Olahraga

Meditasi di Rumah? Bisa, Ikuti Panduan Caranya Berikut untuk Tenangkan Pikiran

September 2, 2020 | Putri Prima Soraya | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Meditasi belakangan ini menjadi pilihan untuk menghilangkan rasa stres dan mendapatkan ketenangan. Walau membutuhkan konsentrasi dan ketenangan, bukan berarti meditasi tidak bisa dilakukan di rumah. Ada cara meditasi di rumah yang bisa kamu coba.

Aktivitas meditasi di rumah ini tidak memerlukan peralatan dan biaya khusus. Jika kamu melakukannya secara teratur, akan ada banyak manfaat bagi kesehatan yang akan kamu rasakan. Seperti apa caranya? Mari simak di bawah ini!

Baca Juga: Wabah COVID-19 Bikin Kamu Stres? Coba Tenangkan Diri dengan Metode Mindfulness Practice

Apakah itu meditasi

Meditasi adalah cara kita untuk melatih pikiran sehingga memiliki pandangan yang jernih. Praktik meditasi telah dilakukan sejak ribuan tahun lalu, awalnya meditasi dilakukan sebagai ritual yang sakral.

Tapi hari ini, meditasi digunakan untuk relaksasi dan pengurang stres.

Praktik meditasi juga dipercaya sebagai pengobatan tubuh dan pikiran. Meditasi dapat menghasilkan keadaan relaksasi yang dalam dan pikiran yang tenang. 

Selama meditasi, kamu memusatkan perhatian dan menghilangkan aliran pikiran yang campur aduk yang mungkin memenuhi pikiran dan menyebabkan stres. Proses ini dapat meningkatkan kesehatan fisik dan emosional.

Panduan cara meditasi di rumah

Meditasi identik dengan dilakukan secara berkelompok di alam terbuka yang tenang ditambah dengan musik khusus. Padahal tidak selalu demikian lho, kita bisa melakukan meditasi di mana saja, dan sendirian, termasuk di rumah.

Jika kamu tertarik untuk melakukan meditasi di rumah, cobalah cara meditasi di rumah berikut ini:

1. Memilih metode yang tepat

Cara meditasi di rumah yang pertama adalah memilih metode apa yang tepat untuk kamu. Hal ini penting, karena salah memilih metode justru akan membuat meditasi sebagai kegiatan yang sulit dan kamu tidak akan merasakan manfaatnya.

Ada beberapa metode meditasi yang cocok untuk kamu lakukan di rumah, seperti:

1. Meditasi mantra

Sesuai namanya, selama meditasi kamu akan mengulang kata-kata yang menjadi mantra. Baik itu diucapkan dalam hati atau juga diucapkan secara lantang, dan memutuskannya sebagai perhatian selama meditasi. 

Meditasi mantra tidak hanya membantu menenangkan dan memfokuskan pikiran, tetapi mantra yang kita ucapkan berulang-ulang juga bisa menjadi pernyataan yang kuat atau penegasan hidup untuk mengatur suasana hari kita saat itu.

2. Meditasi musik

Metode meditasi ini kamu akan fokus pada vibrasi dan suara dari musik instrumental. Fokus pikiran kamu sepenuhnya adalah pada musik.

3. Meditasi warna dan chakra

Meditasi ini sedikit lebih sulit karena membutuhkan pengetahuan tentang tujuh cakra tubuh. Chakra digunakan dalam yoga dan meditasi dan mengacu pada tujuh titik di tubuh tempat saraf dan energi bertemu.

Setiap chakra memiliki kualitas tertentu seperti stabilitas, kreativitas, dan cinta, dan melekat pada warna tertentu.

Misalnya, jika kamu ingin membuka hati untuk cinta dan hubungan, kamu akan memfokuskan pikiran dan nafas pada cakra hati atau warna cakra yang sesuai, yaitu hijau.

Saat ini, sangat mudah untuk mengetahui berbagai metode meditasi, dengan bantuan internet. Atau juga meng-install aplikasi meditasi di gawaimu, bisa jadi cara meditasi di rumah terbaik dan praktis.

Jika kamu baru pertama kali, jangan takut untuk mencoba berbagai metode dan temukan yang paling cocok.

2. Tentukan waktu 

Untuk permulaan, cobalah melakukan meditasi selama 5 sampai 10 menit. Lakukanlah secara konsisten terlebih dahulu. Jika kamu sudah bisa konsisten, kamu bisa meningkatkan durasi waktunya. 

Meditasi juga tidak harus dilakukan pada pagi hari, sepulang bekerja juga bisa menjadi waktu yang ideal bagi kamu untuk meditasi. Pilihlah waktu yang memang kamu rasa baik, bisa satu sesi pada pagi hari, dan satu sesi lainnya di malam hari setelah beraktivitas.

3. Cara meditasi di rumah dengan pilih tempat yang sesuai

Menemukan tempat yang tenang dan tidak akan diganggu di rumah mungkin sedikit sulit bagi kamu yang tidak tinggal sendiri. Tapi bukan berarti meditasi tidak bisa dilakukan. Kamu bisa memilih kamar pribadimu, atau halaman belakang bisa menjadi tempat yang sesuai.

Untuk meningkatkan pengalaman meditasi, tidak ada salahnya juga kamu membakar lilin aromaterapi atau juga dupa, putar juga lagu-lagu menenangkan sebagai indikator waktu.

4. Lakukanlah pemanasan terlebih dahulu

Biasanya jika kamu terlalu cemas, dan gelisah, kamu menjadi tidak bisa untuk duduk tenang untuk waktu yang cukup lama. Ada baiknya kamu melakukan beberapa pemanasan terlebih dahulu sebelum meditasi agar lebih rileks. 

5. Temukan posisi yang nyaman termasuk bagian cara meditasi di rumah

Posisi lotus, dengan badan tegak tanpa penyangga adalah posisi meditasi yang paling populer. Tapi bukan berarti kamu harus memaksakan diri melakukan posisi tersebut selama meditasi di rumah. 

Temukanlah posisi meditasi yang nyaman menurut kamu. Kamu bisa meditasi di atas bantal, jika kamu merasa tidak nyaman di lantai, cara meditasi di rumah dengan duduk di atas sofa juga bukan suatu hal yang salah.

Kuncinya adalah menemukan posisi yang memudahkan kamu untuk duduk tegak sambil menjaga leher dan bahu tetap rileks. Duduklah bersila dengan kaki kanan berada di atas, dan hindari bersandar agar kamu tidak tertidur.

6. Posisi tangan

Selain posisi duduk, yang perlu diperhatikan sebagai cara meditasi di rumah adalah posisi tangan. Mungkin kamu sudah sering melihat bagaimana posisi tangan seseorang ketika meditasi, posisi tersebut disebut mudra. Kamu bisa mempraktikan posisi tersebut.

Atau kamu juga bisa hanya sekadar meletakan tangan di atas lutut dengan telapak tangan ke atas atau ke bawah. Itu juga bukan posisi yang salah, intinya adalah temukan bagaimana posisi tangan yang membuat nyaman.

cara meditasi di rumah
Posisi tangan saat menerapkan yoga. Foto: https://www.knowledgepublisher.com

Baca Juga: Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan? Ini Fakta Selengkapnya!

7. Kendalikan fokus

Saat kamu meditasi di rumah, gangguan seperti suara, bau, sensasi ketidaknyamanan, ketegangan, gatal pasti kamu rasakan. Selain itu juga, ada gangguan yang datang dari pikiran kita sendiri, misalnya pikiran tentang pekerjaan.

Untuk membantu pikiran tetap fokus pada saat meditasi, salah satu cara terbaik adalah dengan berfokus pada proses pernapasan. Jika gangguan-gangguan tersebut datang, cobalah kembalikan fokus dengan menarik napas dalam-dalam. 

Menutup mata juga bisa menjadi salah satu cara kamu untuk tetap fokus dan terhindar dari gangguan.

8. Lepaskan pikiran

Meditasi adalah cara untuk mendapatkan ketenangan pikiran, oleh sebab itu cobalah untuk melepaskan segala pikiranmu saat meditasi. Ini juga sebagai cara meditasi di rumah di mana kamu bisa menikmatinya dengan rileks.

Lepaskan segala pikiran yang mengganggu, dan ekspektasi yang menjadi bebanmu.

9. Tutup meditasi dengan rileks

Setelah waktunya selesai, tutuplah meditasi dengan rileks, tariklah napas dalam-dalam dan perlahan. Lalu regangkan tubuh, dan buka mata.

Itulah cara meditasi di rumah yang tidak ada salahnya kamu coba untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan menghilangkan emosi negatif dalam diri.

Cobalah lakukan meditasi sebagai bagian dari rutinitas harian dengan konsisten agar kamu benar-benar mendapatkan manfaat positif dari meditasi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Mayo Clinic (2020). Diakses pada 30 Agustus 2020. Meditation: A simple, fast way to reduce stress

Verywell Mind (2020). Diakses pada 30 Agustus 2020. Meditation for Beginners

Showbiz Cheetset (2017). Diakses pada 30 Agustus 2020. 5 Types of Meditation You Can Do at Home

Womansday (2020). Diakses pada 30 Agustus 2020. How to Meditate at Home, Where It May Be Harder to Concentrate

Mindwork (n.d). Diakses pada 30 Agustus 2020. How to Do Meditation at Home

Keen (n.d). Diakses pada 30 Agustus 2020. How to Meditate at Home

    Berita Terkait
    register-docotr