Kesehatan Pria

Penis Kamu Bengkok? Mungkin Ini Penyebabnya

January 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki penis yang bengkok sedikit ke kiri atau ke kanan saat ereksi adalah kondisi yang wajar.

Tapi jika penis terlalu bengkok dan menyebabkan nyeri atau kesulitan saat kamu berhubungan seksual, maka kamu harus waspada.

Penyebab penis bengkok

Saat kamu tengah terangsang secara seksual, maka darah akan mengalir ke bagian penis yang mirip dengan spons, membuatnya melebar dan mengeras. Penis yang bengkok biasanya terjadi karena tempat ini tidak melebar dengan rata.

Pada banyak kasus, penyebab kondisi ini adalah anatomi penis yang berbeda, tapi terkadang jaringan parut atau masalah lain menyebabkan penis bengkok dan ereksi yang menyakitkan.

Beberapa kondisi yang mungkin dapat menyebabkan penis bengkok adalah:

  • Penyakit Peyronie (ereksi penis yang melengkung dan disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan)
  • Cedera pada penis
  • Kelainan autoimun
  • Kondisi bawaan kolagen yang tidak normal

Dari semua pemicu di atas, penyakit peyronie adalah yang paling sering terjadi. Selain menyebabkan penis bengkok, penyakit ini juga membuat nyeri dan kesulitan berhubungan seksual.

Gejala penyakit peyronie

Beberapa gejala dari penyakit Peyronie ini adalah:

  • Adanya area yang menebal di batang penis
  • Penis yang bengkok saat ereksi (biasanya bengkok ke arah atas)
  • Nyeri di penis, biasanya pada saat kamu ereksi, karena nyeri saat tidak ereksi merupakan kondisi yang jarang terjadi
  • Bentuk penis janggal seperti jam pasir
  • Panjang dan tebal penis berkurang

Beberapa pria mengalami nyeri di penis, walaupun lainnya tidak merasakan hal tersebut. Kalau kamu mengalami nyeri juga, biasanya kondisi ini akan membaik seiring waktu.

Tapi dalam kondisi yang parah, bengkoknya penis membuat kamu kesulitan, terasa sakit atau bahkan tidak memungkinkan melakukan hubungan seksual. Penyakit Peyronie ini juga bisa berujung pada disfungsi ereksi, lho.

Apa penyebab penyakit peyronie?

Penyebab dari penyakit ini belum juga diketahui. Beberapa anggapan menyatakan kalau kondisi ini terjadi setelah kamu mengalami cedera saat ereksi, seperti bengkok saat berhubungan seksual, tapi kondisi ini juga bisa terjadi tanpa penyebab jelas.

Faktor risiko penyakit peyronie

Gen dan usia merupakan faktor utama penyakit penyebab penis bengkok. Jaringan yang berubah membuat pria lebih mudah cedera dan lambat sembuh seiring usia bertambah. Itu sebabnya usia menjadi faktor risiko utama.

Selain itu, jika kamu memiliki kelainan jaringan ikat seperti kontraktur Dupuytren maka risiko kamu mengalami penyakit Peyronie ini semakin tinggi.

Kontraktur Dupuytren sendiri merupakan kondisi di mana tangan menjadi tebal dan menyebabkan jari kamu tertarik ke dalam.

Apakah penis bengkok bisa disembuhkan?

Untuk saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkan penyakit Peyronie. Tapi kondisi ini bisa ditangani dan pergi dengan sendirinya.

Meskipun kamu bisa meminta pengobatan pada dokter untuk mengatasi hal ini, tapi dokter pasti meminta kamu untuk menunggu dan melihat perkembangan apakah gejala yang kamu alami semakin parah.

Namun demikian, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi penyakit Peyronie yang menyebabkan penis bengkok:

Pengobatan

Untuk mengatasi penyakit ini, dokter mungkin merekomendasikan pengobatan yang disuntikkan langsung ke penis. Situs kesehatan Healthline menyebut ada satu obat yang sudah disetujui oleh Food and Drug Administration Amerika Serikat, yaitu hystolyctum (Xiaflex).

Obat tersebut boleh dipakai ketika penis kamu bengkok lebih dari 30 derajat. Pengobatan ini dilakukan dengan beberapa kali suntikan ke penis untuk menghancurkan kolagen yang bertumpuk di sana.

Sementara obat lain yang bisa diresepkan adalah oral verapamil yang biasanya digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan interferon injeksi untuk menghancurkan jaringan berserat.

Pilihan nonoperasi

Ada beberapa pilihan perawatan tanpa obat yang masih dikaji lebih lanjut seperti:

  • Terapi gelombang kejut untuk menghancurkan jaringan parut
  • Traksi penis untuk meregangkan penis

Demikianlah berbagai penjelasan tentang penis bengkok yang bisa terjadi karena penyakit Peyronie. Selalu jaga kesehatan seksual dan organ vital kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. NHS, diakses 20 Desember 2020. Is it normal to have a curved penis?
  2. Healthline, diakses 20 Desember 2020. Understanding ED: Peyronie’s Disease
  3. Mayo Clinic, diakses 20 Desember 2020. Bent penis
    Berita Terkait
    register-docotr