Olahraga

Sakit Kepala Setelah Olahraga, Apakah Ini Normal?

April 4, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Olahraga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, sebagian orang justru mengalami sakit kepala setelah olahraga. Ternyata sakit kepala yang terjadi bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari dehidrasi hingga kondisi tertentu.

Lantas, apakah hal ini berbahaya? Bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca juga: Jangan Dilewatkan! Ini 7 Manfaat Jalan Sehat untuk Tubuh

Penyebab sakit kepala setelah olahraga

Berikut ini adalah beberapa penyebab sakit kelapa setelah olahraga yang perlu kamu ketahui.

1. Dehidrasi

Faktor penyebab sakit kepala setelah olahraga yang pertama adalah dehidrasi. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan dibandingkan dengan yang dibutuhkannya. Ketika berolahraga, kita akan mengeluarkan keringat. Ini termasuk ke dalam kehilangan cairan.

Apabila kamu tidak memenuhi asupan cairan dalam tubuh dengan meminum cukup air sebelum berolahraga, ini dapat membuatmu rentan mengalami dehidrasi. Sakit kepala adalah salah satu gejala dehidrasi.

Adapun beberapa gejala dehidrasi lainnya dapat meliputi peningkatan rasa haus, pusing, kelelahan, hingga kulit dan mulut yang kering.

Cara mengatasi

Penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi biasanya diatasi dengan mengisi kembali cairan dan elektrolit yang hilang. Ini dapat dilakukan dengan meminum cukup air.

Kamu juga dapat mengisi kembali cairan yang hilang dengan meminum air kelapa tanpa tambahan pemanis, ini lebih baik jika dibandingkan dengan mengonsumsi minuman olahraga. Sebab, minuman ini seringkali mengandung gula tambahan yang justru dapat memperparah sakit kepala.

2. Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari juga dapat memicu sakit kepala pada sebagian orang, meskipun mereka tidak sedang berolahraga, terutama pada cuaca yang benar-benar panas.

Cara mengatasi

Jika kamu mengalami sakit kepala setelah olahraga akibat paparan sinar matahari, cobalah untuk berteduh. Meletakan waslap dingin di atas mata dan dahi selama beberapa menit juga dapat membantu untuk meredakan sakit kepala. Tak hanya itu, kamu juga dapat mandi dengan air hangat.

Sebagai cara pencegahan, sebaiknya sebelum pergi ke luar untuk berolahraga gunakanlah kacamata hitam atau topi untuk melindungi wajah dan mata.

3. Gula darah rendah

Sakit kepala setelah olahraga juga dapat disebabkan karena gula darah rendah atau hipoglikemia. Dikutip dari Medical News Today, olahraga membakar kalori, apabila seseorang tidak mencukupi kebutuhan kalorinya sebelum berolahraga, ini dapat menyebabkan kadar gula darah menurun.

Ketika kamu mengonsumsi karbohidrat, tubuh akan mengubahnya menjadi glukosa. Otak mengandalkan suplai glukosa agar dapat berfungsi dengan baik. Jika otak tidak mendapatkan cukup glukosa, ini bisa menimbulkan beberapa gejala, termasuk sakit kepala.

Adapun gejala lain dari kadar gula darah rendah yang perlu diperhatikan yakni:

  • Mual
  • Berkeringat
  • Pusing
  • Gemetar
  • Merasa lapar

Cara mengatasi

Jika kamu mengalami gejala dari gula darah rendah, cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung setidaknya 15 gram karbohidrat, misalnya saja segelas jus buah atau sepotong buah. Ini dapat membantumu meredakan gejala selama beberapa saat.

Untuk mencegah sakit kepala setelah olahraga akibat gula darah rendah. Cobalah untuk mengonsumsi makanan atau camilan bergizi dalam dua jam setelah berolahraga.

Sebaiknya, usahakanlah untuk mengonsumsi protein, karbohidrat kompleks, dan serat. Ini dilakukan untuk membantu menyeimbangkan gula darah.

Baca juga: Hati-hati,Olahraga Berlebihan Bisa Picu Sindrom Overtraining!

4. Postur tubuh yang tidak baik

Postur tubuh yang buruk ketika berolahraga dapat menyebabkan ketegangan otot, yang dapat dengan cepat berubah menjadi sakit kepala, terutama jika kamu melakukan latihan yang fokus pada otot leher dan bahu.

Jika tidak dilakukan dengan benar beberapa latihan dapat menyebabkan ketegangan pada leher, misalnya saja angkat beban, push-up, dan crunch.

Cara mengatasi

Jika olahraga yang kamu lakukan melibatkan hal-hal yang dapat menyebabkan ketegangan pada leher, sebaiknya lakukanlah peregangan ringan setelahnya.

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga dapat membantu untuk meredakan gejala, namun sebaiknya jangan dikonsumsi sembarangan dan berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.

Apakah sakit kepala setelah olahraga berbahaya?

Menurut Healthline, sakit kepala setelah olahraga biasanya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika gejala yang dialami berlangsung parah, terjadi secara tiba-tiba, atau disertai gejala lainnya kamu harus segera mengubungi dokter.

Misalnya, kamu telah melakukan rutinitas olahraga yang sama dalam jangka waktu yang lama tanpa adanya masalah, kemudian tiba-tiba sakit kepala setelah olahraga terjadi, kamu harus menghubungi dokter.

Tak hanya itu, kamu juga perlu segera menghubungi dokter jika sakit kepala tidak kunjung sembuh dan tidak merespons pengobatan apapun.

Demikianlah beberapa informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi sakit kepala setelah olahraga. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kondisi ini jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya!

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2018). Diakses pada 30 Maret 2021. Why Do I Get a Headache After Exercising?

Medical News Today (2019). Diakses pada 30 Maret 2021. What to know about headaches after exercise 

    register-docotr