Puasa

Jangan Takut Lesu, Ini Tips Diet yang Aman saat Puasa

April 30, 2020 | Arianti Khairina
no-image

Menjalankan puasa di bulan Ramadan seringkali dimanfaatkan oleh sebagian orang untuk menurunkan berat badan. Jika kamu termasuk salah satunya, pastikan kamu memperhatikan sejumlah tips diet saat puasa agar dietmu bisa berhasil.

Lalu apa saja sih tips diet saat puasa agar tetap sehat?

Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi impian para wanita. Demi mencapai impian tersebut, banyak para wanita melakukannya dengan berbagai cara.

Namun, apakah seorang tetap bisa melakukan diet sekaligus menjalankan ibadah puasa?

Pola makan yang berubah tentu membuat seseorang perlu mengetahui beberapa tips diet saat puasa. Tak hanya sekedar menurunkan berat badan, kamu juga perlu menjaga kesehatan tubuh lho.

Berikut 6 tips diet saat puasa yang perlu dilakukan

1. Konsumsi air putih

tips diet saat puasa

Saat puasa, tentu tubuh kehilangan banyak cairan. Menahan lapar dan haus selama belasan jam bisa membuat kita mengalami dehidrasi. Namun jika kamu mengonsumi cukup air saat berbuka dan sahur, hal tersebut tak akan terjadi.

Minum air putih sebanyak 8 gelas sehari sangat baik untuk menghindari dehidrasi dan melancarkan metabolisme. Konsumsi banyak air putih juga membuat otak bisa merespon segalanya dengan baik.

Penelitian Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism mengungkapkan bahwa minum air putih bisa meningkatkan metabolisme tubuh sampai 30 persen. Tentu, ini sangat membantu upaya dietmu lho.

2. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

Banyak sebagian orang mengincar makanan dan minuman manis sebagai menu untuk buka puasa dan sahur seperti es teh manis. Memang benar itu baik untuk mengembalikan energi selama berpuasa seharian penuh.

Tetapi perlu kamu ingat loh, banyak mengonsumsi minuman manis bisa berbahaya bagi tubuh. Dan bisa berdampak buruk bagi upaya diet yang dilakukan.

Produksi insulin tubuh akan menurun ketika kamu menjalankan ibadah puasa, sementara insulin ini berfungsi untuk mengubah gula jadi sumber energi. 

Bayangkan jika makanan dan minuman manis tadi tidak dapat diproses? Hasilnya pasti akan menimbun lemak saja di dalam tubuhmu. Jika kamu ingin sekali makanan dan minuman manis boleh saja, namun tetap harus dibatasi ya.

3. Perbanyak serat dan protein

tips diet saat puasa

Perlu kamu ketahui bahwa melakukan diet saat puasa lebih baik didukung dengan memilih makanan yang kaya akan kandungan serat dan protein. Serat akan diserap tubuh dalam waktu yang lebih lama.

Dengan cara mengonsumsi makanan yang kaya serta kamu bisa kenyang lebih lama dan juga bisa menjaga nafsu makan hingga menjelang waktu berbuka puasa.

Cara lainnya kamu juga bisa makan nasi merah serta sayuran hijau loh. Jika tak ingin menguras kantong demi menjaga menu makan sehat, kamu cukup pilih tempe dan sayur kacang-kacangan untuk mendapatkan serat dan protein.

4. Hindari makanan berminyak

Tips diet saat puasa yang selanjutnya adalah kamu sangat perlu untuk menghindari makanan yang berminyak atau digoreng. Jika kamu mengonsumsi makanan digoreng bisa merusak program dietmu karena mengandung lemak jenuh yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Sebagai gantinya kamu lebih baik memilih makanan yang direbus, kukus, atau yang dipanggang agar lebih aman untuk kamu yang sedang menjalani diet.

5. Berolahraga secara rutin

Tak hanya pola dan menu makan yang perlu kamu perhatikan agar program dietmu lancar selama puasa. Olahraga ringan juga sangat penting untuk kamu terapkan. Selain sehat kamu juga bisa memiliki tubuh yang kencang, sehat dan ideal.

Lakukanlah olahraga ringan sebanyak 2 sampai 3 kali kali dalam seminggu. Kamu bisa melakukan olahraga sesaat sebelum buka puasa atau malah di pagi hari.

6. Tidur yang cukup

tidur

Setelah seharian beraktivitas, saat malam hari biarkan tubuh kamu merasa relaks dengan tidur tepat waktu.  Tanpa kamu sadari tidur bisa jadi tips diet saat puasa paling mudah loh.

Ketika kamu kurang tidur saat puasa, hal tersebut malah akan mengacaukan sistem metabolisme. Akibatnya, tubuh tidak membakar cadangan lemak secara efektif.

Untuk itu, tak perlu lagi takut lemas ketika diet saat puasa ya. Kamu bisa terapkan beberapa tips di atas agar sukses turunkan berat badan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. international.davita.com (2020) diakses 21 April 2020. Ramadan Diet Tips
  2. muslimaid.org (2017) diakses 21 April 2020. Great Tips for Healthy Eating in Ramadan
  3. WHO (2019) diakses 21 April 2020. 5 tips for a healthy diet this New Year
  4. Healthline.com (2018) diakses 21 April 2020. The 25 Best Diet Tips to Lose Weight and Improve Health
  5. English.alarabiya.net (2018) diakses 21 April 2020. 8 Ramadan healthy eating iftar tips for those who fast, then feast
    Berita Terkait
    register-docotr