Kamus Obat

Neomycin

April 9, 2021 | Arin Khurota | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Neomycin (neomisin) merupakan golongan obat antibiotik dalam kelompok aminoglikosida yang diperoleh dari bakteri Streptomyces fradiae.

Berikut informasi selengkapnya mengenai Neomycin, manfaat, dosis, cara pakai, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat neomycin?

Neomycin adalah obat antibiotik yang digunakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri.

Neomycin tersedia sebagai sediaan oral yang diminum melalui mulut. Beberapa merek obat tersedia sebagai sediaan topikal, termasuk krim, salep, dan obat tetes mata. Umumnya obat topikal dijumpai dalam bentuk sediaan kombinasi dengan obat lain untuk mencegah resistansi.

Apa fungsi dan manfaat obat neomycin?

Neomycin memiliki fungsi kerja dengan mengikatkan diri pada ribosom sel-sel bakteri sehingga biosintesis proteinnya dikacaukan. Akibatnya, bakteri tidak dapat berkembang dengan baik dan akhirnya mati.

Efek obat biasanya bekerja setelah satu hingga empat hari pengobatan. Berdasarkan sifatnya, neomycin secara khusus memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan berikut:

Ensefalopati hepatik

Gangguan ensefalopati hepatik merupakan kondisi hilangnya fungsi otak sebagai akibat kegagalan pembuangan racun dari darah akibat kerusakan hati. Gangguan hati dapat membuat hati tidak bisa mengeluarkan amonia dan zat berbahaya lainnya.

Neomycin dapat diberikan sebagai perawatan untuk pasien dengan ensefalopati hepatik. Obat ini baik digunakan sebagai antibiotik usus karena aktif terhadap bakteri usus. Sifat inilah yang membuatnya digunakan untuk menghambat bakteri pembentuk amonia di saluran gastrointestinal.

Perawatan dengan obat ini diharapkan mampu menurunkan amonia darah sehingga mendukung perbaikan neurologis (sel saraf).

Profilaksis perioperatif

Neomycin dapat digunakan untuk membersihkan usus besar dalam prosedur pra-operasi pada pasien yang akan menjalani operasi kolorektal.

Masalah kulit

Sediaan neomycin topikal dapat digunakan untuk mengobati berbagai infeksi kulit karena bakteri. Biasanya, sediaan topikal merupakan obat kombinasi dengan agen antibakteri lain untuk meminimalkan risiko resistansi. Beberapa merek obat topikal juga tersedia tanpa resep.

Obat ini juga tersedia dalam kombinasi dengan obat-obatan kortikosteroid untuk kondisi infeksi yang merespons pengobatan kortikosteroid.

Bagaimana cara pakai obat neomycin?

Baca dan ikuti aturan pemakaian serta dosis yang tertera di kemasan resep obat atau berdasarkan aturan dari dokter. Sediaan neomycin oral sebaiknya tidak dikonsumsi untuk jangka panjang atau lebih dari dua minggu.

Minum obat untuk jangka waktu penuh yang telah ditentukan. Jangan menghentikan pengobatan saat dosis obat masih tersisa karena dapat menyebabkan resistansi. Tetap minum obat meskipun kamu merasa sudah sembuh.

Sediaan oral bisa kamu minum dengan atau tanpa makanan. Apabila kamu memiliki gangguan gastrointestinal atau merasa mual saat menelan obat, kamu bisa meminumnya bersama dengan makanan.

Untuk sediaan topikal, kamu bisa mengoleskan obat ke area kulit yang ingin diobati setelah kulit dibersihkan. Atau kamu bisa mengoleskannya setiap selesai mandi.

Untuk memastikan obat tidak menyebabkan efek berbahaya, kamu mungkin perlu memeriksakan fungsi ginjal, fungsi saraf dan otot. Kamu mungkin juga membutuhkan tes pendengaran karena obat ini memiliki efek samping berisiko selama penggunaan jangka panjang.

Setelah digunakan, kamu bisa menyimpan neomycin pada suhu kamar terhindar dari kelembapan dan panas matahari.

Berapa dosis obat neomycin?

Dosis dewasa

Ensefalopati hati

  • Dosis lazim sebagai terapi tambahan: 4 hingga 12 gram per hari diberikan dosis terbagi selama 5 sampai 7 hari.
  • Untuk kondisi insufisiensi hati kronis, dapat diberikan dosis 4 gram setiap hari selama waktu yang tidak ditentukan.

Pengosongan isi usus pra-operasi

Dosis lazim: 1 gram tiap jam selama 4 jam lalu tiap 4 jam selama 2 hingga 3 hari sebelum pembedahan.

Infeksi kulit

Dosis lazim sebagai sediaan topikal: oleskan ke area yang ingin diobati dua kali sehari setelah dibersihkan.

Dosis anak

Ensefalopati hati

Dosis lazim sebagai terapi tambahan: 50mg hingga 100mg per kg berat badan per hari dalam dosis terbagi selama 5 hingga 7 hari.

Pengosongan isi usus pra-operasi

  • Dosis lazim untuk anak usia 6 hingga 12 tahun: 250mg sampai 500mg tiap 4 jam selama 2 hingga 3 hari sebelum operasi.
  • Usia di atas 12 tahun dapat diberikan dosis 1 gram tiap 4 jam selama 2 hingga 3 hari sebelum pembedahan.

Infeksi kulit

Dosis lazim untuk anak usia di atas 2 tahun dapat diberikan dosis sama dengan dosis dewasa.

Apakah neomycin aman untuk ibu hamil dan menyusui?

U.S. Food and Drug Administration (FDA) memasukkan neomycin dalam golongan obat kategori kehamilan D.

Studi penelitian telah menunjukkan bahwa neomycin dapat menyebabkan efek merugikan pada janin wanita hamil. Namun, penggunaan obat dapat dilakukan untuk kondisi darurat tertentu yang mengancam jiwa.

Obat ini belum diketahui apakah dapat terserap dalam ASI sehingga belum diketahui mengenai pengaruhnya pada bayi yang menyusu. Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter sebelum menggunakan obat ini.

Apa efek samping obat neomycin yang mungkin terjadi?

Hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter apabila muncul reaksi efek samping berikut setelah kamu menggunakan neomycin:

  • Tanda-tanda reaksi alergi terhadap neomycin, seperti gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Gangguan pendengaran, telinga berdenging, atau telinga terasa penuh.
  • Vertigo, mual, perasaan seperti akan pingsan
  • Gangguan keseimbangan atau koordinasi
  • Kesulitan berjalan
  • Mati rasa
  • Otot berkedut
  • Kejang
  • Buang air kecil lebih sedikit dari biasanya atau tidak bisa buang air kecil sama sekali
  • Mengantuk, kebingungan, perubahan suasana hati, peningkatan rasa haus, kehilangan nafsu makan, mual dan muntah
  • Berat badan bertambah
  • Pernapasan lemah atau dangkal
  • Kram perut yang parah
  • Diare yang berair atau berdarah.

Peringatan dan perhatian

Kamu tidak boleh menggunakan obat ini apabila sebelumnya pernah mengalami alergi terhadap neomycin atau antibiotik serupa seperti amikacin, gentamicin, kanamycin, streptomycin, dan lain-lain.

Kamu juga tidak boleh mengonsumsi neomycin apabila kamu memiliki riwayat penyakit kolitis ulserativa, penyakit Crohn, penyumbatan di usus, atau penyakit radang usus lainnya.

Beritahu dokter apakah kamu aman menggunakan neomycin apabila memiliki riwayat penyakit berikut:

Beritahu dokter apabila kamu sedang hamil atau sedang menyusui bayi sebelum mengonsumsi obat ini.

Penggunaan obat dalam jangka panjang perlu pengawasan dari dokter. Dosis tinggi atau penggunaan neomycin jangka panjang dapat menyebabkan masalah ginjal yang serius atau gangguan pendengaran yang mungkin tidak dapat disembuhkan.

Interaksi dengan obat lain

Neomycin dapat membahayakan ginjal dan efeknya dapat meningkat jika kamu juga menggunakan obat-obatan tertentu yang berbahaya bagi ginjal. Sebelum menggunakan neomycin, beritahu dokter mengenai semua obat antibiotik yang kamu gunakan. Beritahu juga pada dokter mengenai obat-obatan yang sedang kamu gunakan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Drugsite Trust, diakses pada 18 Maret 2021, Neomycin monograph

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 18 Maret 2021, Neomycin | C23H46N6O13 – PubChem

MedlinePlus – Health Information from the National Library of Medicine, diakses pada 18 Maret 2021, Neomycin Topical: MedlinePlus Drug Information

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 18 Maret 2021, Neomycin: Indication, Dosage, Side Effect

Pusat Informasi Obat Nasional (Pionas), diakses pada 18 Maret 2021, NEOMISIN | PIO Nas

    register-docotr