Puasa

Puasa Bikin Bibir Jadi Kering dan Pecah-pecah? Ini 5 Tips untuk Mengatasinya!

April 21, 2021 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Selain bau mulut dan napas tak segar, orang yang sedang berpuasa juga rentan mengalami bibir kering hingga pecah-pecah. Meski umumnya tak berbahaya, kondisi itu sebaiknya tidak dibiarkan begitu saja.

Lantas, mengapa bibir menjadi rentan kering dan pecah-pecah saat berpuasa? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Baca juga: 5 Tips agar Tubuh Tetap Bertenaga meski Sedang Berpuasa Ramadan

Bibir pecah-pecah dan penyebabnya

Bibir pecah-pecah, atau yang disebut dengan cheilitis, adalah salah satu masalah paling umum pada mulut. Kondisi itu terjadi ketika bibir mengalami kekeringan. Kulit di bibir jauh lebih tipis dan halus ketimbang area tubuh lain, sehingga mudah kering, pecah, dan mengelupas.

Tak seperti kulit di bagian tubuh lain, bibir tidak punya kelenjar minyak. Hal tersebut yang membuat bibir tidak bisa mempertahankan kelembapannya sendiri. Saat sudah sangat mengering, kulit di bibir akan mengeras lalu mulai pecah.

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering, salah satunya adalah dehidrasi. Menurut sebuah publikasi, dehidrasi adalah kondisi paling umum yang dirasakan oleh orang yang berpuasa. Sebab, selama berjam-jam, tubuh tidak mendapatkan asupan cairan.

Bukan hanya dehidrasi, bibir pecah-pecah juga bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti:

  • Kurangnya gizi tertentu
  • Paparan sinar matahari saat beraktivitas di luar ruangan
  • Bernapas melalui mulut
  • Punya kebiasaan menggigit bibir
  • Efek samping obat-obatan

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Bibir pecah-pecah yang dibiarkan begitu saja dapat menyebabkan luka yang perih. Tentu saja, ini bisa mengganggu aktivitasmu saat berpuasa. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah, yaitu :

1. Minum cukup air saat sahur dan berbuka

Dehidrasi adalah penyebab utama dari bibir kering. Sehingga, penting untuk memenuhi kebutuhan cairan saat sahur dan berbuka. Sesuai dengan anjuran dari Kementerian Kesehatan, agar tidak dehidrasi, orang dewasa membutuhkan asupan cairan hingga 2 liter per hari.

2. Manfaatkan minyak kelapa

Kamu bisa memanfaatkan minyak kelapa untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Kandungan emolien pada minyak kelapa dapat membantu melembapkan kulit dan melindunginya dari kerusakan. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung zat antibakteri dan antiinflamasi.

Cara pakainya, cukup oleskan minyak kelapa ke bibir yang pecah secara rutin. Kamu bisa menggunakan kapas atau jari yang telah dibersihkan. Agar efeknya bekerja maksimal, pilih minyak kelapa yang organik atau murni.

Baca juga: 8 Manfaat Minyak Kelapa untuk Rambut: Cegah Kerontokan hingga Basmi Kutu

3. Gunakan lidah buaya

Jika kamu adalah orang yang masih harus menjalankan rutinitas di luar ruangan saat berpuasa, lidah buaya dapat membantu melindungi bibir dari sengatan matahari. Seperti yang telah disebutkan, paparan sinar matahari dapat membuat bibir kering lalu pecah-pecah.

Sifat antiinflamasi pada lidah buaya bisa memberi efek menenangkan, pilihan yang tepat untuk merawat dan mengatasi bibir pecah-pecah. Enzim pada lidah buaya juga dapat membantu proses pengelupasan ringan.

Cukup potong daun lidah buaya dan ambil bagian gelnya, lalu oleskan ke bibir secara rutin. Jika ingin lebih praktis, kamu bisa membeli gel lidah buaya yang sudah marak dijual secara online. Usahakan untuk memilih produk gel lidah buaya yang organik, ya.

4. Pakai madu

Menurut sebuah penelitian, madu mempunyai zat antimikroba dan antiinflamasi yang dapat mendukung proses penyembuhan luka. Madu bisa berperan sebagai exfoliator atau pengelupas ringan, dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang kering pada bibir.

Pilih madu organik dan oleskan langsung ke bibir setiap hari. Meski relatif aman, beberapa orang memiliki alergi terhadap serbuk sari dan zat yang berasal dari lebah.

5. Gunakan alpukat

Alpukat bisa membantumu dalam mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Ini tak lepas dari antioksidan serta asam lemak seperti asam oleat dan linoleat yang terkandung di dalamnya. Menurut studi, alpukat bisa bekerja dengan baik untuk melembapkan kulit, termasuk bibir.

Cara menggunakannya, cukup lumatkan alpukat hingga bertekstur seperti mentega. Kemudian, oleskan sesuai kebutuhan pada bibir yang pecah-pecah.

Nah, itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah akibat berpuasa seharian. Jika kamu khawatir penggunaan beberapa bahan alami di atas bisa membatalkan puasa, lakukan setelah waktu berbuka atau sebelum tidur, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

  1. Healthline, diakses 19 April 2021, 5 Easy DIY Treatments for Chapped Lips.
  2. Healthline, diakses 19 April 2021, What Causes Chapped Lips and How to Treat Them.
  3. Medical News Today, diakses 19 April 2021, Best 6 ways to relieve chapped lips.
  4. Research Gate, diakses 19 April 2021, Review on Natural Lip Balm.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 19 April 2021, Honey: A Therapeutic Agent for Disorders of the Skin.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 19 April 2021, Effects on health of fluid restriction during fasting in Ramadan.
  7. Kementerian Kesehatan, diakses 19 April 2021,  Berapa takaran normal air agar tidak kekurangan cairan dalam tubuh?
  8. UPMC, diakses 19 April 2021, Essential Ways to Prevent and Treat Chapped Lips.

    register-docotr