Puasa

Perhatikan Kebiasaan Minum Saat Sahur Demi Kelancaran Puasa

May 6, 2020 | Felicia Elfriestha
no-image

Banyak menu dan minuman menarik yang pastinya menggugah selera kita saat berbuka. Tetapi kamu harus waspada dan hati-hati, ternyata beberapa minuman ini tidak baik untuk kamu minum saat sahur, kira-kira apa saja?

Minuman yang kurang baik diminium saat sahur?

Berbagai minuman segar pastinya sangat menggugah selera bagi kamu saat berbuka puasa. Apalagi selama berpuasa kamu diharuskan untuk menahan haus dari subuh hingga sore hari.

Meski begitu, ada beberapa jenis minuman yang tak baik untuk kamu minum saat sahur, berikut ulasannya:

1. Teh

Meski banyak orang yang memilih teh untuk minum saat sahur, ternyata minuman itu kurang baik untuk tubuh. Kandungan kafein yang ada di dalam teh menyebabkan rasa lemas selama berpuasa.

Sifat diuretik yang ada di dalam teh juga membuat kamu akan merasa lebih sering buang air kecil dan bisa mengakibatkan dehidrasi.

Selain itu, mungkin bagi kamu teh hangat ditambahkan gula akan terasa lebih nikmat. Namun hal ini dapat menyebabkan kamu akan merasa lebih cepat haus dari biasanya. 

2. Kopi

Siapa yang tak suka kopi? Minuman yang satu ini menjadi favorit dalam melengkapi kegiatan sehari-hari. Tetapi sebaiknya kamu menghindari kopi untuk kamu minum saat sahur.

Tak jauh berbeda dengan teh, kopi juga memiliki kandungan kafein yang kurang baik untuk tubuh.

Sifat diuretik pada kopi juga membuat kamu merasa ingin buang air kecil terus menerus yang bisa membuat kamu dehidrasi. Tak hanya itu sifat asam pada kopi juga dapat meningkatkan kadar asam lambung.

3. Minuman bersoda

Membayangkan sehabis menahan haus seharian dengan minum minuman bersoda pastinya sudah segar dan melegakan tenggorokan kamu.

Tetapi mulai sekarang kamu harus menghindari minuman ini karena kandungan gula yang tinggi bisa membuat kadar gula kamu ikut meninggi. 

Selain itu, hal yang membahayakannya lagi, minuman bersoda ini bisa membuat asam lambung kamu meningkat yang menyebabkan perut kamu kembung dan pencernaan kamu bisa terganggu.

4. Air dingin atau air es

Air dingin bisa menimbulkan rasa perih dan kembung yang sangat tidak nyaman bagi perut kamu. Selain itu, air dingin bahkan bisa memicu pembuluh darah berkontraksi dan mengakibatkan pencernaan kamu menjadi terganggu.

Apa minuman yang baik untuk kamu minum saat sahur?

Meski minuman yang mungkin jadi salah satu favorit kamu tidak dianjurkan untuk kamu minum saat sahur.

Tapi tenang saja, berikut beberapa alternatif minuman lain yang baik diminum saat sahur:

1. Air Putih

Sebagaimana kita ketahui bahwa tubuh kita sangat membutuhkan air di kehidupan sehari-hari apalagi saat berpuasa. Sebaiknya kamu minum air putih sebanyak 2-3 gelas saat sahur untuk menghindari dehidrasi.

Tetapi kamu juga tidak dianjurkan terlalu banyak minum air putih karena dapat menyebabkan overdehidrasi yang kurang baik untuk kesehatan kamu juga.

2. Teh hijau hangat

Selain dapat membantu membunuh bakteri yang ada di mulut, teh hijau juga sangat baik untuk menjaga berat badan kamu tetap seimbang selama bulan Ramadhan.

3. Jus buah

Buah-buahan yang mengandung banyak serat dan vitamin juga sangat baik dikonsumsi untuk sahur. Selain mencukupi kebutuhan mineral yang ada di dalam tubuh kita, jus buah juga mampu meningkatkan konsentrasi kamu dan mempertahankan tubuh tetap fit sepanjang hari.

4. Yoghurt

Minuman yang satu ini memang terkenal dengan rasa asamnya. Tetapi yoghurt memiliki manfat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Yoghurt memiliki bakteri baik yang dapat melawan bakteri jahat yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthxchange.sg (2016) diakses 23 April 2020. Healthy Ramadan Fasting. 23 April 2020 pukul 16.00.
  2. islamweb.net (2010) diakses 23 April 2020. A strategy to combat thirst in Ramadan. 23 April 2020 pukul 16.10.
    Berita Terkait
    register-docotr