Kamus Penyakit

Jangan Cuek, 5 Gejala Anemia Ini Bisa Berakibat Fatal

April 21, 2020 | Santi Andriani | dr. Andrew Lienata
no-image

Ditulis oleh: Arini

Anemia atau penyakit kekurangan darah kerap dianggap sepele. Padahal anemia bisa menjadi penyakit serius yang berujung pada kematian terutama pada ibu hamil. Kenali gejala anemia sedini mungkin.

Perlu kamu ketahui, anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Jika hal ini terjadi, tubuh akan kekurangan oksigen yang dapat menimbulkan 5 tanda atau gejala anemia awal.

Baca Juga: Hidung Gatal Jangan Diremehkan, Bisa Jadi Kamu Kena Rhinitis Alergi

Kondisi tubuh yang bisa menjadi gejala anemia

Tubuh akan memberikan peringatan bahwa kamu menderita anemia. Apa saja gejala awal anemia, simak penjelasan berikut.

1. Tubuh terasa lemas atau letih

Tubuh terasa lemas bisa jadi gejala anemia. Foto: https://www.shutterstock.com/

Gejala yang paling sering dialami adalah tubuh yang terus menerus terasa lemas atau letih. Tubuh terasa lemas karena kurangnya asupan hemoglobin pada sel darah merah. Sedangkan hemoglobin berperan penting menjaga kadar oksigen dalam darah.

2. Sakit kepala

Pusing terus menerus perlu diwaspadai sebagai gejala awal anemia. Foto:https://www.shutterstock.com/

Sakit kepala disebabkan oleh kurangnya asupan oksigen ke dalam otak. Hal ini dapat dialami ketika kamu mengalami gejala anemia. Pusing yang terus menerus perlu diwaspadai sebagai gejala awal anemia.

3. Kulit terlihat pucat

mengatasi kulit berminyak secara permanen
Kulit yang pucat kerap dimiliki oleh mereka yang menderita anemia. Foto:https://www.shutterstock.com/

Penderita anemia biasanya memiliki kulit tampak pucat dan terlihat tidak fresh. Biasanya hal ini bisa terlihat dari bagian bawah kelopak mata bawah, bibir, dan lidah. Jika warna di ketiga bagian tubuh ini terlihat lebih putih atau pucat, kamu juga perlu berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter.

4. Mudah sesak nafas

Mudah sesak nafas harus diwaspadai.://nypost.com/

Nafas yang pendek atau sering terengah-engah ketika melakukan kegiatan ringan juga bisa jadi gejala kekurangan darah. Jangan tunggu kamu mengalami sesak nafas yang lebih berat. Jika sesak nafas mulai mengganggu aktivitas kecil, segera konsultasikan kondisi tersebut ke dokter.

Baca Juga: Kopi Instan VS Kopi Seduh, Mana Lebih Sehat?

5. Sulit konsentrasi

kesehatan mental di bulan puasa
Sulit konsentrasi jangan pernah diabaikan. Foto: https://nypost.com/

Oksigen yang lebih sedikit masuk ke dalam otak tentu saja membuatmu jadi tidak bisa berkonsentrasi penuh. Asupan oksigen yang terhambat ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan benar.

Lima gejala kekurangan darah ini sering dianggap sepele oleh kebanyakan orang. Walaupun anemia lebih sering terjadi pada wanita, bukan berarti pria tidak bisa terkena anemia.

Jika kamu mengalami lima gejala yang sudah disebutkan di atas, kamu wajib memeriksakan kondisi kesehatanmu ke dokter.

Kamu juga bisa langsung berkonsultasi online di Good Doctor, dokter terpercaya kami akan memberikan informasi terkait permasalahan kesehatan kamu.

Berita Terkait
register-docotr