Diet dan Nutrisi

Mengenal Tren Clean Label: Gerakan Menuntut Produsen Transparan soal Kandungan Produknya

March 2, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tren untuk memastikan konsumsi makanan yang sehat memang selalu penuh inovasi. Kali ini, ada istilah clean label yang menuntut para produsen makanan mencantumkan bahan-bahan yang mudah dimengerti oleh konsumen.

Apa itu clean label?

Clean label sendiri merupakan sebuah gerakan yang bertujuan untuk mengarahkan produsen makanan menunjukkan kejujuran dan transparansi dalam label produk mereka. Advokasi gerakan ini sendiri dimulai di Amerika Serikat.

Dalam laman cleanlabelproject.org, disebutkan bagaimana dasar dari produk makanan dan yang dipakai di negeri Paman Sam itu selama ini hanya berfokus pada kontaminasi patogen dan mikrobiologis.

Padahal, ada juga masalah kesehatan yang bisa ditimbulkan dari paparan logam berat, residu pestisida dan komponen plastik di dalamnya. Hal ini lah yang menurut gerakan clean label luput diinformasikan produsen dalam kemasan mereka.

Gerakan ini pun meminta agar informasi yang tercantum di dalam label produk seharusnya menggunakan nama yang lebih mudah dimengerti konsumen dan mengurangi penggunaan istilah ilmiah yang tidak semua orang tahu.

Apa saja informasi yang diminta?

Sebuah penelitian dalam jurnal Food Research International menyebut motivasi utama konsumen dalam gerakan ini adalah alasan kesehatan. 

Setidaknya, berikut ini adalah informasi yang diberikan oleh produsen yang ikut dalam gerakan ini:

  • Statement ‘bebas dari’: Bisa berupa informasi ‘bebas dari lemak trans’, ‘bebas dari gluten’ hingga ‘bebas dari pengawet’
  • Menggunakan nama yang lebih mudah dimengerti: Misalnya mengganti nama tocopherol dengan vitamin E, karena keduanya adalah substansi yang sama namun kerap sulit dimengerti orang awam
  • Mengganti bahan dengan yang lebih alami: Beberapa produsen ada yang mulai menggunakan pewarna alami ketimbang buatan dan dicantumkan dalam label kemasan mereka

Apa manfaat dari clean label?

Saat ini, belum ada kajian yang menunjukkan secara spesifik dampak clean label terhadap kesehatan. Namun, ketika kamu memilih makanan yang sehat, seperti makanan bebas lemak trans, garam dan gula tambahan, maka ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat.

Dilansir MedicalNewsToday, berikut ini manfaat konsumsi makanan sehat bagi tubuh:

Menyehatkan jantung

Menjalani gaya hidup yang sehat, seperti meningkatkan aktivitas fisik dan makan makanan yang sehat 80% efektif dalam mencegah penyakit jantung prematur dan diagnosis stroke. 

Diet sehat yang bisa menghentikan hipertensi disebut dengan DASH diet. Prinsipnya, kamu harus makan makanan yang sehat bagi jantung. Seperti:

  • Makan banyak sayuran, buah dan gandum utuh 
  • Memilih produk susu, ikan, unggas, kacang dan minyak nabati yang bebas atau tanpa lemak
  • Membatasi asupan lemak trans dan lemak jenuh
  • Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan
  • Mengurangi asupan sodium jadi kurang dari 2.300 miligram per hari dan meningkatkan konsumsi potasium, magnesium dan kalsium

Mengurangi risiko kanker

Mengonsumsi makanan yang tinggi antioksidan dapat menurunkan risiko pertumbuhan kanker dalam tubuh. Makanan ini akan melindungi sel kamu dari kerusakan yang disebabkan berbagai faktor, seperti radikal bebas.

Antioksidan bisa ditemukan dalam sayuran, buah dan kacang dalam bentuk phytichemical, termasuk beta karoten, lycopene serta vitamin A,C dan E.

Meningkatkan daya ingat

Makanan yang sehat dapat menjaga kesehatan otak dan kognitif. Sebuah kajian dalam jurnal Neurology, Psychiatry and Brain Research menyebut nutrisi berikut ini dapat mencegah penurunan kognitif dan demensia, yaitu:

  • Vitamin D, vitamin C dan vitamin E
  • Asam lemak omega-3
  • Flavonoid dan polifenol
  • Ikan

Manfaat konsumsi pewarna alami

Banyak produk yang beredar di pasaran yang mengandung zat aditif seperti pewarna untuk mempercantik tampilan produk tersebut. Sayangnya, pewarna tambahan yang tidak alami atau sintetis ini bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Menampilkan informasi zat aditif seperti pewarna ini pula yang menjadi inisiatif dalam clean label. Menurut penelitian dalam UK Journal of Pharmaceutical and Biosciences, konsumsi pewarna makanan alami dapat memberikan beberpaa manfaat sebagai berikut:

  • Menyuplai antioksidan yang bisa mengurangi kerusakan sel
  • Menyuplai vitamin A untuk kesehatan mata
  • Menyehatkan kulit dan melawan penuaan dini

Demikianlah berbagai penjelasan tentang clean label dan bagaimana gerakan ini dapat mendorong perubahan perilaku baik bagi konsumen dan produsen. Selalu jaga kesehatan kamu dengan memilih makanan sehat, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Clean Label Project, diakses 02 Maret 2021. Clean Label Project: Homepage
  2. Institute of Food Technologists, diakses 02 Maret 2021. What is Clean Label?
  3. Gordon food service, diakses 02 Maret 2021. What You Need to Know About Clean Labels
  4. Sciencedirect, diakses 02 Maret 2021. Making sense of the “clean label” trends: A review of consumer food choice behavior and discussion of industry implications
  5. MedicalNewsToday, diakses 02 Maret 2021. The top 10 benefits of eating healthy
  6. Neurology, Psychiatry and Brain Research, diakses 02 Maret 2021. Role of physical activity and diet on mood, behavior, and cognition
  7. UK Journal of Pharmaceutical and Biosciences, diakses 02 Maret 2021. UK Journal of Pharmaceutical and Biosciences Available at www.ukjpb.com
    register-docotr