Kamus Penyakit

Inilah Penyebab Selangkangan Lecet dan Cara Mengatasi yang Paling Ampuh

July 15, 2020 | Felicia Elfriestha
no-image

Pastinya kamu sering merasa tidak pede jika selangkangan lecet. Nah, berikut ini penjelasan mengenai penyebab selangkangan lecet dan cara mengatasinya, simak ulasan selengkapnya yuk!

Penyebab selangkangan lecet

Pada dasarnya ada beberapa penyebab selangkangan lecet yang biasanya terjadi, antara lain:

Infeksi jamur

Inilah yang menjadi penyebab selangkangan lecet secara umum. Infeksi jamur atau seringkali disebut dengan tinea crusis ini seringkali ditemukan di bagian terluar kulit.

Tinea crusis dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi jika berada di tempat yang lembap.

Area selangkangan merupakan tempat yang paling disukai oleh tinea crusis. Selain selangkangan, infeksi jamur ini juga seringkali terdapat di bagian bokong. Rasa yang ditimbulkan dari infeksi ini biasanya menimbulkan rasa nyeri.

Kutu kemaluan

Kutu kelamin atau biasa disebut dengan Phtirus pubis merupakan serangga parasit kecil yang hidup di rambut kasar manusia, seperti rambut kemaluan.

Biasanya gejala yang ditimbulkan dari kutu kemaluan ini, kamu akan merasakan gatal, iritasi, dan muncul bintik putih di rambut kemaluan.

Kutu kemaluan ini dapat menyebar melalui kontak fisik seperti berhubungan seksual.

Herpes genital

Ada beberapa kasus yang menunjukkan gejala awal dari penyakit menular, seperti herpes genital. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh virus herpes yang menimbulkan area kelamin menjadi terasa panas, bengkak, kemerahan, dan terasa nyeri.

Bahkan tak jarang akan menimbulkan lenting berisikan cairan yang dapat menimbulkan luka ketika lenting tersebut pecah. Segera konsultasikan ke dokter apabila kamu mengalami kondisi seperti ini.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak biasanya muncul di bagian pangkal paha yang dapat menimbulkan iritasi dan alergi.

Di mana dermatitis kontak iritasi akan muncul ketika kulit mengalami iritasi yang dikarenakan oleh zat tertentu mulai dari keringat, urine, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan dan pakaian ketat.

Kurang menjaga kebersihan

Dikarenakan selangkangan merupakan bagian tubuh yang tertutup dan lembap yang membuat udara di bagian selangkangan menjadi lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Sebaiknya kamu menjaga kebersihan daerah genital seperti selangkangan agar tetap bersih. Jika kamu tidak menjaga kebersihan, maka area tersebut mudah berkeringat dan akan menjadi lembap.

Cara mengatasi selangkangan lecet secara alami

Inilah beberapa cara untuk mengatasi selangkangan lecet, antara lain seperti:

Aloe vera

Sebagaimana kita ketahui lidah buaya memiliki berbagai khasiat untuk kulit. Kandungan antiseptik yang ada di lidah buaya mampu meredakan rasa gatal di selangkangan. 

Caranya dengan mengoleskan gel lidah buaya 2 hingga 3 kali per hari untuk memberikan hasil yang optimal.

Minyak kelapa

Sudah tak asing lagi bahwa minyak kelapa memiliki segudang manfaat baik untuk tubuh maupun kulit. Minyak kelapa sangat ampuh untuk mencegah luka lecet akibat gesekan di paha. 

Caranya mudah kok, cukup campurkan satu sendok minyak kelapa, baking soda, dan minyak essensial lainnya. Setelah itu, oleskan ramuan tersebut ke bagian paha dalam atau lipatan paha.

Petroleum jelly

Bahan ini dipercaya dapat berfungsi sebagai pelumas untuk menghindari luka akibat gesekan di paha. 

Caranya dengan mengoleskan petroleum jelly di bagian paha atau lipatan paha sebanyak beberapa kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Bawang putih

Selain dijadikan bumbu dapur, ternyata bawang putih dapat dijadikan sebagai obat infeksi pada kulit, termasuk gatal di selangkangan. 

Caranya haluskan bawang putih campur dengan minyak zaitun atau minyak kelapa. Lalu oles secara rutin di bagian selangkangan yang terinfeksi. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya optimal.

Lemon

Lemon memang dipercaya dapat mencerahkan dan mengatasi beberapa masalah di kulit. Ternyata lemon juga memiliki khasiat untuk mengatasi selangkangan gatal. 

Sifat antimikroba pada lemon berfungsi untuk meredakan infeksi yang menyebabkan gatal di selangkangan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 10 Juli 2020. What Causes Groin Rash and How Is It Treated?. 10 Juli 2020 pukul 15.45.
  2. medicalnewstoday.com (2019) diakses 10 Juli 2020. 5 ways to get rid of blisters. 10 Juli 2020 pukul 16.15.
    Berita Terkait
    register-docotr