Olahraga

Tidak Sempat Pagi, Olahraga di Malam Hari juga Banyak Manfaatnya! Yuk Simak

August 13, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Belakangan, banyak orang memilih berolahraga pada malam hari karena tidak sempat pada pagi hari seperti yang umumnya dilakukan. Ini tidak salah, karena olahraga malam juga punya manfaat yang baik untuk tubuh.

Apa sajakah manfaat olahraga di malam hari yang bisa kita rasakan? Mari simak lebih lanjut di bawah ini!

Baca Juga: Jenis-jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Lengan dan Perut, Yuk Dicoba!

Manfaat olahraga di malam hari

Seperti yang kita tahu, banyak orang yang mengira bahwa olahraga terbaik adalah dilakukan saat pagi hari. Anggapan itu umum karena cahaya matahari pagi sangat bagus dan udara juga masih segar, belum tercemar polusi. Tapi ternyata olahraga malam hari juga punya berbagai manfaat.

Terutama jika kamu berniat untuk membentuk massa otot. Ada baiknya kamu melakukan olahraga pada malam hari. Ini karena berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sports Science & Medicine, puncak kinerja otot terjadi pada sore dan malam hari. 

Selain itu, ada beberapa lagi manfaat olahraga pada malam hari yang bisa kamu rasakan, seperti:

1. Tidur lebih nyenyak

Banyak yang mengatakan bahwa olahraga di malam hari membuat kita sulit tidur. Padahal, ketika kita melakukan olahraga sebelum tidur, kita akan tidur lebih nyenyak dan lebih lama. Bahkan, olahraga malam bisa membuat kamu lebih cepat untuk tidur. 

Tapi hindarilah olahraga yang terlalu berat, pilih olahraga yang ringan.

2. Kekuatan meningkat

Sebuah penelitian menemukan bahwa fungsi otot dan kekuatan kita meningkat ketika malam hari. Ini memungkinkan kita untuk berolahraga lebih lama karena kamu menggunakan lebih sedikit energi untuk intensitas olahraga yang sama di malam hari dibanding dengan pagi hari.

Artinya, jika kamu melakukan olahraga lari di pagi hari, kamu akan lebih mudah merasa kelelahan dibanding dengan olahraga lari di malam hari.

3. Mengurangi stres

Olahraga malam dapat mengurangi kadar stres kamu setelah seharian bekerja. Hal ini karena kadar endorfin yang dilepaskan ketika kamu berolahraga, endorfin dapat membuat suasana hati lebih baik. Penelitian juga mencatat, bahwa olahraga dapat menangkal stres di kemudian hari.

Kamu juga akan mendapatkan tambahan norepinefrin. Ini membantu kamu untuk mengendalikan pikiran dan emosi.

4. Meningkatkan penyerapan nutrisi

Banyak orang terutama dewasa muda menghindari makan di malam hari dengan alasan takut mengalami penambahan berat badan. Apakah kamu juga begitu?

Ternyata, berdasarkan sebuah pengamatan yang dilakukan pada 2015, makan setelah berolahraga di malam hari membantu tubuh untuk menyerap nutrisi yang kita konsumsi selama tidur.

Olahraga malam bisa menjadi alternatif kamu untuk menghindari penambahan berat badan karena makan malam.

5. Menghilangkan ketegangan otot

Setelah seharian duduk di depan komputer atau laptop pasti membuat otot-otot di leher, bahu, punggung, pinggul kamu menjadi kaku. Olahraga malam dapat membantu kamu untuk menghilangkan ketegangan otot yang kaku.

Kamu bisa pilih yoga sebagai olahraga malam kamu. Latihan yoga sangat bagus untuk melepaskan ketegangan sendi dan otot. Beberapa pose yoga dapat menghilangkan ketegangan.

Baca Juga: Tempat Gym Tutup, Lakukan 5 Olahraga Ini di Rumah agar Tetap Bugar

Jenis olahraga terbaik untuk dilakukan di malam hari

Secara umum, ketika kamu memutuskan untuk melakukan olahraga pada malam hari, sebaiknya pilihlah olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang. Olahraga yang terlalu berat pada malam hari justru dapat membuat kamu sulit tidur nantinya. 

Hal ini karena olahraga berat dapat menstimulasi sistem saraf dan meningkatkan detak jantung kamu terlalu banyak, sehingga kamu sulit tidur.

Penting juga untuk memerhatikan durasi olahraga, setidaknya 1 jam atau paling lambat 90 menit sebelum waktu tidur kamu. Hal ini agar tubuh dapat cukup waktu untuk beristirahat.

Jika kamu berniat untuk olahraga pada malam hari, berikut ini pilihan olahraga yang bisa kamu pilih, seperti:

  • Yoga
  • Berjalan
  • Stretching
  • Berenang santai
  • Bersepeda santai
  • Angkat besi ringan hingga sedang.

Beberapa olahraga berat yang sebaiknya kamu hindari di malam hari, meliputi:

  • Latihan interval intensitas tinggi
  • Angkat beban berat
  • Lompat tali
  • Lap renang.

Olahraga malam bisa menjadi alternatif yang baik untuk kamu yang mungkin tidak bisa olahraga di pagi hari. Kuncinya adalah kamu perlu menemukan kegiatan olahraga yang kamu sukai agar bisa melakukannya secara rutin. 

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar manfaat olahraga malam? Silakan chat langsung dengan dokter kami untuk konsultasi. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2020). Diakses pada 11 Agustus 2020. Can Exercising Before Bed Affect Your Sleep?

South China Moring Post (2019). Diakses pada 11 Agustus 2020. Morning vs evening exercise: one is better for losing weight, the other for performance

Web MD (2007). Diakses pada 11 Agustus 2020. What’s the Best Time to Exercise?

Verywell Fit (2020). Diakses pada 11 Agustus 2020. The Pros and Cons of Nighttime Workouts

Daily Hunt (n.d). Diakses pada 11 Agustus 2020. 7 Benefits Of Exercising Before Bed

Self (2016). Diakses pada 11 Agustus 2020. 3 Reasons Why Working Out At Night Will Help You Tone Up Faster

 

 

    register-docotr