Is It Possible to Have a Loose Vagina?, https://www.healthline.com/health/womens-health/loose-vagina#pelvic-floor-exercises diakses pada 4 Desember 2020
Kegel Exercises (Pelvic Floor Exercises), https://my.clevelandclinic.org/health/articles/14611-kegel-exercises diakses pada 4 Desember 2020
How to tighten your Vagina naturally, https://www.chennaigynecologist.com/how-to-tighten-your-vagina-naturally/ diakses pada 4 Desember 2020

    register-docotr