Kamus Obat

Yuk, Kenali Obat Amandel, dari Bahan Alami hingga Pengobatan Medis

January 17, 2021 | Husni Efendi | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Meski umum terjadi pada anak-anak, radang amandel juga bisa menyerang orang dewasa, dan bisa terasa sangat tidak nyaman.

Nah, sebelum lebih lanjut membahas tentang obat radang amandel, yuk cari tahu dulu apa itu radang amandel dan seperti apa ciri-ciri radang amandel? Berikut ulasan selengkapnya

Apa itu radang amandel?

Radang amandel atau dalam istilah medis disebut tonsilitis adalah kondisi di mana amandel terinfeksi. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus.

Secara umum ada tiga jenis radang amandel, yaitu akut, kronis dan berulang. Pada amandel akut biasanya berlangsung sekitar 10 hari, sementara jenis kronis biasanya berlangsung lebih lama. 

Sementara jenis berulang adalah tonsilitis yang terjadi beberapa kali. Salah satu indikator tonsilitis yakni terjadi setidaknya 5 hingga 7 kali dalam setahun.

Berikut adalah ciri-ciri radang amandel secara umum:

  • Sakit tenggorokan 
  • Nyeri saat menelan
  • Bau mulut 
  • Suara serak atau parau
  • Demam
  • Panas dingin
  • Sakit telinga
  • Sakit kepala
  • Leher kaku
  • Sakit perut
  • Nyeri rahang dan leher karena radang amandel membuat kelenjar getah bening bengkak
  • Ciri-ciri radang amandel yang khas adalah amandel yang tampak merah dan bengkak
  • Serta amandel terlihat berbintik kuning atau putih

Sementara ciri-ciri radang amandel pada anak, yakni anak menjadi lebih mudah marah, lebih sulit makan atau kehilangan nafsu makan dan air liur yang berlebihan. 

Jika kamu mengalami ciri-ciri radang amandel tersebut, kamu bisa mencoba obat alami atau perawatan rumahan, namun jika kondisi tidak membaik, kamu bisa konsultasi lebih lanjut ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Pilihan obat alami atau obat amandel di apotik akan membantu kamu untuk mengatasi bengkak dan rasa sakit akibat radang amandel. Berikut beberapa pilihan obat, mulai dari obat alami hingga tindakan medis untuk tonsilitis.

Baca Juga: Penuh Serat dan Protein, Ini Mengapa Quinoa Wajib Masuk dalam Diet Harian Kamu

Obat alami untuk amandel

Beberapa orang bisa sembuh dengan sendirinya atau dengan perawatan di rumah, namun ada juga yang perlu tindakan khusus. Ada sejumlah perawatan rumahan yang dapat mengobati atau mengurangi gejala radang amandel secara efektif, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Berkumur dengan air garam untuk obat amandel

Salah satu obat alami untuk amandel adalah air garam. Berkumur dengan air garam atau air asin hangat dapat menjadi obat amandel bengkak. Ini juga membantu meredakan sakit tenggorokan dan nyeri yang disebabkan oleh tonsilitis.

Aduk sekitar 1/2 sendok teh garam dalam sekitar 4 ons air hangat, aduk sampai garam larut. Kamu bisa berkumur selama beberapa detik dan kemudian memuntahkannya, untuk selanjutnya berkumur dengan air biasa.

2. Permen pelega tenggorokan (lozenges)

Lozenges adalah tablet obat kecil, biasanya dalam bentuk permen, untuk pelega tenggorokan dan dapat digunakan sebagai obat amandel bengkak. Beberapa tablet atau permen ini diciptakan dengan bahan bersifat anti-inflamasi alami, atau bahan yang dapat meredakan rasa sakit tenggorokan.

Lozenges yang mengandung akar manis biasanya memiliki manfaat anti-inflamasi kuat, membantu meredakan ketidaknyamanan dan pembengkakkan pada amandel dan tenggorokan.

Namun demikian, lozenges tidak bisa digunakan untuk obat amandel untuk anak. Karena risiko tersedak. Sebaiknya gunakan semprotan tenggorokan sebagai obat amandel untuk anak.

3. Teh hangat dengan madu mentah

Minuman hangat seperti teh bisa menjadi obat radang amandel yang baik. Teh dapat menjadi obat amandel herbal, karena membantu mengurangi ketidaknyamanan yang terjadi akibat radang amandel.

Madu mentah juga bisa menjadi pilihan obat amandel herbal, yang penggunaannya ditambahkan ke dalam teh. Madu dipercaya memiliki sifat anti-bakteri kuat, serta membantu mengobati infeksi.

Kamu bisa minum teh hangat, dengan adukan madu. Teh dengan campuran herbal tertentu juga dapat memperkuat manfaat, misalnya teh dan jahe.

Campuran obat amandel herbal tersebut memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat. Kamu juga bisa menyampurkan teh dengan adas yang dapat membantu mengurangi peradangan.

4. Es krim atau minuman beku sebagai obat alami untuk amandel

Sifat dingin bisa turut efektif dalam mengobati rasa sakit, peradangan, dan pembengkakkan yang menyertai radang amandel. Karena itu es krim, es batu, atau minuman beku bisa menjadi obat amandel untuk anak. Ini bisa jadi alternatif jika anak tidak mau menggunakan pengobatan lainnya.

Mengobati amandel dengan es krim ini bukan cuma buat anak kecil loh. Orang dewasa juga dapat memanfaatkan es krim atau minuman beku ini untuk mengatasi amandel.

5. Alat pelembap udara

Obat amandel bengkak akibat peradangan lainnya yang bisa kamu terapkan adalah alat pelembap udara alias humidifier. Ini dapat membantu meredakan sakit tenggorokan apabila udara sekitar kamu kering, atau kamu mengalami mulut kering akibat radang amandel.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan, dan alat pelembap udara dapat membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan dengan menambahkan kelembapan kembali ke udara.

Jaga kelembapan udara di sekitar kamu pada saat diperlukan, terutama ketika kamu tidur di malam hari sampai radang amandel mereda.

Untuk mendukung perawatan di rumah, kamu juga perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  • Cukup istirahat
  • Memastikan cairan cukup, untuk menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah dehidrasi
  • Mengonsumsi makanan atau minuman teh hangat dengan madu, es, dan lainnya
  • Jaga rumah kamu bebas dari asap rokok dan produk lain yang dapat mengiritasi tenggorokan

Baca Juga: Hati-hati, Ini Risiko Jika Kamu Paksa Membesarkan Ukuran Penis

Obat dengan resep dokter atau tindakan medis

Pada kondisi tertentu, perawatan di rumah mungkin tidak cukup, dan kamu perlu obat-obatan khusus, atau tindakan medis lainnya, seperti berikut:

obat amandel
Obat radang amandel. Sumber foto: www.healthdirect.gov.au

Obat-obatan medis

Obat radang amandel akan tergantung pada apa yang menyebabkan radang pada amandel kamu. Misalnya untuk radang amandel yang disebabkan bakteri, biasanya dokter akan meresepkan antibiotik.

Penicillin yang diminum selama 10 hari adalah contoh pengobatan antibiotik paling umum diresepkan sebagai obat amandel tanpa operasi, yang disebabkan oleh infeksi bakteri (streptokokus grup A)

Sedangkan radang amandel yang disebabkan virus, biasanya perlu menjalankan program khusus, dan kamu perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Biasanya dokter akan menunggu hasil tes untuk mengetahui pasti jenis radang amandel yang kamu miliki.

Untuk meringankan rasa sakit akibat radang amandel dengan infeksi virus, dokter kemungkinan akan merekomendasikan pereda sakit. Pereda sakit ini termasuk obat amandel di apotik, seperti acetaminophen (Tylenol) atau ibuprofen (Advil). Keduanya termasuk obat yang bisa dibeli tanpa resep dokter.

Obat amandel tanpa operasi ini biasanya akan menentukan tindakan selanjutnya. Jika ternyata kondisi tidak membaik, maka dapat dilakukan operasi amandel. 

Operasi pengangkatan

Dokter mungkin baru akan menyarankan operasi pengangkatan, hanya jika kondisi tonsilitis terlihat parah atau tidak membaik meski sudah mengonsumsi obat. Atau terjadi kondisi peradangan berulang.

Pertimbangan lain bisa karena telah menyebabkan masalah lainnya, seperti masalah bernapas dan infeksi menyebar ke daerah lain, maka operasi adalah pengobatan yang direkomendasikan.

Beberapa metode operasi di antaranya menggunakan laser, gelombang radio, energi ultrasonik, hingga jarum panas.

Yang perlu digarisbawahi, operasi pengangkatan adalah opsi paling terakhir, sebab implikasi negatif dan dampak jangka panjang dari operasi betul-betul harus dihindari dan diperhatikan.

Pencegahan radang amandel

Mencuci tangan adalah hal penting dalam membantu mencegah penyebaran virus dan bakteri yang menyebabkan radang amandel.

Selain itu, kamu juga bisa menghindari kontak dekat dengan siapa pun yang sedang mengalami tonsilitis dan belum meminum obat atau belum sembuh.

Demikian informasi tentang pilihan pengobatan tonsilitis, mulai dari pilihan obat alami, obat medis tanpa operasi, hingga prosedur operasi. 

Punya pertanyaan lain seputar kesehatan? Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
    Berita Terkait
    register-docotr