Kamus Penyakit

Jangan Ditunda, Cara Mencegah Diabetes Ini Perlu Dicatat Anak Muda

May 20, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Diabetes sering dikaitkan dengan gangguan kesehatan pada orang lanjut usia. Padahal penyakit ini juga bisa menyerang orang yang lebih muda. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu mengenal cara mencegah diabetes sejak dini.

Apalagi gaya hidup yang dijalani anak muda zaman sekarang cenderung memperbesar risiko terkena penyakit ini. Jadi tak ada salahnya kan, mengenal cara mencegah diabetes dari sekarang?

Apa itu diabetes?

Diabetes mellitus adalah penyakit yang menyerang sistem metabolisme tubuh dan mengakibatkan peningkatan kadar gula dalam darah.

Pada kondisi tubuh yang sehat, hormon insulin berfungsi mengubah gula darah untuk disimpan sebagai energi. Namun, pada penderita diabetes, tubuh tidak punya hormon insulin yang cukup sehingga gula dalam darah dibiarkan begitu saja.

Kondisi tersebut bila dibiarkan dalam jangka waktu lama akan merusak saraf, mata, ginjal, dan organ tubuh lainnya.

Tipe diabetes

Dilansir dari healthline.com, penyakit diabetes sendiri terbagi menjadi beberapa jenis di antaranya adalah:

  1. Diabetes tipe 1: merupakan penyakit autoimun yang disebabkan daya tahan tubuh menyerang sel-sel pada pankreas (organ penghasil hormon insulin). Belum jelas penyebab pasti terjadinya penyakit ini, tetapi dilansir dari idf.org, 10 persen dari total penderita diabetes mengalami tipe diabetes yang satu ini.
  2. Diabetes tipe 2: terjadi ketika tubuh kebal pada insulin sehingga kadar gula dalam darah terus naik.
  3. Prediabetes: adalah gangguan kesehatan yang terjadi ketika gula darah berada di atas batas normal tapi tidak cukup tinggi untuk masuk dalam diagnosa diabetes tipe 2.
  4. Diabetes gestational: dialami oleh perempuan yang sedang hamil, dimana hormon-hormon yang diproduksi oleh plasenta membuat tubuh menjadi kebal terhadap insulin.

Cara mencegah diabetes

Para ahli kesehatan sepakat bahwa memiliki gaya hidup sehat adalah cara mencegah diabetes yang paling efektif. Bukan hanya mengurangi gula, kamu juga bisa mencoba menerapkan beberapa tips di bawah ini:

Mengurangi asupan gula dan karbohidrat

Saat kamu mengonsumsi makanan yang mengandung gula dan karbohidrat, tubuh dengan cepat akan menghancurkannya menjadi molekul-molekul gula berukuran kecil yang masuk ke dalam aliran darah.

Proses tersebut akan menghasilkan kenaikan kadar gula dalam darah yang membuat pankreas memproduksi hormon insulin terus-menerus. Oleh sebab itu, kamu perlu mengurangi gula dan karbohidrat jika tidak ingin terkena penyakit ini.

Berolahraga secara rutin

Dilansir dari healthline.com, aktivitas fisik seperti berolahraga terbukti dapat membantu seseorang terhindar dari penyakit diabetes. Saat berolahraga, insulin menjadi lebih sensitif terhadap sel-sel yang ada di dalam tubuh.

Jadi ketika tubuhmu terus bergerak, tubuh hanya memerlukan sedikit hormon insulin agar menjaga gula darah tetap terkontrol.

Cari aktivitas olahraga yang menyenangkan dan tidak membuat kamu merasa terbebani, ya. Jadi kamu akan semakin bersemangat mencegah diabetes hadir dalam hidupmu.

Minum air putih dengan cukup

Sirup, soda, dan minuman yang mengandung gula lainnya sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi jika kamu ingin mencegah penyakit diabetes.

Air putih adalah minuman paling sehat yang bisa kamu minum sebagai cara mencegah diabetes yang efektif. Kenapa? Karena air putih tidak mengandung gula, pengawet, dan bahan kimia lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes.

Berusaha menurunkan berat badan

Seseorang yang obesitas lebih rentan terkena penyakit diabetes karena tubuhnya mengandung lemak visceral yang berlebihan. Lemak tersebut berisiko menyebabkan tubuh mengalami radang dan kebal terhadap insulin.

Itu lah mengapa penderita obesitas akan diminta menurunkan beratnya untuk mencegah penyakit ini terjadi.

Jangan malas bergerak

Jika seharian kamu banyak menghabiskan waktu dengan duduk atau berdiam diri, maka kamu perlu waspada penyakit diabetes mengintai kesehatanmu.

Sebuah analisis yang melibatkan 47 penelitian mengungkapkan bahwa orang yang tidak banyak bergerak memiliki risiko 91 persen lebih tinggi terkena diabetes dibanding orang yang aktif bergerak.

Jadi ada baiknya untuk mulai rajin bergerak dari sekarang. Kamu bisa memulainya dengan rutin beranjak dari kursi untuk berjalan-jalan selama 5 sampai 10 menit setiap jam.

Optimalkan asupan vitamin D

Apakah kamu tahu kalau vitamin D sangat berperan penting untuk mengontrol kadar gula dalam darah? Ya, sebuah penelitian yang dilansir dari healthline.com menyebutkan bahwa orang yang kekurangan vitamin D sangat berisiko terkena semua tipe penyakit diabetes.

Dilansir dari situs yang sama, sebagian besar lembaga kesehatan bahkan menyarankan kita untuk menjaga asupan vitamin D dalam darah setidaknya 30ng/ml. Sumber vitamin D yang baik di antaranya adalah sinar matahari dan minyak ikan kod.

Jadi cara mencegah diabetes mana yang mau kamu coba terlebih dulu? Apapun itu, tetap semangat menjaga kesehatan ya.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

13 Ways to Prevent Type 2 Diabetes https://www.healthline.com/nutrition/prevent-diabetes#13.-Consider-Taking-These-Natural-Herbs diakses pada 19 Mei 2020

Everything You Need to Know About Diabetes https://www.healthline.com/health/diabetes diakses pada 19 Mei 2020

    Berita Terkait
    register-docotr