Kamus Penyakit

Ada Benjolan di Pergelangan Tangan? Yuk, Simak Apa Saja Penyebabnya!

July 13, 2020 | Dani Kosasih | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Benjolan di pergelangan tangan sering dianggap bukan masalah besar. Karena biasanya benjolan yang muncul tersebut hanya dikaitkan dengan gigitan atau sengatan serangga.

Padahal, benjolan di pergelangan tangan bisa muncul akibat kondisi medis tertentu. Namun, benjolan tersebut lebih sering bersifat jinak atau non-kanker sehingga tidak berbahaya.

Penyebab benjolan di pergelangan tangan

Berikut beberapa kondisi medis yang bisa menjadi penyebab munculnya benjolan di pergelangan tangan:

Penyebab benjolan di pergelangan tangan:

1. Kista

Beberapa jenis penyakit kista berpotensi menjadi penyebab munculnya benjolan di pergelangan tangan, seperti kista ganglion dan kista epidermoid.

Kista ganglion

Melansir National Health Service, kista ganglion biasanya muncul di persendian bagian dalam tubuh. Namun, kasus paling umum terjadi di pergelangan tangan, terutama di belakang pergelangan tangan, lengan dan jari.

Kista ganglion sering dianggap tidak berbahaya, tetapi terkadang bisa menyakitkan. Ukuran kista ganglion dapat bervariasi, mulai dari seukuran kacang polong hingga sebesar bola golf. Gejalanya sendiri mudah terlihat dan terasa seperti benjolan halus di bawah kulit.

Kista ganglion biasanya berisi cairan tebal seperti jeli yang disebut cairan sinovial.

Bagi kista ganglion yang tidak menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan, dapat dibiarkan sendiri tanpa diobati meskipun memakan waktu yang cukup lama.

Kista epidermoid

Kista ini merupakan jenis kista kulit yang paling umum terjadi. Jenis ini juga disebut sebaceous ini ditandai dengan munculnya benjolan di bawah kulit berisi keratin dan bersifat jinak.

Munculnya kista ini disebabkan oleh sel-sel kulit mati yang terjebak di dalam kulit sehingga membentuk sebuah benjolan.

Kista ini bisa muncul di bagian tubuh mana saja, biasanya berupa nodul langsung di bawah kulit dan seringkali memiliki punctum sentral yang terlihat. Ukuran kista ini dapat berkisar dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter dengan diameter berbeda-beda.

Melansir dari The National Library of Medicine (NLM), kista epidermoid memiliki ciri khas adanya titik hitam di tengah benjolan. Selain itu, bila pecah, kista ini akan mengeluarkan cairan kental berwarna kuning dan berbau tidak sedap.

Sama dengan kista ganglion, sebagian besar kasus kista epidermoid tidak membutuhkan pengobatan khusus. Namun, meskipun begitu, kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mencegah kista ini semakin membesar dan menjadi berbahaya.

2. Lipoma

Melansir dari mayoclinic.org, lipoma memiliki karakteristik bentuk yang lunak dan mudah ditekan dengan jari. Lipoma ditandai dengan munculnya benjolan berisi lemak yang biasanya bertumbuh dengan lambat. Paling sering berkembang di antara kulit dan lapisan otot.

Biasanya lipoma muncul di bagian tubuh mana pun. Namun, paling sering di area leher, ketiak dan pergelangan tangan. Lipoma bukanlah jenis kanker dan biasanya tidak berbahaya. Pada umumnya, kasus lipoma tidak membutuhkan perawatan khusus.

Namun, jika semakin merah dan membesar hingga menyebabkan rasa tidak nyaman, kamu bisa mengobatinya dengan beberapa jenis pengobatan. Berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan perawatan secara maksimal.

3. Kutil

Seperti diketahui, kutil salah satu penyebab munculnya benjolan di pergelangan tangan. Kutil termasuk pertumbuhan kulit jinak (bukan kanker) yang muncul ketika virus menginfeksi lapisan atas kulit.

Virus yang menyebabkan kutil disebut human papillomavirus (HPV). Kutil dapat menyebar melalui kontak dengan kulit yang memiliki kutil atau sesuatu yang menyentuh kutil.

Karakteristik kutil biasanya berwarna sama dengan kulit dan terasa kasar serta menonjol kecil seperti daging tumbuh. Pada beberapa kasus, ada juga yang berwarna cokelat kehitaman dan kemerahan.

Sama dengan penyebab yang lain, kondisi kutil biasanya tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, karena kutil mampu menyebar dan menular, ada baiknya kamu mengobati kutil dengan menggunakan salep yang mengandung asam salisilat.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

1. healthline.com (2018). Diakses 8 Juli 2020. https://www.healthline.com/health/cyst

2. medicalnewstoday.com (2020). Diakses 8 Juli 2020. https://www.medicalnewstoday.com/articles/160821

3. ncbi.nlm.nih.gov. Diakses 8 Juli 2020. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK532310/

4. mayoclinic.org. Diakses 8 Juli 2020. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/lipoma/symptoms-causes/syc-20374470

5. aad.org. Diakses 8 Juli 2020. https://www.aad.org/public/diseases/a-z/warts-overview

6. nhs.uk. Diakses 8 Juli 2020. https://www.nhs.uk/conditions/ganglion/

    Berita Terkait
    register-docotr