Puasa

5 Alasan Kenapa Berpuasa Memberikan Manfaat untuk Kesehatan Jantung

April 16, 2021 | Nanda Hadiyanti | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Berpuasa dapat memberikan manfaat untuk kesehatan, lho. Meski tidak pasti menyebutkan jenis-jenis puasa yang dimaksud, namun pada dasarnya puasa yang dilakukan dengan cara membatasi makanan dan minuman dalam waktu tertentu, bisa memberikan manfaat kesehatan. 

Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh ahli jantung dan ahli endokrinologi Dennis Bruemmer, MD, PhD. “Dalam setiap ukuran, makan lebih sedikit lebih baik,” kata sang ahli dikutip dari Cleveland Clinic

Salah satu manfaat puasa adalah mendukung kesehatan jantung

Seperti yang sudah dijelaskan, bahwa berpuasa secara umum memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah dapat mendukung kesehatan jantung. 

Berikut kaitan dan penjelasan selengkapnya mengapa berpuasa bermanfaat untuk kesehatan jantung. 

1. Puasa dapat mengontrol gula darah

Puasa bermanfaat untuk mengontrol gula darah. Ini membantu menjaga kadar gula darah untuk mereka yang berisiko terkena diabetes. 

Sebuah penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2, menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darh. 

Sementara itu, temuan lainnya mendukung bahwa puasa intermiten dan puasa alternatif lainnya sama efektifnya untuk membatasi asupan kalori dan mengurangi resistensi insulin. 

Lalu apa hubungannya gula darah dengan kesehatan jantung? Penjelasan mudahnya, orang yang memiliki gula darah tinggi dalam waktu yang panjang, kemungkinan mengalami kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengontrol jantung. 

Sehingga orang dengan diabetes cenderung memiliki kondisi kesehatan lain yang meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Dengan mengontrol gula darah, maka kamu juga menurunkan risiko terkena penyakit jantung. 

2. Puasa mengontrol tekanan darah

Sebuah studi pada 110 orang dewasa gemuk menunjukkan bahwa puasa selama tiga minggu di bawah pengawasan medis secara signifikan menurunkan tekanan darah, serta tingkat trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol jahat. 

Dengan menjaga tekanan darah tetap stabil, kamu juga telah mendukung kesehatan jantungmu. Alasannya jika membiarkan tekanan darah tinggi, akan meningkatkan tekanan di dinding arteri, yang lama kelamaan bisa merusaknya. 

Rusaknya dinding arteri akan memengaruhi kondisi jantung. Karena itu, menjaga tekanan darah tetap normal sama dengan menjaga diri dari risiko penyakit jantung. 

3. Menjaga kadar kolesterol

Sebuah studi kecil mengungkapkan bahwa delapan minggu puasa mengurangi kadar kolesterol jahat dan menurunkan kadar trigliserida darah sebanyak 25 dan 32 persen. 

Penelitian lainnya yang dilakukan pada 4.629 orang mengaitkan puasa dengan risiko penyakit arteri koroner yang lebih rendah. Serta risiko diabetes yang jauh lebih rendah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. 

Kolesterol tinggi dalam darah dapat membentuk plak di dinding arteri yang rusak, atau dapat menyebabkan pengerasan arteri. Ini yang kemudian dapat memicu munculnya penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi, kolesterol dan diabetes adalah tiga kondisi yang meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika kondisi ini bisa dijaga, artinya kamu juga ikut menjaga kesehatan jantungmu. 

4. Puasa membantu menangkal peradangan

Peradangan sebenarnya adalah respons normal tubuh dalam melawan infeksi. Tapi jika terjadi peradangan kronis, dapat menimbulkan masalah serius bagi kesehatan. 

Sebuah penelitian menunjukkan peradangan mungkin terlibat dalam perkembangan kondisi kronis. Salah satunya terkena penyakit jantung. Selain itu mungkin juga terlibat dalam berkembangnya penyakit kanker dan rheumatoid arthritis. 

Karena itu lah puasa disebut-sebut memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan jantung. Apalagi sudah dibuktikan lewat penelitian. 

Satu studi pada 50 orang dewasa sehat menunjukkan bahwa puasa intermiten selama satu bulan secara signifikan menurunkan tingkat penanda peradangan. Studi kecil lainnya menemukan efek yang sama ketika orang berpuasa selama 12 jam sehari selama satu bulan.

5. Puasa membantu penurunan berat badan 

Dengan berpuasa, kamu otomatis akan mengurangi asupan dan ini adalah cara cepat dan mudah untuk menurunkan berat badan. 

Faktanya, satu ulasan menunjukkan bahwa puasa sepanjang hari dapat mengurangi berat badan hingga 9 persen dan secara signifikan menurunkan lemak tubuh selama 12-24 minggu. 

Dan ternyata, penurunan berat badan tak kalah pentingnya dengan menjaga kolesterol, tekanan darah dan kadar gula darah. Karena berat badan juga berpengaruh pada kondisi kesehatan jantung. 

“Empat dari risiko utama penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi dan kolesterol, diabetes dan berat badan,” kata Dr. Bruemmer. “Jika kita menguranginya, kita bisa mengurangi risiko penyakit jantung,” katanya dikutip dari Cleveland Clinic. 

Itu tadi berbagai macam manfaat puasa yang dapat mendukung kesehatan jantung. Semoga kamu tetap semangat menjalankan ibadah puasa, ya. Karena kamu juga bisa mendapat manfaat kesehatan dengan menjalankannya. 

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline, diakses 16 April 2021
8 Health Benefits of Fasting, Backed by Science
Cleveland Clinic, diakses 16 April 2021
Fasting: How Does It Affect Your Heart and Blood Pressure?
CDC, diakses 16 April 2021
Diabetes and Your Heart
Mayo Clinic, diakses 16 April 2021
Fasting diet: Can it improve my heart health?

    register-docotr