Diet dan Nutrisi

Yuk, Kenali Beragam Manfaat Minum Air Putih Hangat untuk Kesehatan

September 7, 2020 | Dani Kosasih | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Manfaat minum air putih hangat dipercaya sangat baik bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi air ini saat pagi hari dan sebelum tidur juga banyak dilakukan oleh mereka yang ingin memulai aktivitasnya dengan segar.

Menurut Kementerian Kesehatan, air yang sehat adalah air hangat yang jernih dan sudah melalui proses pemasakan sehingga kuman dan bakteri di dalamnya mati.

Manfaat minum air putih hangat untuk kesehatan

Sebuah penelitian menyarankan agar mengonsumsi air hangat dalam takaran suhu antara 48 derajat Celcius dan 160 derajat Celcius.

Nah, berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi air hangat.

Sebagai bahan detoksifikasi yang alami

Banyak dokter memberikan saran agar selalu mengonsumsi air hangat sebagai bahan alami untuk melakukan detoksifikasi.

Karena detoksifikasi merupakan cara yang tepat untuk mengeluarkan racun dalam tubuh yang biasanya banyak tersimpan di dalam usus.

Membantu pergerakan usus

Rutin mengonsumsi air hangat setiap pagi sehabis bangun tidur dipercaya mampu mencegah dehidrasi dan menguraikan sari makanan yang masih menempel di organ pencernaan.

Air hangat juga bisa membuat partikel makanan menjadi lebih lembut, sehingga membuat pergerakan usus menjadi lebih lancar.

Manfaat minum air putih hangat untuk melancarkan pencernaan

Mengonsumsi air hangat setelah mengonsumsi sesuatu dipercaya mampu membantu melancarakan saluran pencernaan.

Meredakan hidung tersumbat

Satu cangkir air hangat pasti akan mengeluarkan uap. Menghirup uap dari air panas saat kamu akan meminumnya mampu membantu melonggarkan sinus yang tersumbat dan bahkan meringankan sakit kepala akibat sinus.

Mengonsumsi air panas juga dapat membantu menghangatkan daerah yang memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas. Sehingga mengurangi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penumpukan lendir.

Membuat sistem saraf pusat menjadi lebih tenang

Mengonsumsi air hangat dapat menenangkan sistem saraf pusat. Air hangat membantu mempersiapkan saraf untuk menerima reaksi yang sehat dan lebih terkontrol.

Akibatnya, kamu akan merasakan lebih sedikit rasa sakit. Selain itu, air hangat juga mampu membuat saraf menajdi lebih tenang sehingga meminimalkan serangan panik yang kamu alami.

Membantu meringankan kondisi sembelit

Mengonsumsi air hangat secara rutin atau hanya saat sembelit dipercaya mampu membantu usus untuk berkontraksi.

Saat berkontraksi, sisa-sisa makanan yang sudah tersimpan lama dan terperangkap di dalam usus menjadi lebih mudah keluar dari dalam tubuh.

Membuat tubuh tetap terhidrasi

Sama dengan air biasa dengan suhu normal, air hangat juga mampu menjaga kamu tetap terhidrasi.

Melansir laman healthline.com, jumlah konsumsi air yang direkomendasikan adalah delapan gelas 8 atau sekitar 2 liter air sehari.

Meredakan rasa gatal di tenggorokan

Saat batuk, kamu akan merasakan gatal dan serak pada tenggorokan. Kondisi ini biasanya terjadi karena di dalam tenggorokan terdapat virus batuk yang menyebabkan rasa gatal.

Meminum segelas air hangat bisa meredakan rasa gatal ini. Rasa hangat dari air dipercaya mampu menetralisir virus batuk yang ada di dalam tenggorokan.

Menurunkan berat badan

Mengonsumsi air hangat dipercaya mampu menurunkan berat badan. Karena air hangat bermanfaat untuk membuat metabolisme di dalam tubuh menjadi lebih sehat.

Selain itu, air hangat juga mampu menjaga kesehatan usus sehingga kotoran yang tersimpan dalam usus mampu dikeluarkan hingga membuat berat badan menjadi turun.

Meringankan nyeri perut akibat menstruasi

Saat berada pada periode menstruasi, rahim sedang berusaha mengeluarkan darah kotor yang melekat pada dindingnya.

Proses pelepasan sel darah kotor dari dinding rahim ini banyak dianggap sebagai penyebab timbulnya kram atau nyeri pada perut saat menstruasi.

Mengonsumsi air hangat mampu membuat darah kotor yang menempel pada dinding rahim terlepas dengan mudah secara sempurna dan rasa nyeri pada perut menjadi berkurang.

Melancarkan peredaran darah

Mengonsumsi air hangat mampu melancarkan peredaran darah di dalam tubuh. Air hangat dipercaya memiliki khasiat untuk melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah di seluruh tubuh menjadi lancar.

Membantu mengurangi racun dalam tubuh

Mengonsumsi air hangat mampu meningkatkan suhu tubuh bagian dalam. Saat suhu tubuh bagian dalam meningkat, sistem endokrin pada tubuh akan aktif dan tubuh akan mulai mengeluarkan keringat. Saat kamu berkeringat itulah racun-racun dalam tubuh dikeluarkan.

Air lemon hangat

Ada sebagian orang yang merasa mual jika harus meminum air putih hangat. Untuk mengakalinya kamu bisa membuat air lemon hangat. Dilansir dari Marinweightloss, minum air lemon hangat di pagi hari dapat membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar.

Seperti yang kamu tahu, saat tidur di malam hari tubuh beristirahat dan tidak mendapat asupan cairan sama sekali. Dengan meminum air lemon hangat, tubuh akan mendapat cairan yang bisa membantu kamu bangun dengan segar.  

Air lemon hangat juga merupakan penguat kekebalan tubuh yang alami. Kandungan vitamin C, magnesium, dan potasium dari dalam lemon akan membuat tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik. Dengan begitu tubuh pun akan menjadi lebih kuat terhadap serangan virus.

Untuk membuat air lemon hangat, cukup peras 1 buah lemon dengan 1 gelas air hangat. Campurkan sampat larutan merata, dan minum dalam keadaan perut kosong setelah bangun tidur setiap hari.

Air hangat dan garam

Selain air lemon hangat, paduan antara air hangat dengan garam juga memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Salah satu yang paling umum diketahui adalah meredakan radang tenggorokan.

Menurut Webmd, saat kamu meminum larutan ini, secara tidak langsung kamu telah menciptakan lapisan garam di tenggorokan. Lapisan tersebut berfungsi untuk melembapkan dan membersihkan tenggorokan dari virus.

Minum air hangat pagi hari

Manfaat minum air hangat akan terasa lebih optimal jika dilakukan di pagi hari. Bukan hanya akan membantu menghancurkan partikel lemak dan makanan. Ini juga sangat berguna bagi sistem pencernaan karena dapat membuat kerja usus menjadi lebih ringan.

Rutinitas minum air hangat di pagi hari sebanyak 1 atau 2 gelas sebelum makan juga diketahui bisa mencegah kamu mengalami sembelit dan berbagai gangguan kesehatan lainnya.

Air madu hangat

Manfaat minum air hangat selanjutnya datang jika kamu mencampurkannya dengan madu.

Madu sendiri sudah lama dikenal sebagai cairan yang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Adapun menurut Femina, paduan keduanya dapat meredakan batuk, membantu menurunkan berat badan, sampai membuat kulit terlihat lebih cerah dan cerah.

Efek minum air hangat

Manfaat minum air hangat ternyata banyak sekali, ya? Walaupun secara umum meminum air dalam suhu dingin, ruangan, maupun hangat memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun jika dibedah lebih rinci, dilansir dari Healthline, efek minum air hangat memiliki kelebihan sebagai berikut:

  1. Mengatasi hidung tersumbat
  2. Membantu pencernaan
  3. Meningkatkan fungsi sistem saraf pusat
  4. Mencegah sembelit
  5. Menjaga tubuh tetap terhidrasi, dan
  6. Menurunkan stres.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang manfaat minum air hangat dalam kehidupan sehari-hari. Mana yang paling kamu sukai? Apakah mencampurkannya dengan garam, lemon, madu, atau dibiarkan tanpa tambahan apapun?

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

1. yankes.kemkes.go.id (2019). Diakses 4 Agustus 2020. http://www.yankes.kemkes.go.id/read-air-hangat-sejuta-manfaat-6928.html

2. pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2008). Diakses 4 Agustus 2020. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/18226454/

3. healthline.com (2018). Diakses 4 Agustus 2020. https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water#relieves-symptoms-of-achalasia

4. Why We Drink Warm Lemon Water in the Mornings to Boost our Metabolism, https://www.marinweightloss.com/blog/why-we-drink-warm-lemon-water-in-the-mornings-to-boost-our-metabolism diakses pada 7 September 2020

5. Does Gargling With Salt Water Ease a Sore Throat? https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/does-gargling-wlth-salt-water-ease-a-sore-throat#1 diakses pada 7 September 2020

6. Incredible Benefits of Drinking Hot Water for Your Overall Health, https://parenting.firstcry.com/articles/incredible-benefits-of-drinking-hot-water-for-your-overall-health/#:~:text=Drinking%20hot%20water%20first%20thing%20in%20the%20morning%20helps%20in,throughout%20the%20day%20as%20well. diakses pada 7 September 2020

7. Why drinking warm water with honey is healthy https://www.femina.in/wellness/health/why-drinking-warm-water-with-honey-is-healthy-%E2%80%93-feminain-7619.html diakses pada 7 September 2020

8. What Are the Benefits of Drinking Hot Water? https://www.healthline.com/health/benefits-of-drinking-hot-water diakses pada 7 September 2020

    Berita Terkait
    register-docotr