Diet dan Nutrisi

Bisa Cegah Kanker, Ini Manfaat Kubis bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui!

January 1, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kubis termasuk golongan sayuran cruciferous bersama kale dan brokoli. Melihat bagaimana brokoli dan kale sangat bernutrisi, kamu pun tentu tidak akan kaget mengetahui banyaknya manfaat kubis bagi kesehatan.

Laman MedicalNewsToday menyebut golongan sayuran cruciferous ini memiliki nutrisi yang padat. Oleh karena itu sayur-sayuran ini sangat pas masuk dalam diet harian kamu.

Baca Juga: Ini Ragam Manfaat Sayur Kale, si Raja Sayuran Hijau

Kandungan nutrisi kubis

Ada beragam bentuk dan warna kubis, mulai dari merah, ungu, putih hingga hijau. Daun kubis pun ada yang berkerut dan juga halus.

Walaupun kalori sayuran ini sangat rendah, namun kandungan nutrisinya sangat tinggi. Situs kesehatan Healthline mencatat dalam satu mangkuk kubis hijau mentah dengan berat 89 gram terdapat kandungan sebagai berikut:

  • 22 kalori
  • 1 gram protein
  • 2 gram serat
  • Vitamin K yang setara 85 persen AKG
  • Vitamin C yang setara 54 persen AKG
  • Folat yang setara 10 persen AKG
  • Mangan yang setara 7 persen AKG
  • Vitamin B6 yang setara 6 persen AKG
  • Kalsium yang setara 4 persen AKG
  • Potasium yang setara 4 persen AKG
  • Magnesium yang setara 3 persen AKG

Dari daftar nutrisi di atas, kamu tentu sudah bisa membayangkan bagaimana manfaat kubis terhadap kesehatan. Seperti bagaimana kayanya kandungan vitamin B6 dan folat yang keduanya merupakan nutrisi penting untuk metabolisme dan fungsi sistem saraf.

Manfaat kubis

Konsumsi buah dan sayuran banyak direkomendasikan dalam diet sehat. Berikut ini adalah beberapa manfaat konsumsi kubis bagi kesehatan:

Manfaat kubis bagi pencernaan

Kubis memiliki kandungan serat yang tinggi. Itu sebabnya, sayuran ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan kamu. Kubis mengandung serat yang tidak larut yang sangat ramah bagi usus.

Sebuah penelitian dalam World Journal of Gastroenterology menyebut serat tidak larut membuat saluran pencernaan sehat dengan memadatkan kotoran dan memperlancar gerakan usus.

Makanan yang kaya akan serat yang tidak larut ini juga bisa meningkatkan bakteri baik di dalam usus. Hal ini dikarenakan serat merupakan sumber utama spesies bakteri baik seperti Bifidobacteria dan Lactobacilli.

Jenis bakteri ini dapat melindungi sistem imun dan menghasilkan nutrisi penting seperti vitamin K2 dan B12.

Mencegah kanker

Manfaat kubis yang satu ini dipengaruhi oleh sulforaphane, yang merupakan komponen potensial untuk melawan kanker. Beberapa penelitian menyebut konsumsi golongan sayuran cruciferous bisa menurunkan risiko kanker.

Salah satunya adalah penelitian dari  Amerika Serikat yang menyebut potensi sulforaphane untuk pencegahan kanker payudara dan prostat. Peneliti menemukan bagaimana sulforaphane memiliki kemampuan untuk menghambat enzim histone deacetylase (HDAC) cikal bakal kanker.

Tidak hanya sulforaphane, manfaat kubis dalam mencegah kanker juga didukung oleh kandungan apigeninnya. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan dari University of Missouri, Amerika Serikat.

Peneliti menyebut kandungan apigenin dalam kanker bisa menurunkan ukuran tumor agresif yang membentuk sel ganas kanker payudara dari seekor tikus. Peneliti menyebut kalau apigenin nantinya bisa dipakai untuk pengobatan kanker non-toxic di masa depan.

Manfaat kubis bagi kesehatan jantung

Kubis bisa menyehatkan jantung. Manfaat yang satu ini sangat dipengaruhi oleh komponen yang bernama anthocyanin yang memberikan warna ungu pada sayuran ini. Komponen ini merupakan pigmen tumbuhan yang termasuk ke dalam golongan flavonoid.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Advances in Nutrition menyebut konsumsi makanan yang kaya akan pigmen dapat menurunkan risiko penyakit jantung. 

Baca Juga: Halo Collard Greens! Ayo Cek 3 Fakta tentang Sayuran Hijau Bernutrisi Tinggi Ini

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko terbesar penyakit jantung dan stroke. Salah satu cara untuk menghindari penyakit ini adalah dengan mengurangi asupan garam dan juga meningkatkan asupan makanan yang mengandung potasium.

Sebagaimana yang sudah dibahas, konsumsi 89 gram kubis dapat memenuhi 4 persen AKG potasium. Itu sebabnya, memakan kubis yang kaya akan potasium ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan juga bisa berkontribusi terhadap kesehatanmu secara keseluruhan.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang manfaat kubis bagi kesehatan. Jangan lagi hindari makan sayur, ya! Karena sayur dan buah baik untuk kesehatanmu secara menyeluruh.

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. Healthline, diakses 17 Desember 2020. 9 Impressive Health Benefits of Cabbage
  2. MedicalNewsToday, diakses 17 Desember 2020. The health benefits of cabbage
  3. Springerlink, diakses 17 Desember 2020. Epigenetic Regulation by Sulforaphane: Opportunities for Breast and Prostate Cancer Chemoprevention
  4. University of Missouri, diakses 17 Desember 2020. Breast Cancer Effectively Treated with Chemical Found in Celery, Parsley by MU Researchers
  5. National Library of Medicine, diakses 17 Desember 2020. Anthocyanins in Cardiovascular Disease
  6. National Library of Medicine, diakses 17 Desember 2020. Effect of dieatarey fiber on constipation: A meta analysis
    register-docotr