Kamus Penyakit

Jangan Dianggap Remeh, Sariawan Bisa Jadi Ciri-Ciri Kanker Lidah

August 30, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Sariawan atau luka pada lidah seringkali dibiarkan begitu saja oleh sebagian orang. Padahal hal itu bisa saja menjadi tanda munculnya kanker lidah lho. Yuk, ketahui lebih lengkap apa saja ciri-ciri kanker lidah. 

Penyebab kanker lidah 

Dilansir dari Mayo Clinic, kanker mulut mengacu pada kanker yang berkembang di salah satu bagian rongga mulut. Kanker mulut dapat terjadi pada:

  • Bibir
  • Gusi
  • Lidah
  • Lapisan bagian dalam pipi
  • Bagian langit-langit mulut
  • Lantai mulut (di bawah lidah)

Kanker yang terjadi di bagian dalam mulut terkadang disebut kanker mulut atau kanker rongga mulut. Pada kasus kanker lidah, memang lebih jarang terjadi dibandingkan jenis kanker lainnya.

Kebanyakan orang yang mengalaminya adalah orang dewasa yang lebih tua. Jarang terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Jangan Diabaikan! Inilah Seluk Beluk Penyakit Kanker Mulut yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri kanker lidah 

Melansir penjelasan dari laman WebMD, salah satu tanda pertama kanker lidah adalah benjolan atau nyeri di sisi lidah yang tidak kunjung sembuh. 

Benjolan tersebut bisa berwarna merah muda atau bahkan merah. Terkadang ketika kamu menyentuh atau menggigit benjolan tersebut bisa berdarah.

Tak hanya itu saja berikut ini beberapa gejala lainnya yang perlu kamu waspadai.

1. Sariawan 

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa tidak ada gejala yang pasti jika seseorang terkena kanker. Hal itu juga berlaku sama pada kanker lidah. Seseorang baru akan mengetahui dirinya menderita kanker lidah jika ada sel kanker yang tumbuh dan menimbulkan luka di lidah. 

Luka ini pun seringkali disepelekan dan hanya dianggap sebagai sariawan biasa. Kamu perlu tahu bedanya ketika sariawan berpotensi menjadi kanker lidah yang tidak kunjung sembuh meski sudah diobati.

Sariawan yang menjurus ke arah kanker ini akan lebih sering muncul di dasar mulut, sisi bawah lidah, atau gusi di bagian gigi geraham belakang. Munculnya sariawan di lidah pun bisa hanya di satu tempat dengan ukuran yang besar, atau sekaligus berkelompok dengan ukuran yang kecil-kecil.

2. Rasa nyeri di lidah 

Ketika kamu mengalami luka yang merupakan gejala kanker lidah, kondisi itu dapat terasa sangat perih dan nyeri. 

Saking sakitnya, kamu mungkin akan malas untuk makan dan berbicara. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa merasakan sensasi nyeri nyut-nyutan tidak karuan ketika mencoba membuka mulut.

Rasa sakit yang terjadi dikarenakan ciri-ciri kanker lidah juga umumnya bertahan lama dan tak kunjung sembuh meski sudah minum obat pereda nyeri.

3. Bercak putih di mulut 

Pasti kamu pernah melihat bercak putih pada lidah dengan permukaan yang agak menonjol bukan? Bercak putih pada lidah ini disebut juga sebagai leukoplakia. 

Tak hanya pada lidah, biasanya leukoplakia juga akan muncul pada gusi, sisi dalam pipi, dan lapisan mulut lainnya. 

Bercak putih ini pada umumnya disebabkan karena iritasi yang kronis pada selaput lendir mulut. Misalnya akibat pemakaian gigi palsu yang tidak baik, kebiasaan menggigit bagian dalam pipi, dan merokok.

Walaupun kondisi ini tidak berbahaya dan bisa sembuh dengan sendirinya, tetapi kamu tidak boleh menganggap hal ini sepele ya. Pasalnya, leukoplakia ini bisa menjadi gejala awal kanker lidah. 

Leukoplakia tanda kanker biasanya memiliki permukaan yang kasar, keras, dan sulit dihilangkan. Tak hanya itu saja, bercak putih leukoplakia ini juga muncul disertai dengan luka atau bintik berwarna kemerahan yang tidak biasa.

Ada juga beberapa gejala lainnya jika kamu menderita kanker lidah, seperti suara berubah seperti terdengar parau dan kesulitan menelan. Jika kamu mengalami luka di lidah atau mulut yang tidak kunjung membaik dalam beberapa minggu, sangat disarankan untuk segera periksa ke dokter..

Ketika permasalahanya ada di dasar lidah, kamu mungkin tidak akan merasakan gejala apa pun. Namun, dengan melakukan pemeriksaan ke dokter gigi, tanda-tanda awal kanker lidah bisa lebih cepat terdeteksi selama pemeriksaan.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Rarediseases.org (2020) diakses 22 Agustus 2020. Tongue Cancer
  2. Webmd.com (2018) diakses 22 Agustus 2020. Tongue Cancer Facts
  3. Mayoclinic.org (2019) diakses 22 Agustus 2020. Mouth cancer
    register-docotr