Kamus Obat

Dexpanthenol

April 3, 2021 | Arin Khurota | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Dexpanthenol merupakan senyawa yang memiliki struktur kimia mirip dengan alkohol. Senyawa ini termasuk obat yang dapat kamu jumpai dalam beberapa sediaan kosmetik, suplemen makanan, dan beberapa produk higienis.

Senyawa ini termasuk turunan dari panthenol atau juga dikenal sebagai turunan dari vitamin B5 yang tidak berwarna atau sedikit kekuningan. Berikut informasi selengkapnya mengenai obat dexpanthenol, manfaat, dosis, cara pakai, serta risiko efek samping yang mungkin terjadi.

Untuk apa obat dexpanthenol?

Dexpanthenol adalah obat emolien yang digunakan untuk melembapkan kulit. Beberapa sediaan topikal yang mengandung obat ini diformulasikan untuk mencegah kulit kering, mengurangi rasa gatal, dan iritasi kulit.

Dexpanthenol juga tersedia sebagai sediaan injeksi steril yang diindikasikan untuk digunakan sebagai stimulan gastrointestinal.

Apa fungsi dan manfaat obat dexpanthenol?

Dexpanthenol berfungsi sebagai pelembap sekaligus sebagai agen yang melembutkan, menenangkan, dan mencegah iritasi pada kulit. Obat ini bekerja dengan cara bertindak sebagai penghalang terhadap iritasi dan kehilangan air sehingga kulit tetap lembap dan terlindungi.

Secara khusus, dexpanthenol memiliki manfaat untuk mengatasi beberapa kondisi kesehatan berikut:

Masalah kulit

Sediaan topikal dari dexpanthenol umumnya terdapat dalam beberapa produk kosmetik kecantikan, terutama sebagai pelembap. Sifat emolien yang dimilikinya dapat membantu melembutkan dan melembapkan kulit. Selain itu, obat ini juga akan mengurangi rasa gatal dan pengelupasan.

Beberapa produk yang dikombinasikan dengan seng oksida atau petrolatum putih umumnya digunakan untuk melindungi kulit dari iritasi. Obat ini memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat digunakan untuk menenangkan:

  • Ruam kulit merah dan urtikaria
  • Peradangan luka kecil, luka karena gigitan serangga atau iritasi karena mencukur
  • Membantu penyembuhan luka, serta iritasi kulit lainnya seperti eksim.

Emolien atau pelembap dari obat ini bekerja dengan cara membentuk lapisan berminyak di bagian atas kulit sehingga dapat memerangkap air. Beberapa sediaan dikombinasikan khusus dengan senyawa yang mampu menarik air ke lapisan luar kulit, seperti gliserin, lesitin, dan propilen glikol.

Produk dari kombinasi senyawa tersebut dapat membantu sel kulit mati terlepas, membantu kulit menahan lebih banyak air, dan membuat kulit terasa lebih halus dan lembut.

Mencegah atau mengontrol atonia gastrointestinal

Dexpanthenol yang diformulasikan sebagai infus atau injeksi dapat digunakan segera setelah operasi perut besar. Obat ini diberikan terutama sebagai profilaksis serta meminimalkan risiko ileus paralitis (kelumpuhan usus).

Indikasi untuk mencegah atau mengendalikan atonia gastrointestinal telah dilakukan, tetapi nilai terapi obat belum ditetapkan secara resmi.

Bagaimana cara pakai obat dexpanthenol?

Baca dan ikuti petunjuk cara pakai serta dosis yang telah ditentukan pada kemasan obat atau atas arahan khusus dari dokter.

Untuk sediaan salep, kamu bisa mengoleskan secukupnya sesuai dosis ke area yang ingin diobati. Penggunaan obat biasanya ditentukan sesuai kebutuhan. Untuk merawat kulit tangan yang kering, kamu bisa mengaplikasikan obat setiap selesai mencuci tangan sesuai dosis.

Gunakan obat secara teratur dan dalam waktu yang sama setiap hari untuk mendapatkan efek terapi yang maksimal dari obat. Untuk mengaplikasikan obat sebagai pelembab, kamu bisa menggunakannya setiap selesai mandi.

Konsultasikan kembali dengan dokter apabila gejala yang kamu alami tidak membaik atau bahkan memburuk setelah satu minggu menggunakan obat ini.

Kamu bisa menyimpan obat dexpanthenol pada suhu sejuk, jauh dari kelembapan dan paparan sinar matahari setelah digunakan.

Berapa dosis obat dexpanthenol?

Dosis dewasa

Dosis untuk mencegah atau mengontrol atonia gastrointestinal

Pencegahan ileus paralitis pasca operasi: 250mg (1mL) atau 500mg (2mL) secara intramuskuler. Ulangi dalam 2 jam dan kemudian setiap 6 jam hingga risiko ileus paralitis menjadi minimal.

Pengobatan ileus paralitis: 500 mg (2 mL) secara intramuskuler. Ulangi dalam 2 jam dan kemudian setiap 6 jam sesuai kebutuhan.

Pemberian intravena: injeksi dexpanthenol 2 mL (500 mg) dapat dicampur dengan larutan intravena massal seperti glukosa atau Ringer Laktat dan diinfuskan perlahan secara intravena.

Produk obat parenteral (suntikan) harus diperiksa secara visual untuk zat partikulat dan perubahan warna sebelum diberikan.

Dosis untuk mengatasi kondisi inflamasi pada kulit

Sediaan sebagai salep, krim, atau sediaan topikal lain cukup dioleskan ke area yang terkena sesuai dosis yang dibutuhkan. Biasanya obat diberikan sesuai anjuran dokter.

Apakah dexpanthenol aman untuk ibu hamil dan menyusui?

U.S. Food and Drug Administration (FDA) memasukkan sediaan dexpanthenol injeksi dalam golongan obat kategori kehamilan C.

Sediaan obat dexpanthenol, baik injeksi atau topikal, belum diketahui apakah dapat terserap dalam ASI. Pastikan kamu berkonsultasi lebih lanjut mengenai keamanan penggunaan obat, terutama saat sedang hamil atau menyusui bayi.

Apa efek samping obat dexpanthenol yang mungkin terjadi?

Beberapa efek samping dari obat dapat terjadi karena penggunaan obat yang tidak tepat atau karena respons dari tubuh pasien. Berikut efek samping dexpanthenol yang mungkin muncul:

  • Reaksi hipersensitivitas, seperti gatal-gatal, kesemutan, kesulitan bernapas, bercak merah pada kulit,
  • Muntah dan diare setelah obat diberikan

Hentikan pemakaian obat dan hubungi dokter apabila muncul efek samping serius lain yang mungkin tidak tercantum setelah kamu menggunakan dexpanthenol.

Peringatan dan perhatian

Jangan menggunakan obat ini apabila kamu memiliki riwayat alergi dengan dexpanthenol atau produk serupa, seperti asam pantothenate (vitamin B5).

Kamu mungkin juga tidak dapat menggunakan dexpanthenol apabila memiliki riwayat hemofilia atau kelainan ileus akibat obstruksi mekanis.

Efektivitas dan keamanan obat pada anak-anak masih belum ditentukan. Pastikan kamu berkonsultasi lebih dulu dengan dokter dan apoteker sebelum memberikan obat ini pada anak-anak.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses pada 15 Maret 2021, Dexpanthenol | C9H19NO4 – PubChem

Healthline Media, Inc, diakses pada 15 Maret 2021, Panthenol: Hair, Skin, Uses, Side Effects, Benefits, and More

DrugBank Online, diakses pada 15 Maret 2021, Dexpanthenol

The Monthly Index of Medical Specialities (MIMS), diakses pada 15 Maret 2021, Dexpanthenol – MIMS.com

Drugsite Trust, diakses pada 15 Maret 2021, Dexpanthenol Monograph

    register-docotr