Kamus Penyakit

Mengenal Ginekomastia: Pertumbuhan Payudara Besar pada Pria

May 4, 2020 | Ajeng Annastasia | dr Jati Satriyo
feature image

Ginekomastia adalah istilah medis yang digunakan untuk kondisi payudara besar pada pria. Ini terjadi ketika payudara pria mengalami pertumbuhan.

Pada umumnya ginekomastia sering dianggap sepele karena disangka sebagai lemak pada payudara. Padahal tetap perlu mendapatkan perhatikan khusus, lho.

Simak penjelasan lengkap mengenai penyebab, gejala, diagnosis dan penanganan ginekomastia di bawah ini:

Mengenal tentang payudara besar pada pria

Pertumbuhan payudara pria dapat dikatakan normal ketika memasuki masa-masa pubertas dan beranjak menjadi pria dewasa. Namun dalam beberapa kasus pertumbuhan payudara yang normal, dapat menimbulkan rasa malu dan bahkan menyakitkan.

Kondisi ini pada dasarnya akan hilang seiring dengan waktu, akan tetapi apabila kondisi ini tidak hilang, atau jika kondisinya sudah sangat tidak nyaman, kemungkinan hal ini memerlukan perawatan medis lebih lanjut.

Payudara besar pada pria dapat terjadi di salah satu atau kedua payudara.

Baca juga: Ini Manfaat Retinol untuk Kesehatan Kulit yang Perlu Kamu Tahu

Gejala payudara besar pada pria

Payudara besar pada pria tak bisa diremehkan. Foto: Shutterstock.com

Selain ukurannya yang tampak lebih besar dari ukuran normal, gejala lain yang bisa muncul disantaranya payudara terasa lembut dan sakit saat disentuh. 

Segera hubungi dokter jika kamu mengalami kondisi:

  • Payudara tumbuh membesar sangat cepat
  • Jaringan payudara yang tumbuh sudah sangat berlebihan (lebih dari 5 cm sampai 7,5 cm dari jaringan di bawah puting)
  • Payudara menjadi sangat menyakitkan, apalagi ketika disentuh
  • Ada benjolan di salah satu testis

Kondisi lain yang perlu diperhatikan tentang ginekomastia

Beberapa kondisi tertentu bisa mengarah pada gejala kanker payudara. Foto: Shutterstock.com

Perlu menjadi perhatian jika kamu adalah seorang pria dewasa memiliki benjolan di payudara yang tumbuh di samping atau di sekitar puting, bukan di bawah puting.

Ini karena kondisi tersebut bisa menjadi salah satu pertanda kanker payudara. Hal ini memang sangat jarang terjadi, akan tetapi perlu diketahui bahwasanya pria juga dapat memiliki kanker payudara.

Pemeriksaan payudara besar pada pria

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika diperlukan. Foto: Shutterstock.com

Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan fisik, tetapi jika dokter curiga pertumbuhan payudara bukan karena jaringan lemak atau pertumbuhan yang normal, dokter akan meminta pemeriksaan lebih lanjut.

Salah satunya dengan rontgen payudara yang disebut mammogram. Dokter terkadang juga akan meminta kamu melakukan tes darah untuk memeriksa kadar hormon di dalam tubuh.

Penanganan ginekomastia

Konsumsi obat juga bisa diberikan untuk mengatasi payudara besar pada pria. Foto: Shutterstock.com

Terdapat sejumlah penanganan untuk mengatasi ginekomastia. Tapi sampai saat ini sebenarnya pengobatan sering tidak diperlukan.

Pengobatan yang tepat bergantung pada penyebab ginekomastia, berapa lama pertumbuhan payudara telah berlangsung, seberapa parah pertumbuhan payudara, dan apakah pertumbuhan payudara menimbulkan rasa sakit sehingga hal ini mengganggu aktivitas.

Pertumbuhan payudara besar pada pria, khususnya anak laki-laki remaja umumnya disebabkan oleh karena perubahan hormon, di mana hal ini merupakan sesuatu yang normal terjadi pada usia itu.

Dalam kasus ini, payudara biasanya akan mengempis dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, para dokter terkadang juga memberikan obat yang disebut tamoxifen kepada anak laki-laki remaja dengan payudara yang sangat besar atau payudara menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

Baca juga: 6 Pilihan Menu Makan Malam untuk Diet Turunkan Berat Badan

Pada pria dewasa, perkembangan payudara dapat disebabkan oleh karena masalah kesehatan atau oleh obat yang rutin diminum. Dalam kasus ini, mengobati penyebab masalah kesehatan yang diderita atau menghentikan obat biasanya membuat payudara mengempis.

Tetapi jika dokter tidak tahu penyebab ginekomastia, maka dokter mungkin akan meresepkan obat yang disebut tamoxifen.

Apabila payudara membesar dan pembesarannya lebih dari satu tahun, obat biasanya tidak bisa terlalu membantu. Maka dari itu, dokter biasanya akan merekomendasikan tindakan pembedahan untuk mengurangi ukuran payudara.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait dengan masalah kesehatan kamu di aplikasi Good Doctor. Dokter terpercaya kami akan membantu dengan layanan 24/7.

Reference

1. Idai.or.id (2013) diakses 19 Oktober 2019. MASALAH PUBERTAS PADA ANAK DAN REMAJA
2. WebMD (2019) diakses 18 Oktober 2019. What is Gynecomastia?
3. Medscape (2018) diakses 19 Oktober 2019. Gynecomastia
4. NCBI (2014) diakses 19 Oktober 2019. Gynecomastia: Clinical evaluation and management

    register-docotr