Diet dan Nutrisi

Untuk Kebutuhan Nutrisi, Lebih Sehat Mie atau Nasi? Ini Faktanya!

June 16, 2020 | Felicia Elfriestha | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Mie atau nasi sama-sama mengandung karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan keduanya menjadi makanan yang sering dikonsumsi orang-orang.

Tapi sampai saat ini masih didebatkan mana di antara dua sumber karbohidrat tersebut yang lebih sehat. Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Tentang jenis-jenis karbohidrat

Seperti disebutkan sebelumnya, mie dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat tinggi. Nah, kamu perlu tahu dulu tentang karbohidrat. Karbohidrat merupakan salah satu jenis zat gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu karbohidrat juga berperan sebagai sumber energi utama. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa yang kemudian berperan sebagai bahan bakar bagi sel-sel tubuh.

Secara umum, ada dua jenis karbohidrat yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks:

Karbohidrat sederhana

Jenis karbohidrat sederhana ini biasanya juga dikenal sebagai refined grain. Ini berarti bahwa jenis makanan tersebut berasal dari biji-bijian yang sudah diolah terlebih dahulu, seperti roti, pastry, dan cake.

Jenis karbohidrat ini berperan besar untuk meningkatkan berat badan dan berpotensi menyebabkan peningkatan kadar gula darah yang cepat sehingga lama-kelamaan dapat memicu resistensi insulin dan berujung pada penyakit diabetes melitus.

Karbohidrat kompleks

Jenis karbohidrat ini merupakan karbohidrat yang dipercaya lebih sehat. Karbohidrat kompleks biasanya tidak mengalami pemrosesan, atau hanya sedikit melalui pemrosesan, seperti roti yang terbuat dari gandum utuh, quinoa, beras merah, beras hitam, biji-bijian, sayur, dan buah.

Karbohidrat kompleks kaya akan vitamin, mineral, serat, dan fitonutrien. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dapat diperoleh dari whole grain

Whole grain merupakan biji-bijian yang masih utuh sampai kulit-kulitnya sehingga biasanya kadar vitamin dan mineralnya masih baik dan lengkap.

Mana yang lebih sehat, mie atau nasi?

Pada dasarnya mie atau nasi berasal dari biji-bijian olahan yang berfungsi sebagai sumber karbohidrat. Tanpa asupan karbohidrat, tubuh akan lemas dan kekurangan energi utamanya.

Pada dasarnya mie atau nasi sama-sama sehat tetapi harus diperhatikan beberapa hal. Misalnya untuk menemukan nasi yang sehat memang cukup sulit.

Hal ini dikarenakan tergantung pada kualitas biji-bijiannya. Namun dari segi kualitas, nasi merah memang lebih sehat dibandingkan dengan nasi putih.

Sedangkan untuk mie, pada umumnya mie juga mengandung karbohidrat, serat, dan banyak vitamin B, namun tidak semua mie itu sehat. Kecuali untuk soba yang sudah pasti sehat, karena dibuat dari buckwheat yang merupakan gandum utuh.

Jadi kesimpulannya, semua tergantung dari jenis yang kamu pilih jika ingin menemukan mana yang lebih sehat diantara mie dan nasi. Tetapi jangan lupa juga terhadap komponen penting lainnya yang ada pada makanan sehat dan seimbang.

Kandungan nutrisi mie dan nasi

Sebelum kamu mengonsumsinya kamu harus mengetahui kandungan gizi yang ada dalam mie atau nasi, antara lain:

Mie instan

Kandungan mie instan yang beratnya 85 gram dengan bumbu-bumbunya mengandung:

  • 460 kalori
  • 18,8 gram lemak
  • 9 gram protein
  • 66 gram karbohidrat

Nasi putih

Kandungan secentong atau 100 gram nasi putih mengandung:

  • 175 kalori
  • 0,2 gram lemak
  • 4 gram protein
  • 40 gram karbohidrat

Jadi kesimpulannya, semua tergantung dari jenis yang kamu pilih jika ingin menemukan mana yang lebih sehat diantara mie dan nasi.

Tetapi jangan lupa juga terhadap komponen penting lainnya, seperti lauk-pauk dan sayuran, yang bisa memengaruhi juga pemenuhan nutrisi dari setiap makanan yang kamu konsumsi.

Segala sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik, jadi seimbangkan pilihan antara mie atau nasi sesuai kondisi kesehatan kamu, ya. Jika perlu, konsultasikan juga dengan dokter gizi.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. bodyandsoul.com.au (2018) diakses 12 Juni 2020. Noodles vs. rice: Which is healthier?. 12 Juni 2020 pukul 12.30.
  2. nutritionaction.com (2014) diakses 12 Juni 2020. What to Eat: Noodles or Rice?. 12 Juni 2020 pukul 13.00.
    Berita Terkait
    register-docotr