Diet dan Nutrisi

Penting, Ini 5 Makanan yang Bisa Membendung Ketagihan Ngemil yang Manis-Manis saat Natal

December 23, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Ketidakmampuan mengontrol hasrat untuk makan bisa berbahaya, karena banyak dampak buruk makan berlebih, terutama makanan manis. Nah, di momen Natal ini kemampuan kamu akan diuji oleh godaan nastar dan kawan-kawannya.

Bahaya terlalu banyak makan makanan manis

Terlalu banyak makan makanan manis bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Mulai dari naiknya berat badan, masalah pada gula darah dan peningkatan masalah kesehatan jantung.

Oleh karena itu, kamu harus bisa membatasi makanan yang mengandung gula dan juga membatasi tambahan gula pada setiap santapan. Memang tidak mudah, tapi kamu harus bisa melakukannya demi kesehatan.

Baca Juga: Waspada Konsumsi Makanan Kolesterol dan Kandungan Gula Tinggi saat Natal

Makanan untuk meredam konsumsi makanan manis

Ada beberapa makanan yang bisa menekan nafsu makan makanan manis kamu, lho. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Buah-buahan

Kebanyakan orang ketika ingin makan makanan manis akan mencari makanan yang tinggi gula dan lemak, seperti cokelat.

Tapi cobalah untuk mengganti makanan yang tidak sehat itu dengan buah-buahan. Karena buah bisa menekan nafsu makan makanan manis kamu, lho!

Penelitian di University of Minnesota menyebut buah memiliki manis yang alami dan mengandung komponen nabati dan serat yang bermanfaat. Sehingga kamu tetap bisa memuaskan hasrat makanan manis dan tetap sehat.

Untuk membuat hasrat makanan manis kamu terpenuhi, cobalah untuk konsumsi buah yang mengandung gula sedikit lebih tinggi, seperti mangga dan anggur. Tambahkan juga yoghurt ke buah yang kamu santap untuk memuaskan rasa lapar yang timbul.

2. Buah berry

Buah berry merupakan satu pilihan yang tepat dan penuh nutrisi untuk menghentikan hasrat makan makanan manis yang kamu miliki. Berry terasa manis tapi kandungan seratnya yang tinggi menunjukkan kalau buah ini mengandung gula yang rendah.

Berry menjadi satu pilihan yang tepat kalau hasrat makan makanan manis ini hanya merupakan kebiasaan, bukan didorong oleh rasa lapar. Seperti misalnya kamu jadi terdorong makan makanan manis ketika melihat iklan di televisi.

Buah berry juga kaya akan kandungan komponen nabati dan antioksidan yang kuat serta sifat antiinflamasi. Itu berarti, buah ini dapat membantu kamu mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes.

3. Cokelat hitam

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Appetite menyebut cokelat sebagai makanan yang paling dicari oleh banyak orang, terutama perempuan, saat sedang berhasrat makan makanan manis.

Untuk menyiasati hal ini, jika kamu memang ingin makan cokelat, pilihlah cokelat hitam yang yang lebih sehat dari segala jenis cokelat lainnya.

Situs kesehatan Healthline menyebut cokelat hitam ini mengandung lebih dari 70 persen cocoa atau biji cokelat. Makanan ini pun mengandung komponen nabati yang sehat yang dikenal dengan sebutan polifenol.

Polifenol ini sendiri mengandung efek antiinflamasi dan antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh kamu. Tapi harus kamu ingat, cokelat hitam ini juga mengandung lemak dan gula laiknya jenis cokelat yang lain, oleh karena itu tetap batasi konsumsi makanan ini, ya!

4. Chia seed

Chia seed atau biji chia merupakan makanan yang kaya akan nutrisi, termasuk asam lemak omega 3, serat yang mudah larut dan komponen nabati sehat lainnya. Laman Healthline menyebut setidaknya terdapat 40 persen serat larut dalam chia seed ini.

Jenis serat ini akan mudah menyerap air dan mengembang membentuk substansi seperti jelly di usus kamu. Dengan demikian, kamu tidak akan mudah lapar dan bisa mengurangi hasrat makan makanan manis.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Jamur Tiram: Jaga Imun dan Sehatkan Jantung!

5. Permen karet atau mint tanpa gula

Permen karet dan mint bisa jadi cara yang terbaik untuk mengontrol hasrat makan makanan manis yang kamu miliki. Jenis makanan ini yang mengandung pemanis buatan akan terasa manis tapi hanya memberikan sedikit kalori dan gula.

Situs kesehatan Healthline menyebut kalau permen karet dapat membantu kamu mengontrol rasa lapar serta hasrat terhadap makanan yang mengandung karbohidrat tinggi sepanjang hari.

Selain membantu kamu mengatasi dorongan untuk makan makanan manis, mengunyah permen karet setelah makan juga baik untuk gigi kamu, lho.

Demikianlah berbagai makanan yang dapat membantu kamu mengatasi dorongan konsumsi makanan manis menjelang natal ini. Selalu jaga dan perhatikan asupan makanan kamu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
Berita Terkait
register-docotr