Kesehatan Seksual

Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

October 13, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Tak bisa dipungkiri, sebagian pria mengalami masalah seksual yang mengganggu. Terutama masalah disfungsi ereksi. Meski sering terjadi pada pria lanjut usia, masalah ini juga bisa menyerang pria muda. Untuk mengatasinya, ginseng Korea telah lama dikenal sebagai obat para pria. 

Namun apakah benar ginseng korea ampuh mengatasi masalah seksual pada pria? Sebelum mencobanya, simak ulasan di bawah terlebih dahulu yuk. 

Manfaat ginseng Korea untuk masalah seksual pria

Ginseng merah atau Panax ginseng adalah obat herbal Korea yang banyak dan telah lama digunakan untuk pengobatan sejumlah kondisi kesehatan, terutama untuk memperbaiki stamina serta gangguan disfungsi ereksi atau impotensi. 

Ginseng segar berasal dari tumbuhan yang berumur kurang dari 4 tahun sedangkan ginseng merah perlu ditunggu hingga berusia enam tahun hingga bisa dipanen. Ginseng Korea umumnya dijual dalam bentuk teh, pil, bubuk hingga cairan.  

Berdasarkan penelitian berikut adalah manfaat ginseng Korea bagi pria:

Meningkatkan performa seks dan ereksi

Dalam pengobatan tradisional, penggunaan ginseng Korea populer sebagai obat dari gangguan disfungsi ereksi pada pria. Faktanya, berdasarkan penelitian pun hal ini dibenarkan. 

Melalui penelitian, ditemukan bahwa ginseng Korea secara efektif dapat meningkatkan fungsi ereksi. Konsumsi ginseng membuat kekakuan, penetrasi, sensitivitas sel otot polos pembuluh darah menjadi lebih baik.

Ginseng juga memungkinkan lebih banyak darah untuk memasuki tubuh dan menyebabkan ereksi.

Di samping itu, ginseng juga membantu penurunan ejakulasi dini serta peningkatan kondisi fisik dan stamina pria selama melakukan aktivitas seksual. 

Meningkatkan libido

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ginseng rutin dapat meningkatkan libido atau gairah seks. Ekstrak ginseng telah terbukti secara signifikan meningkatkan kadar hormon tubuh yang dapat memengaruhi aktivitas seksual seperti testosteron, LH, dan hormon perangsang folikel. 

Meningkatkan produksi dan kualitas sperma

Sejak tahun 70-an, bukti awal mengenai manfaat ginseng dalam meningkatkan jumlah sperma sudah muncul. Setelah melalui beberapa penelitian lain, ginseng juga ditemukan mampu meningkatkan motilitas sperma, yakni kemampuan sperma untuk bergerak dan berenang.

Dengan meningkatnya motilitas sperma, kemungkinan terjadinya pembuahan pun akan lebih tinggi. Di samping itu, ginseng juga ditemukan mampu membantu mengawetkan sperma yang mengalami ejakulasi.

Temuan ini menunjukkan bahwa ekstrak ginseng dapat membantu proses pengawetan sperma yang disimpan. 

Memperbaiki suasana hati

Masalah seksual secara umum dapat memberi dampak buruk bagi kondisi psikologis pria. Suasana hati yang buruk hingga rasa kecemasan sulit dihindari.

Namun ternyata konsumsi ginseng dapat memperbaiki konsentrasi, suasana hati, hingga fungsi otak. Kondisi ini tentunya dapat membuat seks menjadi lebih berkualitas. 

Baca juga:  5 Tips Menggunakan Alat Bantu Seks Agar Tetap Aman dan Nyaman

Efek samping konsumsi ginseng Korea berlebihan

Ketika digunakan dalam jangka waktu yang pendek, ginseng Korea memang aman. Namun seiring waktu ginseng dapat memberi pengaruh pada tubuh. 

Efek samping tidak terjadi pada semua orang yang mengonsumsi ginseng. Efek samping yang paling umum adalah sulit tidur, tetapi beberapa efek samping yang lebih serius mungkin dapat terjadi, seperti:

  • Peningkatan detak jantung
  • Peningkatan tekanan darah
  • Sakit kepala
  • Diare
  • Pusing
  • Ruam kulit

Di samping itu ginseng Korea dapat berinteraksi dengan beberapa obat seperti:

  • Obat tekanan darah
  • Pengencer darah
  • Inhibitor monoamine oksidase (MAOI)
  • Stimulan
  • Penekan sistem kekebalan
  • Insulin untuk diabetes

Hindari juga mengonsumisnya bersamaan dengan kafein karena ginseng dapat meningkatkan efek kafein.

Cara lain untuk memperbaiki kualitas kehidupan seksual

Meski para ahli sudah menemukan manfaat ginseng dalam mengatasi masalah seksual pria, tetapi kamu tidak bisa mengandalkan ginseng saja. Ini karena faktor penyebab gangguan seksual pada setiap orang dapat berbeda-beda.

Secara umum, untuk mengatasi masalah seksual dokter juga mungkin akan menyarankan hal berikut:

  1. Perubahan gaya hidup
  2. Dukungan mental dari pasangan
  3. Konsumsi obat-obatan tertentu
  4. Obat suntik 

Baca juga: Ejakulasi Dini Ganggu Kualitas Hubungan Intim? Ini Posisi Seks yang Bisa Dicoba!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr