Diet dan Nutrisi

Manfaat Toge Mentah, Atasi Masalah Kewanitaan Hingga Anemia

July 24, 2020 | Ajeng Dwiri Banyu | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Manfaat toge mentah sangat banyak karena mengandung berbagai sumber nutrisi untuk tubuh. Perlu diketahui, toge termasuk masalah yang kaya akan zat besi, kalsium, kalium, mangan, dan asam lemak omega 3.

Meski memiliki beragam manfaat baik untuk tubuh, toge mentah juga sering dikaitkan dengan kasus keracunan makanan. Nah, untuk lebih jelasnya simak penjelasan mengenai toge mentah berikut ini.

Baca juga: Jangan Abaikan! Trombosit Rendah Bisa Berbahaya bagi Tubuh Lho

Apa saja manfaat toge mentah untuk tubuh?

Meski rendah kalori, manfaat toge mentah lainnya dikarenakan kandungan vitamin dan mineral yang bervariasi berdasarkan varietas. Toge bisa dikonsumsi mentah atau diolah terlebih dahulu dan tetap memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.

Dilansir dari Healthline, toge juga mengandung oksigen sehingga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menghilangkan bakteri, dan meningkatkan mekanisme pertahanan. Nah, beberapa manfaat toge mentah lainnya yang bisa didapatkan antara lain sebagai berikut.

Mengontrol kadar gula darah

Manfaat toge mentah yang pertama adalah dapat membantu mengontrol gula darah. Sebuah studi mengatakan jika toge mungkin memiliki kemampuan untuk mengatur aktivitas enzim amilase, yang digunakan tubuh dalam memecah dan mencerna gula.

Dalam satu studi yang diikuti sekelompok kecil orang dengan diabetes 2, menunjukkan jika makan toge bisa menurunkan kadar hemoglobin A1c sebesar 10 persen. Namun, di sisi lain level dapat meningkat sebesar 12 persen pada kelompok tertentu.

Manfaat toge mentah dapat tingkatkan pencernaan

Toge diketahui dapat membantu mencerna makanan yang masuk dengan lebih mudah. Studi menunjukkan bahwa ketika biji tumbuh, jumlah serat yang dikandungnya meningkat dan menjadi lebih tersedia.

Tak hanya itu, toge memiliki jenis serat yang dapat membantu membentuk tinja dan memindahkannya melalui usus sehingga mengurangi risiko sembelit. Nah, agar memiliki pencernaan yang sehat mulailah rutin konsumsi makanan kaya serat, seperti toge.

Membantu meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat toge mentah yang utama adalah mengurangi faktor risiko penyakit jantung, seperti kadar kolesterol darah tinggi. Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa makan toge dapat meningkatkan kolesterol baik atau HDL dan mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL.

Dalam sebuah penelitian pada 39 orang yang kelebihan berat badan dengan diabetes tipe 2 dan dibagi menjadi dua kelompok, satu diberi 60 gram toge sedangkan yang lain tidak. Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi toge memiliki kolesterol baik 12 persen lebih tinggi.

Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kandungan deoksidasi dalam toge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk dihindari dan juga menetralisir faktor yang membantu munculnya penyakit. Jika kamu sering mengonsumsi toge sebelum periode bulanan, maka dapat membantu menghindari masalah.

Tak hanya gangguan ketika menstruasi, toge juga dapat membantu menghindari gangguan panas yang dirasakan dalam masa pra menopause. Karena itu, konsumsilah toge secara rutin untuk membantu mencegah masalah kewanitaan satu ini.

Mengatasi masalah anemia

Toge menjadi pilihan dalam mengatasi masalah anemia karena kaya akan zat besi yang penting untuk pembentukan hemoglobin di dalam tubuh.

Hemoglobin sendiri merupakan protein yang terkandung dalam sel darah merah. Oleh karena itu, toge dapat mengurangi kemungkinan terkena anemia.

Selain zat besi, toge juga dikemas dengan vitamin C yang dapat mendorong penyerapan zat besi melalui usus. Hasilnya, toge akan membantu mengobati bahkan menghentikan anemia yang disebabkan karena zat besi tidak cukup tersedia.

Baca juga: Ini Dia Beberapa Ciri-ciri Jantung Sehat yang Perlu Diketahui

Adakah risiko buruk akibat konsumsi toge mentah?

Salah satu masalah yang sering dikaitkan dengan mengonsumsi toge mentah adalah keracunan makanan.

Alasan toge atau kecambah sangat berisiko menyebabkan keracunan adalah karena harus ditanam dalam kondisi hangat dan lembab di mana bakteri berbahaya seperti E. coli dan salmonella juga tumbuh subur.

Pengawas obat dan makanan atau FDA telah mengaitkan 48 wabah bawaan makanan dengan kecambah mentah atau dimasak ringan. Jika keracunan makanan terjadi, gejala akan muncul 12 sampai 72 jam setelah dikonsumsi dan dapat menyebabkan diare, kram perut, dan muntah. 

Gejala seperti ini jarang mengancam jiwa, namun anak-anak, wanita hamil, dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah disarankan untuk memasak toge hingga benar-benar matang. Nah, cara mencegah keracunan makanan akibat toge mentah, antara lain:

  • Beli kecambah yang telah didinginkan dengan benar.
  • Hindari membeli kecambah dengan bau menyengat atau penampilan berlendir.
  • Simpan di lemari es dengan suhu di bawah 40 derajat fahrenheit atau 8 derajat celcius.
  • Selalu cuci tangan dengan benar sebelum memegang kecambah mentah.

Toge bisa dikonsumsi mentah jika cara penyimpanan dan penyajiannya tepat. Biasanya, toge mentah bisa dimakan dalam bentuk makanan pembuka, salad, lauk pauk, hingga camilan. Selalu pastikan kondisi toge mentah tetap segar untuk menghindari masalah keracunan makanan.

Konsultasikan masalah kesehatan Anda dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Healthline (2018), diakses 20 Juli 2020. Raw Sprouts: Benefits and Potential Risks
  2. Healthbenefitstimes, diakses 20 Juli 2020. Health benefits of Bean Sprouts
    Berita Terkait
    register-docotr