Kamus Penyakit

Sakit Pinggang Sebelah Kanan, Mulai dari Masalah Otot hingga Tanda Gangguan Ginjal

May 7, 2020 | Nanda Hadiyanti | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sakit pinggang termasuk keluhan umum yang sering terjadi. Penyebabnya bisa bermacam-macam, tergantung dari lokasi spesifik, seperti sakit pinggang sebelah kanan.

Jika kamu sedang mengalaminya, yuk cari tahu penyebabnya. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai penyebab sakit pinggang di bagian kanan.

Baca Juga: Apa Itu Angin Duduk dan Bagaimana Mengobatinya?

Sakit pinggang sebelah kanan berkaitan dengan organ

Nyeri atau sakit yang dirasakan bisa saja disebabkan oleh nyeri otot. Namun bisa jadi rasa sakit tersebut muncul karena terdapat masalah pada organ tubuh yang berada di bagian pinggang sebelah kanan.

Untuk memastikan penyebab sakit tersebut, kamu perlu berkonsultasi pada dokter dan melakukan serangkaian pemeriksaan. Seperti pemeriksaan X-Ray atau MRI.

Dokter juga perlu memastikan penyebab sakit tersebut. Karena terdapat beberapa penyebab yang berkaitan dengan sakit pinggang sebelah kanan. Apa saja penyebab yang berkaitan dengan organ?

Penyakit ginjal

Ginjal berada di bawah tulang rusuk, dan jika mengalami masalah dapat mengakibatkan rasa sakit di sekitar perut. Sakit juga akan terasa hingga pinggang sebelah kanan atau lower right back pain jika masalah cukup serius.

Penyakit ginjal di sini juga bisa terbagi lagi. Mungkin bisa berupa batu ginjal ataupun infeksi ginjal. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

  • Batu ginjal

Batu ginjal terjadi karena kelebihan mineral dan garam yang biasanya ditemukan dalam urine. Bentuknya padat seperti kerikil.

Ketika batu ginjal menempel di ureter (saluran urin dari ginjal ke kandung kemih) akan membuat orang yang mengalami merasakan sakit. Rasa sakitnya bergantung pada pergerakan batu ginjal.

Kamu mungkin mengalami batu ginjal jika mengalami sakit sekitar perut dan pinggang sebelah kanan. Atau mengalami gejala lain seperti urine menjadi lebih sedikit, sakit saat buang air kecil, atau bahkan bisa sampai urine berdarah.

  • Infeksi ginjal

Selain batu ginjal, infeksi ginjal juga menyebabkan sakit pada pinggang bagian kanan. Penyebab paling umum adalah bakteri seperti E. Coli yang berada di dalam usus.

Seseorang yang mengalami infeksi ginjal, selain sakit pinggang di bagian kanan juga mengalami gejala yang mirip dengan infeksi saluran kemih. Gejalanya antara lain rasa sakit saat buang air kecil, urine keruh, gelap atau berbau.

Jika kondisinya sudah parah, kamu juga mungkin saja mengalami gejala seperti demam, meriang, panas dingin, mual, dan juga muntah.

Jika mencurigai terjadinya masalah pada ginjal, langsung hubungi dokter. Infeksi ginjal yang tak diobati dapat berkibat pada terjadinya kerusakan permanen pada ginjal dan infeksi yang dapat mengancam jiwa.

Irritable bowel syndrome atau sindrom iritasi usus

Kelainan usus ini belum diketahui penyebab spesifiknya. Namun pemicunya bisa terkait pada pola makan, diet dan juga stres.

Jika seseorang mengalami sindrom ini, selain mengalami sakit di bagian pinggang bagian kanan, biasanya juga mengalami gejala lain.

Beberapa gejalanya yaitu, kembung, sembelit, diare dan sakit di bagian perut bawah. Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, pada wanita atau pria.

Usus buntu

Seseorang yang mengalami usu buntu biasanya akan merasakan sakit pada pinggang sebelah kanan. Sakitnya bisa terjadi dalam beberapa hari. Selain itu, terdapat gejala lain seperti kehilangan selera makan, mual, muntah dan juga demam.

Pada umumnya rasa sakit mulai terasa di sekitar pusar kemudian menyebab ke sisi kanan bawah perut atau pinggang. Pada beberapa pasien, rasa sakit akan semakin parah jika terjadi gerakan tubuh. Kondisi ini perlu mendapat pertolongan medis.

Jika dibiarkan, kondisi usus buntu akan membengkak. Bisa berakibat pecahnya usus dan mengakibatkan kodisi yang mengancam jiwa.

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita

Tak cuma disebabkan oleh masalah organ, sakit pinggang sebelah kanan juga dapat terjadi pada kondisi tertentu yang dialami wanita. Kondisi tersebut bisa karena kehamilan atau juga karena endometriosis. Berikut penjelasannya.

Kehamilan

Nyeri mulai dirasakan sejak trimester awal kehamilan. Ini disebabkan tubuh yang mulai memprodusi hormon relaxin, yang diperlukan tubuh untuk melonggarkan ligamen dalam memperiapkan melahirkan.

Namun nyeri berlebih dapat menjadi gejala terjadinya keguguran. Jika rasa sakit disertai kram dan bercak darah, konsultasikan pada dokter mengenai kondisi tersebut.

Sementara pada trimester dua dan tiga terdapat beberapa penyebab terjadinya sakit pinggang di bagian kanan. Tentunya ini karena janin yang berkembang dan posisi bayi bisa saja terlokalisasi di sisi kanan.

Kondisi ini dapat diatasi dengan peregangan dan juga mandi menggunakan air hangat. Pijatan lembut juga bisa membantu meredakan nyeri. Atau konsultasikan pada dokter jika kamu memerlukan obat acetaminophen (tylenol) untuk mengatasi nyeri.

Pada kehamilan juga akan terjadinya peregangan pada ligamen bundar. Ligemn bundar merupakan jaringan ikat berserat yang membantu mendukung rahim. Peregangan ligamen dapat menjadi sumber nyeri pinggang bagian kanan.

Masalah lain yang terjadi pada wanita hamil adalah infeksi saluran kemih. Ini juga dapat menyebabkan sakit di sisi kanan bawah punggung. Karena tekanan kandung kemih saat hamil, 4 dari 5 wanita mengalami infeksi saluran kemih.

Endometriosis

Endometriosis adalah kondisi jaringan rahim tumbuh di luar rahim, sering terjadi di ovarium dan saluran tuba. Di Amerika Serikat kondisi ini memengaruhi 1 dari 10 wanita.

Jika jaringan tumbuh di ovarium kanan atau tuba fallopi, dapat menyebabkan nyeri yang menjalar dari bagian depan ke bagian samping tubuh dan juga ke bagian belakang.

Kondisi ini biasanya dapat diatasi dengan terapi hormonal atau operasi laparoskopi. Terapi dijalani untuk memperlambat pertumbuhan, sementara pembdahan dilakukan untuk menghilangkan pertumbuhan.

Baca Juga: Demam Berdarah: Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya

Penyebab sakit pinggang sebelah kanan lainnya

Jika bukan karena masalah organ dan bukan karena kehamilan, bisa jadi nyeri di pinggang sebelah kanan disebabkan oleh masalah otot.

Menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke (NINDS) di Amerika Serikat 80 persen orang dewasa akan mengalami nyeri punggung bagian bawah dalam hidup mereka. Termasuk di bagian kanan.

Penyebabnya pun bermacam-macam dan melibatkan otot, seperti

  • Peregangan otot yang berlebihan.
  • Robeknya ligamen karena gerakan mengangkat beban yang tak tepat.
  • Degenarasi tulang belakang akibat penuaan.
  • Tegangnya otot karena postur tubuh yang salah.

Untuk mengatasinya bisa bermacam-macam. Mungkin dokter akan merekomendasikan terapi fisik. Atau bisa juga memberikan resep obat jika terjadi peradangan.

Namun jika cara-cara tersebut tidak ampuh, bisa saja dokter akan menyarankan untuk melakukan tindakan operasi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Newhealthadvisor.org diakses 5 Mei 2020 What Causes Pain on Right Side of Waist?
  2. Healthline.com diakses 5 Mei 2020 What Causes Pain in the Right Side of the Lower Back?
  3. Medicalnewstoday.com diakses 5 Mei 2020 What is this pain in my lower right abdomen?
    register-docotr