Kamus Penyakit

3 Tips Beraktivitas saat Flu Menyerang, Olahraga Harus Tetap Dilakukan

April 21, 2020 | Santi Andriani | dr. Sumeet Vasandani
no-image

Ditulis oleh : dr. Sumeet Vasandani

Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) bukan berarti kamu bisa bebas dari terserang flu, apalagi saat musim pancaroba seperti ini. Agar pekerjaan tetap bisa berjalan normal, berikut tips beraktivitas saat flu menyerang kamu saat ini. 

Baca Juga: Fakta! Ini 5 Manfaat Main Video Games

Kebanyakan gejala flu adalah ringan

Hipotiroid menjadi salah satu penyebab tubuh mudah kedinginan
Flu termasuk jenis penyakit yang sering menyerang. Foto: https://nextcare.com/

Flu atau yang juga disebut sebagai penyakit influenza pasti sudah tidak asing. Penyakit flu ini termasuk jenis penyakit yang sering menyerang masyarakat terlebih pada saat musim hujan dan musim pancaroba (pergantian musim). 

Walaupun kebanyakan gejala flu adalah ringan, namun tetap dapat menggangu aktivitas dan mengurangi produktivitas.

Penyebabnya adalah virus influenza yang terutama tersebar melalui batuk, bersin, dan bersentuhan. Siapapun bisa menderita influenza, serangan flu biasa terjadi tiba-tiba dan dapat bertahan hingga beberapa hari. 

Gejalanya bervariasi menurut umur, tapi antara lain berupa demam/kedinginan, sakit tenggorokan, nyeri otot, rasa lelah, batuk, sakit kepala, pilek atau hidung tersumbat. 

Vaksinasi flu sebagai salah satu opsi pencegahan

Vaksinasi influenza dapat menjadi salah satu opsi karena vaksin flu dapat menjauhkan kamu dari flu. Foto: https://theconversation.com/

Populasi masyarakat yang lebih rentan antara lain adalah anak kecil, mereka yang berusia 65 tahun ke atas, wanita hamil, dan mereka yang menderita penyakit tertentu atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Vaksinasi influenza dapat menjadi salah satu opsi karena vaksin flu dapat menjauhkan kamu dari flu, meredakan flu jika kamu sudah terkena flu, dan mencegah penyebaran flu ke keluarga dan orang lain. 

Tidak ada virus flu hidup di suntikan flu. Mereka tidak dapat menyebabkan flu. Ada banyak virus flu, dan mereka selalu berubah. Setiap tahun vaksin flu baru dibuat untuk melindungi dan melawan tiga atau empat virus yang mungkin menyebabkan penyakit di musim flu mendatang.  

Maka dari itu disarankan untuk melakukan vaksin ini 1 kali dalam setahun. Efektivitas dari vaksin flu ini diperkirakan mengurangi resiko pada lebih dari 60 persen populasi.

Tips beraktivitas saat flu menyerang

sehat-selama-puasa
Saat flu olahraga tetap harus dilakukan. Foto : https://www.shutterstock.com/

Pencegahan dan penanganan merupakan yang paling pokok dalam menghadapi influenza.

Pertama, mencegah penularan dengan cara rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, atau hand-sanitizer dan juga memakai masker bila keluar rumah. 

Kedua, mengacu pola hidup sehat dengan makan banyak buah-buahan dan sayuran serta bila perlu suplemen vitamin dan imunomodulator juga dapat menjadi pilihan. 

Ketiga, terakhir olahraga teratur juga diperlukan agar tubuh senantiasa fit. 

Reference

Immunization action coalition. https://www.immunize.org/vis/indonesian_flu_inactive. 8 July 2015. 28 August 2019.

Wright PF, Webster RG. Fields virology . Lippincott Williams, 2002.

    Berita Terkait
    register-docotr