Kamus Penyakit

Inilah Penyebab Lecet pada selangkangan dan Cara Mengatasi yang Paling Ampuh

July 15, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Pastinya kamu sering merasa tidak nyaman jika selangkangan lecet. Nah, berikut ini penjelasan mengenai penyebab selangkangan lecet dan cara mengatasinya, simak ulasan selengkapnya yuk!

Penyebab selangkangan lecet

Pada dasarnya ada beberapa penyebab selangkangan lecet yang biasanya terjadi, antara lain:

Infeksi jamur

Inilah yang menjadi penyebab selangkangan lecet secara umum. Infeksi jamur atau seringkali disebut dengan tinea crusis ini seringkali ditemukan di bagian terluar kulit.

Tinea crusis dapat berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi jika berada di tempat yang lembap.

Area selangkangan merupakan tempat yang paling disukai oleh tinea crusis. Selain selangkangan, infeksi jamur ini juga seringkali terdapat di bagian bokong. Rasa yang ditimbulkan dari infeksi ini biasanya menimbulkan rasa nyeri dan gatal.

Dermatitis kontak

Dermatitis kontak biasanya muncul di bagian pangkal paha yang dapat menimbulkan iritasi dan alergi.

Di mana dermatitis kontak iritasi akan muncul ketika kulit mengalami iritasi yang dikarenakan oleh zat tertentu mulai dari keringat, urine, kotoran, kosmetik, hingga perhiasan dan pakaian ketat.

Kurang menjaga kebersihan

Dikarenakan selangkangan merupakan bagian tubuh yang tertutup dan lembap yang membuat udara di bagian selangkangan menjadi lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya.

Sebaiknya kamu menjaga kebersihan daerah genital dan selangkangan agar tetap bersih. Jika kamu tidak menjaga kebersihan, maka area tersebut mudah berkeringat dan akan menjadi lembap.

Cara mengatasi selangkangan lecet

Cara pengobatannya tergantung dengan apa yang menyebabkannya, sebaiknya periksakan ke dokter jika kamu merasakan hal ini. Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan dan jangan biarkan selangkangan menjadi lembap. Selain itu hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat dan penggunaan bahan yang dapat mengiritasi kulit paha bagian dalam.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 10 Juli 2020. What Causes Groin Rash and How Is It Treated?. 10 Juli 2020 pukul 15.45.
  2. uofmhealth.org diakses 27 Januari 2021. Rashes or Sores in the Groin
    register-docotr