Kamus Penyakit

Sakit Pinggang Tanda Penyakit Ginjal, Bagaimana Ciri-cirinya?

August 2, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Penyakit ginjal merupakan kondisi yang dapat menimbulkan beberapa gejala. Sakit pinggang seringkali dikaitkan sebagai tanda atau gejala penyakit ginjal. Namun, ada beberapa ciri sakit pinggang tanda penyakit ginjal yang perlu kamu perhatikan.

Ginjal adalah dua organ kecil yang berbentuk seperti kacang dan terletak di bawah tulang rusuk, tepatnya di kedua sisi sumsum tulang belakang.

Organ ini sendiri memiliki peran yang penting bagi tubuh. Mereka membersihkan air, asam, dan limbah dari darah, yang nantinya akan dikeluarkan melalui urine.

Apa saja penyebab sakit ginjal?

Penyakit ginjal dapat terjadi ketika suatu penyakit atau kondisi merusak ginjal yang menyebabkan ginjal tidak dapat berfungsi dengan semestinya.

Pada penyakit ginjal kronis, suatu kondisi dapat menyebabkan kerusakan ginjal memburuk selama beberapa bulan atau tahun.

Dilansir dari Mayo Clinic, berikut adalah beberapa kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan penyakit ginjal.

  • Diabetes tipe 1 atau 2
  • Tekanan darah tinggi
  • Glomerulonefritis (peradangan pada unit penyaringan ginjal)
  • Nefritis interstisial (radang tubulus ginjal dan struktur di sekitarnya)
  • Penyakit ginjal polikistik
  • Obstruksi saluran kemih yang berkepanjangan, seperti pembesaran prostat, batu ginjal, dan beberapa jenis kanker
  • Refluks vesikoureter (kondisi yang menyebabkan urine kembali ke ginjal)
  • Infeksi ginjal berulang, disebut juga sebagai pielonefritis

Baca juga: Cara Mencegah Batu Ginjal: Mulai dari Jaga Pola Makan hingga Tubuh Cukup Terhidrasi

Apakah benar sakit pinggang tanda penyakit ginjal?

Karena ginjal terletak di punggung dan di bawah tulang rusuk, memang agak sulit untuk mengetahui apakah rasa sakit yang kamu alami berasal dari punggung atau ginjal.

Nyeri dari ginjal dapat menyebabkan rasa sakit pada punggung bagian bawah, tepatnya di bawah tulang rusuk, atau bahkan di samping, yang lebih kita kenal sebagai pinggang. Ini memang merupakan salah satu tanda penyakit ginjal.

Dilansir dari Kompas.com, Dr Fransiska SpPD dari RS St. Carolus mengatakan bahwa seringnya terjadi sakit ginjal tidak selalu merupakan tanda adanya gangguan pada ginjal.

Ada beberapa ciri sakit pinggang tanda penyakit ginjal yang harus diketahui dan waspadai. Terutama jika nyeri yang dirasakan berada di sebelah kanan atau kiri sekitar pinggang.

Namun, jika nyeri berada di tengah pinggang itu bisa jadi disebabkan penyakit lain.

Sebagai tambahan, kamu juga harus mencurigai jika nyeri muncul dibarengi dengan riwayat sakit batu ginjal sebelumnya. Juga jika urine yang keluar berwarna merah atau bahkan keluar pasir. Segeraperiksakan diri ke dokter jika kamu mengalaminya.

Tanda-tanda lain penyakit ginjal yang perlu diwaspadai

Sakit pinggang bukanlah satu-satunya tanda penyakit ginjal. Sakit pinggang dapat dikatakan sebagai tanda penyakit ginjal jika diikuti oleh tanda gejala lainnya.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah tanda lain penyakit ginjal yang harus kamu waspadai:

Perubahan kebiasaan buang air kecil

Ini merupakan tanda yang paling jelas dari penyakit ginjal. Ginjal memiliki fungsi untuk memproduksi urine. Oleh karena itu setiap perubahan pada urine dapat menunjukkan adalanya masalah pada ginjal.

Misalnya saja jika lebih sedikit urine, lebih sering buang air kecil, perubahan warna, urine berbusa, bau, ada rasa sakit, atau adanya darah dalam urine. Semuanya dapat menunjukkan adanya masalah pada ginjal.

Adanya protein di dalam urine

Kerusakan ginjal akan menyebabkan protein bocor ke urine bersama dengan sel darah. Jika terjadi hal ini, sebaiknya segeralah memeriksakan diri ke dokter, terutama jika kamu memiliki faktor lain yang dapat menyebabkan penyakit ginjal, seperti diabetes.

Mudah lelah dan sulit berkonsentrasi

Merasa lelah, memiliki energi yang sedikit, serta memiliki masalah dalam berkonsentrasi juga dapat menjadi tanda lain dari penyakit ginjal.

Penurunan fungsi ginjal yang parah dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran di dalam darah.

Ini dapat menyebabkan seseorang merasakan gejala yang sudah disebutkan di atas. Komplikasi lain dari penyakit ginjal adalah anemia, yang dapat menyebabkan kelemahan dan kelelahan.

Pergelangan kaki atau kaki bengkak

Sakit pinggang tanda penyakit ginjal juga dapat diikuti oleh pergelangan kaki atau kaki yang bengkak. Penurunan ginjal dapat menyebabkan retensi natrium yang dapat menyebabkan pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Pembengkakan di bagian bawah juga bisa menjadi tanda penyakit jantung, penyakit hati, atau bahkan masalah vena kaki kronis.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Kompas.com (2020). Diakses pada 28 Juli 2020. Benarkah Nyeri Pinggang Tanda Sakit Ginjal? Ini Penjelasan Ahli 

Mayo Clinic (2019). Diakses pada 28 Juli 2020. Chronic Kidney Disease

Medical News Today (2019). Diakses pada 28 Juli 2020. How to Tell the Difference Between Kidney Pain and Back Pain 

National Kidney Foundation. Diakses pada 28 Juli 2020. 10 Signs You May Have Kidney Disease 

National Kidney Foundation. Diakses pada 28 Juli 2020. 3 Early Warning Signs of Kidney Disease

Webmd (2020). Diakses pada 28 Juli 2020. Kidney Pain 

    register-docotr