Kamus Penyakit

Waspada, Ini 7 Ciri Penyakit Jantung yang Serang Usia Muda

June 19, 2020 | Anisya Fitrianti | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Tahukah kamu bahwa penelitian menunjukkan bahwa ada penderita penyakit jantung justru mengalami peningkatan pada golongan usia muda? Bahkan banyak dari anak muda yang tidak menyadarinya. Supaya terhindar dari risiko tersebut, yuk kenali ciri-ciri penyakit jantung di usia muda!

Baca Juga: Obat Chloramphenicol: Inilah Cara Penggunaan, Dosis, hingga Efek Samping yang Harus Kamu Ketahui!

Ciri penyakit jantung di usia muda 

Berikut beberapa ciri yang menunjukkan kamu bisa jadi kena penyakit jantung meski usia masih produktif.

1. Ciri penyakit jantung di usia muda seperti detak jantung tidak teratur

Rasa berdebar memang wajar terjadi saat kamu merasa terlalu gugup atau bersemangat. Namun bila kamu terlalu sering merasakan jantung berdetak tidak beraturan, sebaiknya segera periksakan kondisimu ke dokter. 

Memang, seringkali detak jantung yang tidak teratur disebabkan oleh banyaknya kafein dalam tubuh atau kurang tidur. Tetapi pada beberapa kasus, kondisi tersebut bisa menandakan kondisi yang disebut atrial fibrilasi atau gangguan irama jantung.

Hal ini perlu penanganan medis, sehingga penting untuk kamu memeriksakannya ke dokter.

2. Merasa mudah lelah

Salah satu ciri penyakit jantung di usia muda adalah tubuh yang tiba-tiba mudah lelah. Hal ini bisa dirasakan setelah melakukan sesuatu bahkan yang ringan sekalipun. Seperti menaiki tangga atau membawa barang belanjaan. 

Kelelahan biasanya juga datang beserta rasa lemah yang ekstrem pada tubuh. Terkadang hal ini sulit dijelaskan dan bisa berlangsung selama berhari-hari.

Bila kamu mengalami hal seperti ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Terutama bila kamu adalah wanita karena risiko penyakit jantung di usia muda lebih besar pada wanita. 

Baca juga: Mengenal Penyakit Jantung Koroner: Gejala, Penyebab dan Perawatannya 

3. Ciri penyakit jantung di usia muda yaitu nyeri di dada

Nyeri pada bagian dada adalah ciri penyakit jantung di usia muda yang paling umum terjadi. Saat arteri dalam tubuh tersumbat, kamu mungkin merasakan sakit, sesak, atau tekanan di dada. 

Sebagian orang mengeluhkan rasa seperti terbakar atau seperti ada benda berat yang menekan dada mereka. Perasaan nyeri ini biasanya berlangsung lebih dari beberapa menit. Selain itu, nyeri dada bisa terjadi ketika kamu sedang istirahat atau melakukan kegiatan fisik. Seperti berolahraga. 

Namun penting diingat, kalau wanita sering mengalami ciri penyakit jantung yang sedikit berbeda. Sebagian wanita muda tetap bisa memiliki masalah jantung atau mengalami serangan jantung tanpa rasa nyeri di dada.

Beberapa kasus penyakit jantung pada wanita, justru ditandai dengan sesak napas, tekanan punggung atas, atau sakit perut bagian atas. Sehingga, seringkali tanda tersebut salah diartikan sebagai gangguan flu atau pencernaan. 

4. Nyeri yang menyebar ke lengan

Ciri penyakit jantung di usia muda lainnya yang sering terjadi adalah perasaan nyeri yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Awalnya perasaan nyeri hanya akan terasa di tengah dada, kemudian bergerak ke bagian kiri tubuh. Selain lengan, terkadang rasa sakit juga bisa menyebar ke tenggorokan atau rahang.

Baca juga: 6 Manfaat Bersepeda: Bisa Turunkan Berat Badan hingga Cegah Sakit Jantung

5. Memiliki tekanan darah tinggi

Tekanan darah cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Namun, pada usia 20-an dan awal 30-an, setidaknya sekitar 7 persen pria dan 4 persen wanita sudah memiliki tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan berbagai penyakit jantung. Mulai dari serangan jantung, gagal jantung, stroke, aneurisma, atau penyakit arteri perifer.

6. Batuk yang tidak berhenti

Dalam kebanyakan kasus, batuk yang tak kunjung henti bukanlah pertanda masalah jantung. Namun kamu perlu waspada bila kamu sudah tahu bahwa tubuhmu memiliki risiko penyakit jantung. 

Batuk dalam jangka panjang yang disertai keluarnya lendir putih atau merah muda, bisa menjadi tanda gagal jantung. Hal tersebut bisa terjadi ketika jantung tidak dapat memenuhi tuntutan kerja tubuh. Sehingga menyebabkan darah bocor kembali ke paru-paru.

7. Pusing disertai sesak

Bila kamu sering merasa pusing atau kepala menjadi ringan seolah-olah mau pingsan bisa jadi ini adalah ciri dari penyakit jantung di usia muda. Umumnya pusing disertai perasaan tidak stabil dan sakit pada dada, atau sesak. Segeralah hubungi dokter bila hal ini kerap kamu rasakan. 

Mencegah penyakit jantung di usia muda

Risiko penyakit jantung terkadang tidak bisa kamu kendalikan. Namun ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi kesehatan jantung.

Dilansir dari situs hopkinsmedicine.org, 80 persen penyakit jantung, termasuk serangan jantung dan stroke, dapat dicegah melalui perubahan gaya hidup, seperti:

  • Mempertahankan berat badan yang sehat
  • Makan makanan yang menyehatkan jantung
  • Berolahraga secara teratur
  • Mengurangi alkohol
  • Bergerak lebih banyak
  • Mengelola stres
  • Rutin melakukan medical check up

Nah itu dia beberapa ciri penyakit jantung di usia muda yang cukup umum terjadi. Yuk ubah gaya hidupmu menjadi lebih sehat dan teratur. 

 Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr