Diet dan Nutrisi

Mengenal Telur Salmon dan Manfaatnya bagi Kesehatan

January 26, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Telur salmon yang telah berkembang ternyata mengandung beragam manfaat kesehatan. Dengan mengonsumsinya, kamu mendapat asupan vitamin dan mineral yang sama seperti saat kamu makan daging ikannya.

Telur salmon ini juga kerap disebut dengan telur emas atau ruby. Telur ini kaya akan kandungan asam lemak omega-3. Namun, masih berada di bawah daging.

Kandungan nutrisi telur salmon

Situs kesehatan WebMD menyebut sajian telur salmon mentah dalam takaran 1 sendok makan mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 20 kalori
  • 3 gram protein
  • 1 gram lemak
  • 0 gram karbohidrat
  • 0 gram serat
  • 0 gram gula

Telur salmon juga merupakan sumber potassium, vitamin A, vitamin B12 dan vitamin C.

Potensi manfaat telur salmon

Sebagaimana sudah disebutkan, telur salmon ini kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Itu sebabnya makanan yang satu ini bisa direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat.

Menyertakan salmon di diet sehat dan seimbang kamu, termasuk telurnya, dapat menurunkan risiko sakit jantung, mengurangi inflamasi dan beberapa manfaat lainnya.

Berikut ini penjelasan lebih lengkapnya:

Mengurangi terkena penyakit jantung

Seperti dagingnya, telur salmon pun kaya akan asam lemak omega-3. Mengutip Healthline, Secara keseluruhan ikan salmon ikan salmon merupakan sumber yang baik untuk rantai panjang asam lemak omega-3 EPA dan DHA.

Tidak seperti lemak lainnya, lemak omega-3 justru dianggap penting. Tubuh butuh nutrisi ini dari makanan karena tidak bisa menghasilkannya sendiri.

Asam lemak omega-3 ini dianggap berpengaruh dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Sebagaimana yang ditemukan dalam penelitian yang dipublikasi the American Journal of Cardiology.

Peneliti menyebut konsumsi seimbang asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6 bisa mengurangi risiko penyakit jantung.

Meningkatkan kesehatan janin

Asam lemak omega-3 juga disebut bisa meningkatkan perkembangan otak dan sistem saraf janin. Situs kesehatan WebMD menyebut ibu hamil bisa mengonsumsi 226 gram hingga 340 gram nutrisi ini untuk bisa merasakan manfaat ini.

Selain janin, orang dewasa pun bisa mendapat manfaat ini. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Neurology menyebut lansia yang mengonsumsi ikan berlemak selama dua kali seminggu mengalami penurunan 13 persen masalah daya ingat.

Mengurangi inflamasi

Manfaat ini juga dipengaruhi oleh asam lemak omega-3. Secara umum, salmon disebut situs kesehatan Healthline sebagai makanan yang super untuk melawan inflamasi.

Sebuah penelitian dalam the British Journal of Nutrition mengungkap manfaat ini. Para peneliti melibatkan 12 orang dengan masalah inflamasi pada usus.

Selanjutnya para responden ini diminta untuk mengonsumsi 600gram salmon per minggu. Hasilnya, mereka mengalami penurunan tanda inflamasi di darah dan usus, beserta dengan peningkatan kondisi kesehatan.

Mengurangi nyeri sendi

Kemampuan asam lemak omega-3 dalam mengurangi inflamasi berpengaruh besar dalam membantu kamu mengurangi radang sendi atau rheumatoid arthritis. Asam lemak omega-3 ini dapat membantu menurunkan nyeri, kekakuan dan kebutuhan kamu mengatasi nyeri sendi dengan obat-obatan.

Mengutip laman arthritis.org, jenis ikan yang paling baik dalam melawan inflamasi dan arthritis ini adalah ikan dengan asam lemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden dan makarel. 

Dengan memakan ikan ini, dua hingga 4 kali seminggu dalam takaran 80-160 gram, maka kamu bisa mengruangi inflamasi yang berakibat pada arthritis.

Yang harus diperhatikan dalam memilih telur salmon

Alaska Seafood Marketing Institute dalam laman uifsa.ua hal-hal ini harus kamu perhatikan saat memilih telur salmon:

  • Telur salmon berkualitas tinggi berwarna cerah dengan bagian luar merah agak oranye
  • Telur harus agak bercahaya dan agak transparan serta mudah dipisahkan satu dengan yang lainnya
  • Kualitas telur salmon ditentukan dari ukurannya (semakin besar semakin baik) serta kandungan garam (semakin rendah semakin baik)
  • Telur salmon yang bermutu tinggi harus keras, tapi lentur terhadap tekanan sehingga tidak gampang rusak
  • Khusus untuk telur salmon Alaska, aromanya lembut, sedap kaya akan rasa

Demikianlah berbagai manfaat dari ikan salmon bagi kesehatan. Selalu konsumsi makanan yang mengandung gizi yang kamu butuhkan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

register-docotr