Kamus Penyakit

Ternyata Inilah Penyebab Badan Gatal-gatal Bentol Tanpa Sebab

May 7, 2020 | Arianti Khairina | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Biasanya kamu akan merasa gatal jika digigit serangga atau disebabkan karena alergi. Namun bagaimana jika badan gatal-gatal bentol tanpa sebab?

Nah seringkali hal ini disepelekan, padahal gatal merupakan kondisi di mana tubuh memberikan reaksi pada suatu hal.

Bahkan terkadang rasa gatalnya berlangsung lama dan menjalar ke wilayah tubuh lainnya. Ketika digaruk, malah membuat rasa gatalnya tersebut semakin parah. Apakah kamu pernah mengalami hal seperti itu?

Apa penyebab badan gatal-gatal tanpa sebab?

Ketika mengalami gigitan serangga, biasanya akan langsung timbul rasa gatal. Hal tersebut merupakan respons tubuh normal untuk melindungi kita dari zat-zat eksternal berbahaya.

Namun perlu juga kamu ketahui bahwa ada beberapa kemungkinan penyebab terjadinya badan gatal-gatal tanpa sebab. Penyebab itu bisa karena kulit kering maupun penyakit lainnya.

Kulit kering bisa menyebabkan badan gatal-gatal tanpa sebab

Walaupun kulit kering, tidak menjadi kondisi medis yang serius, tetapi akan membuat kamu merasa sangat tidak nyaman. Saat kulit kamu menjadi kering, sel-sel akan mengerut, lalu akan mulai timbul keriput dan garis-garis halus.

badan gatal-gatal bentol tanpa sebab
Kulit kering. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Ketika kamu sudah mengalami kondisi seperti itu pasti kulit akan terasa tegang tertarik atau tampak menyusut. Tak hanya itu saja, kamu juga akan melihat timbulnya sisik atau kulit yang mengelupas disertai rasa gatal ringan.

Beberapa faktor penyebab kulit kering ini terjadi bisa karena hasil dari usia tua atau faktor lingkungan.

Salah satunya seperti berada di tempat yang memiliki suhu dingin, menggunakan sabun berbahan keras, dan iritasi akibat produk-produk tertentu yang langsung memberikan reaksi gatal pada kulit.

Seringkali dengan cara menggaruk pada bagian yang gatal akan membuat kita jauh lebih nyaman. Rasa gatal tanpa sebab ini juga kerap dirasakan oleh setiap orang dari berbagai usia.

Penyakit Internal

Namun selain itu ada beberapa jenis gatal yang mungkin belum kalian ketahui. Penting sekali untuk kamu ketahui bahwa tak hanya alergi, bisa jadi kamu memiliki penyakit yang mengakibatkan badan gatal-gatal bentol tanpa sebab lho.

Dilansir dari healthline, berikut ini beberapa penyakit kronis yang ditandai dengan badan gatal-gatal bentol pada tubuh:

1. Penyakit ginjal

Ginjal merupakan salah satu bagian organ vital pada tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring darah dari zat serta senyawa asing dalam tubuh yaitu dari beberapa makanan dan minuman yang kamu konsumsi.

ginjal
Alami penyakit gagal ginjal. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Menurut beberapa penelitian jika kamu menderita penyakit ginjal baik itu yang mayor ataupun minor akan ditandai dengan kulit gatal.

Namun perlu juga diwaspadai jika rasa gatal itu lebih sering timbul dibanding biasanya bisa jadi penyakit tersebut telah mencapai titik kronis. Rasa gatal tersebut timbul diakibatkan oleh racun yang tak mampu disaring ginjal, kemudian menyebar ke seluruh aliran darah.

2. Liver

Hampir sama dengan penyakit gagal ginjal, liver juga salah satu penyakit yang tergolong berbahaya lho.

Disebut sebagai penyakit berbahaya karena peran liver atau hati yang sangatlah penting untuk sistem kerja tubuh yakni sebagai alat ekskresi manusia yang membantu fungsi ginjal untuk memecah senyawa-senyawa yang bersifat racun pada tubuh.

3. Melanoma

Rasa gatal yang sering dirasakan bisa jadi merupakan salah satu gejala dari penyakit Melanoma.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit. Orang yang menderita penyakit ini biasanya kerap merasakan gatal di bagian dada dan kaki.

4. Tiroid

Rasa gatal pada kulit juga bisa menjadi tanda kamu menderita penyakit tiroid juga ditandai dengan rasa gatal pada kulit. Hal ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon tiroid dalam tubuh.

tiroid
Penyakit tiroid. Sumber gambar : https://shutterstock.com

Namun perlu kamu ketahui bahwa ada dua jenis gejala penyakit ini yaitu hipotiroidisme disebabkan karena terlalu rendahnya kadar hormon tiroid pada tubuh dan hipertiroidisme yaitu terlalu tingginya kadar hormon tiroid.

Baca juga : Dapat Mengatasi Alergi, Ini Efek Samping Cetirizine yang Harus Diketahui

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

 

  1. health.harvard.edu (2016) diakses 5 Mei 2020. Itching Without Rash 
  2. healthline.com (2019) diakses 5 Mei 2020. 11 Causes of Itchy Skin Without a Rash

 

    Berita Terkait
    register-docotr