Diet dan Nutrisi

Wajib Tahu, Ini Manfaat Pepaya yang Kaya Gizi bagi Kesehatan Tubuh

January 27, 2021 | Arianti Khairina | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Pepaya memang menjadi salah satu buah paling banyak disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Tak hanya rasanya yang enak, buah ini juga memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin, lho.

Kandungan vitamin pepaya

Buah pepaya yang berwarna oranye cerah memiliki rasa yang manis. Pepaya disukai karena rasanya yang manis dan bisa dikreasikan dengan aneka resep makanan. Kamu pun bisa mendapatkan buah ini dengan mudah di Indonesia.

manfaat pepaya
Pepaya. Sumber gambar: https://www.healthline.com

Biasanya orang-orang mengonsumsi buah pepaya sebagai hidangan pencuci mulut. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengolahnya menjadi makanan sehat seperti sup buah dan salad buah, lho.

Dilansir dari medicalnewstoday, pepaya adalah sumber vitamin C yang sangat baik. Pepaya juga memiliki vitamin B, alfa dan beta-karoten, lutein dan zeaxanthin, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, dan lycopene, antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan tomat.

Perlu kamu ketahui juga bahwa, kalori pepaya yaitu 120 kalori dan mengandung 30 gram karbohidrat, 5 gram serat, 18 gram gula dan 2 gram protein.

Manfaat pepaya untuk kesehatan tubuh

Buah pepaya banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, sangat ampuh menjaga kesehatan pencernaan. Berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan imun tubuh

Sebagai sumber vitamin C yang sangat baik, mengonsumsi pepaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

2. Melindungi jantung

Pepaya mengandung vitamin C, potasium, antioksidan, dan serat, yang akan membantu menjaga arteri kamu tetap sehat. Selain itu, juga meningkatkan aliran darah.

salbutamol
Menjaga kesehatan jantung. Sumber gambar : https://www.webmd.com/

Hal ini tentu dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi beberapa risiko penyakit seperti jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

3. Melindungi dari kanker  

Radikal bebas dan stres oksidatif berkaitan erat dengan berbagai jenis kanker. Perlu kamu ketahui bahwa pepaya mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi sel dari kerusakan dan menurunkan risiko kanker.

4. Mengurangi risiko alzheimer

Penyakit alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif progresif yang membunuh sel-sel otak. Hal ini menyebabkan masalah memori dan hilangnya kemampuan intelektual secara bertahap.

Hingga saat ini, penyebab pasti penyakit alzheimer tidak diketahui dengan pasti. Namun, diyakini bahwa stres oksidatif berperan dalam kondisi tersebut. Artinya ada ketidakseimbangan dalam tubuh antara antioksidan dan radikal bebas.

operasi kantung mata
Ilustrasi penderita alzheimer. Sumber gambar : https://ridikul.hu/

Dilansir dari everydayhealth.com, sebuah studi menemukan bahwa ekstrak bubuk pepaya yang difermentasi dapat membantu menangkal efek stres oksidatif pada orang yang hidup dengan penyakit alzheimer.

Selain itu, juga memperlambat perkembangan penyakit, meskipun kemungkinan efek dari seluruh pepaya belum diteliti untuk manfaat ini.

5. Lindungi mata

Pepaya mengandung sejumlah nutrisi lutein, zeaxanthin, vitamin C, dan vitamin E yang baik dan dapat menjaga kesehatan mata. Manfaat lainnya juga akan membantu kamu mencegah penyakit mata seperti degenerasi makula terkait usia.

Baca juga: Jangan Abai, Kamu Perlu Tahu Cara Menjaga Kesehatan Mata

6. Membantu diet sehat

Kamu yang ingin menjalani program diet, tak ada salahnya menambahkan buah pepaya sebagai menu harian untuk dikonsumsi, lho.

Pepaya sangat baik untuk menurunkan berat badan karena jumlah kalori yang rendah. Buah ini juga menjadi sumber serat yang baik, pepaya tidak hanya menjaga kesehatan fisik, tetapi juga akan membantu kamu tetap kenyang lebih lama.

Puasa sebagai metode diet
Diet sehat. Sumber gambar : https://pixabay.com

Akibatnya, setelah mengonsumsi pepaya mungkin kamu akan mengonsumsi lebih sedikit kalori sepanjang hari. Serat dalam pepaya juga meningkatkan pencernaan yang sehat.

7. Mencegah peradangan

Kamu yang sering kali mengonsumsi makanan tidak sehat serta memilih gaya hidup yang kurang baik akan menimbulkan berbagai macam peradangan kronis. Pepaya sangat tinggi kandungan karotenoid sehingga dapat mengurangi peradangan tersebut.

8. Sistem pencernaan

Enzim papain yang terdapat di dalam pepaya membuat protein lebih mudah dicerna oleh tubuh. Orang-orang yang tinggal di daerah tropis biasanya mengonsumsi pepaya sebagai obat untuk sembelit dan gejala-gejala lain seperti irritable bowel syndrome (IBS).

cara mencegah perut kembung
Menjaga kesehatan pencernaan. Sumber foto : https://freepik.com

Mengonsumsi pepaya selama 40 hari dapat mengurangi sembelit dan kembung. Tak hanya itu, biji, daun dan akar dari pohon pepaya juga telah terbukti dapat mengobati bisul pada manusia.

9. Mencegah penyakit asma

Jarang diketahui bahwa pepaya sangat baik untuk mengurangi risiko seseorang terkena penyakit asma.

Salah satu nutrisi yang dapat mengurangi risiko penyakit ini adalah beta-karoten, dan terkandung dalam makanan seperti pepaya, aprikot, brokoli, blewah, labu, serta wortel.

10. Menurunkan kolestrol

Pepaya kaya serat, vitamin C, dan antioksidan yang mencegah penumpukan kolesterol di arteri. Terlalu banyak penumpukan kolesterol dapat menyebabkan beberapa penyakit jantung termasuk serangan jantung dan hipertensi.

Manfaat pepaya untuk rambut

Jika kamu mengalami ketombe atau rambut rusak, pepaya adalah obat yang paling ampuh untuk mengatasinya. Pepaya dalam bentuk alami juga dapat mengobati kebotakan.

Kamu cukup memakan sepotong pepaya setiap hari untuk menjaga kesehatan rambut. Namun, terkadang makan pepaya setiap hari pasti akan menimbulkan rasa bosan bukan? Untuk menghindari kebosanan, kamu dapat mengolah pepaya menjadi masker rambut.

cara-mengatasi-rambut-botak
Kebotakan. Sumber gambar : https://www.medicalnewstoday.com/

Masker rambut pepaya dan minyak zaitun ekstrak pepaya adalah kondisioner yang sangat baik karena mengandung enzim yang menyehatkan rambut dari akar.

Minyak zaitun adalah sumber vitamin E yang baik yang membantu menjaga keratin di rambut dan menjadikannya lembab.

Manfaat pepaya untuk kulit

Dilansir dari stylecraze.com, pepaya dapat meningkatkan warna kulit dari enzim aktif yang ada di dalamnya, seperti papain. Ini membantu mengurangi pigmentasi serta mengendalikan jerawat dan pembentukan kerutan loh.

manfaat pepaya
Pepaya untuk kesehatan kulit. Sumber gambar : https://pixabay.com

1. Kulit kering

Pepaya bisa menjadi salah satu perawatan paling baik bagi mereka yang memiliki kulit kering. Menggunakan masker wajah pepaya dapat membuat kulitmu lebih lembut dan kenyal.

Enzim yang ada dalam pepaya inilah yang membantu merawat kulit kering dan bersisik serta juga membantu melembabkannya.

2. Membersihkan pigmentasi

Kulit wajah yang berjerawat tentu akan meninggalkan bekas jerawat yang sulit dihilangkan. Selain itu, jika kamu mengalami pigmentasi kulit wajah yang tidak merata. Kini kamu bisa mengatasi hal tersebut dengan menggunakan perawatan pepaya.

Pepaya memiliki sifat mencerahkan kulit yang membantu membersihkan noda dan pigmentasi.

Enzim papain, bersama dengan asam alfa-hidroksi, bertindak sebagai exfoliator yang kuat untuk melarutkan protein yang tidak aktif dan sel kulit mati. Hal tersebut dapat membuat kulit kamu terasa lebih ringan dan lembut.

3. Mengurangi keriput

Kulit pepaya dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Menurut stylecraze.com, pepaya sama efektifnya dengan Retin-A.

Kulitnya mengandung enzim yang mengangkat sel-sel mati dari permukaan kulit yang dapat membantu menghilangkan keriput dan bintik-bintik penuaan.

Baca juga : 9 Manfaat Buah Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Mengobati eksim dan psoriasis

Banyak orang sejak lama sudah menggunakan pepaya untuk menyembuhkan bekas luka bakar, hingga berbagai macam penyakit kulit.

badan gatal-gatal bentol tanpa sebab
Gatal-gatal pada badan. Sumber : https://shutterstock.com

Seperti sudah dibahas sebelumnya, bahwa enzim papain dalam pepaya dapat membuat sel-sel kulit mati mengelupas dan menyembuhkan kotoran kulit. Ketika dihaluskan dan dioleskan langsung pada area yang luka, pepaya mentah dapat membantu mencegah gatal dan kemerahan.

Kamu juga dapat minum segelas susu pepaya setiap hari untuk membantu perawatan penyakit kulit seperti eksim dan psoriasis.

5. Perawatan melasma

Pepaya dapat membantu mengobati melasma karena sifat pengelupasannya. Kamu cukup oleskan pepaya matang atau mentah pada kulit berpigmen untuk membuatnya halus dan kenyal dan memberikan warna kulit yang merata.

6. Mengatasi kulit berjerawat                       

Bagi yang memiliki masalah jerawat pada bagian wajah tak perlu lagi khawatir. Kamu mulai bisa mengatasinya dengan menggunakan perawatan pepaya. Pepaya mengobati jerawat dan mencegah timbulnya jerawat.

manfaat pepaya
Kulit berjerawat. Sumber gambar : https://media.newstracklive.com

Enzim proteolitik papain membuat pepaya menjadi salah satu pengobatan yang efektif untuk jerawat. Terlepas dari buah itu sendiri, daun, kulit, dan biji-bijian juga mengandung enzim tertentu yang dapat mengurangi bekas luka.

Kamu bisa gunakan bubur pepaya yang tebal dan merata sebagai masker wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Lalu bilas muka kamu dengan air dingin. Gunakan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

7. Mencerahkan kulit

Memiliki kulit cerah tentu menjadi impian setiap wanita. Kamu bisa mendapatkannya dengan perawatan yang cukup mudah, gunakanlah masker pepaya dengan rutin.

cara mengatasi kulit wajah kusam
Menjaga kesehatan kulit wajah. Sumber gambar : https://www.shutterstock.com

Pepaya mengandung antioksidan dan juga menutrisi kulit wajah sehingga terasa lembut dan kenyal. Jika kamu ingin mendapatkan hasil maksimal lakukan perawatan menggunakan masker pepaya yang dicampur dengan sedikit madu.

Tak hanya itu, vitamin pada pepaya membantu mengurangi stres pada kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Tentu saja hal ini memberikan efek rileks, sehat, cerah dan segar sehingga memberikan tampilan yang awet muda pada wajah. 

Manfaat pepaya untuk menstruasi

Saat kontraksi rahim yang disebabkan oleh buah mentah, pepaya menjadi salah satu satu buah yang biasanya disarankan untuk dikonsumsi ketika wanita mengalami menstruasi tidak teratur. Pepaya memang dikenal untuk mengatur siklus menstruasi.

manfaat pepaya
Rasa nyeri saat menstruasi. Sumber gambar : https://flo.health/

Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda. Beberapa wanita mendapatkan menstruasi setiap 28 hari seperti jarum jam, dan ini mungkin tidak sama untuk yang lain.

Menstruasi adalah proses alami dan merupakan bagian dari kehidupan setiap wanita. Mungkin  kamu juga mengalami kram perut setiap bulan dan membuat kamu sampai harus membolak-balikkan badan di tempat tidur agar rasa sakit itu hilang.

Mungkin beberapa obat-obatan dapat membantu menghilangkan rasa nyeri tersebut, tetapi obat tersebut juga dapat mengacaukan siklus menstruasi kamu, lho. Maka lebih baik kamu memilih solusi alami seperti mengonsumsi buah pepaya.

Pepaya sering direkomendasikan bagi mereka yang memiliki periode menstruasi menyakitkan dan tidak teratur.

Enzim papain membantu mengatur dan memperlancar aliran darah selama menstruasi. Pepaya juga merangsang produksi estrogen, sehingga membantu untuk membantu menormalkan siklus periode.

Manfaat pepaya untuk ibu hamil

Mengonsumsi pepaya saat hamil baik untuk mengatasi morning sickness, melancarkan pencernaan, membantu pembentukkan organ penglihatan janin, mencegah terjadi dehidrasi, dan menangkal radikal bebas.

Manfaat pepaya untuk batu empedu 

Kandungan vitamin C dalam pepaya mampu mencegah terjadinya penyakit batu empedu pada tubuh.

Manfaat pepaya untuk diabetes

Perlu kamu ketahui bahwa mengonsumsi buah pepaya yang sudah difermentasi disebut bisa membantu menurunkan kadar gula pada pengidap diabetes.

Sebaiknya, pilihlah buah pepaya yang sudah difermentasi, karena kadar gulanya sudah lebih stabil dan tidak akan menimbulkan efek samping bagi kamu penderita diabetes. 

Manfaat pepaya untuk asam lambung

Kandungan enzim papain dalam pepaya, mampu membantu meningkatkan pencernaan dan mengurangi sensasi terbakar di dada untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit asam lambung.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Jaga kesehatan Anda dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference
  1. healthline.com (2018) diakses 26 Mei 2020. 8 Evidence-Based Health Benefits of Papaya 
  2. everydayhealth.com (2019) diakses 26 Mei 2020. All About Papaya: Nutrition Facts, Health Benefits, Side Effects, How to Eat It, and More 
  3. healthline.com (2019) diakses 26 Mei 2020. Benefits of Papaya for Your Skin and Hair 
  4. bebeautiful.in (2018) diakses 26 Mei 2020. THE MANY BENEFITS OF PAPAYA FOR HAIR AND SKIN 
  5. stylecraze.com (2019) diakses 26 Mei 2020. 39 Surprising Benefits Of Papaya For Skin, Hair, And Health 
  6. medicalnewstoday.com (2017) diakses 26 Mei 2020. What are the health benefits of papaya? 
  7. menstrual-cycle-calculator.com (2018) diakses 26 Mei 2020. The Effect of Papaya Fruit on Period and Pregnancy
    register-docotr