Diet dan Nutrisi

Bisa untuk Diet dan Promil, Inilah Ragam Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan

September 20, 2020 | Arianti Khairina | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Ketika mengonsumsi soto atau teh biasanya jeruk nipis paling dicari sebagai pelengkap rasa. Namun, tak hanya itu saja, berikut ini ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yang belum banyak diketahui orang.

Baca juga : 6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah: Atasi Jerawat hingga Penuaan Dini

Nutrisi jeruk nipis

Dilansir dari Medical News Today, menurut Database Nutrisi Nasional Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), jus dari satu jeruk nipis yang beratnya kira-kira 44 gram mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • 11 kalori
  • 3,7 g karbohidrat
  • 0,74 g gula pasir
  • 0,1 g serat
  • 0,13 g protein

Jeruk nipis terkenal dengan kandungan vitamin C-nya. Satu jeruk nipis dengan diameter 5 cm, menyediakan 32 persen asupan vitamin C harian yang direkomendasikan pada per individu. Sementara itu jus dari satu jeruk nipis diketahui menyediakan 22 persen dari jumlah harian.

Jeruk nipis juga mengandung sejumlah kecil riboflavin, niasin, folat, fosfor, dan magnesium.

Baca juga: Bisa untuk Diet dan Promil, Inilah Ragam Manfaat Jeruk Nipis bagi Kesehatan yang Wajib Diketahui!

Cara menggunakan jeruk nipis

Ada banyak cara untuk menggunakan jeruk nipis di dalam dan di luar urusan dapur. Kulit dan air perasannya adalah bahan umum dalam makanan penutup dan makanan yang dipanggang. Misalnya pai jeruk nipis, kue, dan es krim.

Di luar urusan dapur, jeruk nipis digunakan sebagai bahan pembersih alami dan menetralkan bau. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa buah ini memiliki sifat antimikroba.

Jus jeruk nipis dapat dicampur dengan cuka dan air dan digunakan sebagai semprotan permukaan untuk opsi pembersihan tidak beracun.

Jeruk nipis tersedia di toko bahan makanan, sering kali ditemukan di samping lemon dan buah jeruk lainnya. Pilih buah jeruk yang terasa berat untuk ukurannya, berwarna cerah, dan sedikit perubahan warna.

Diet dengan jeruk nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu penambah cita rasa yang kuat dalam makanan. Jeruk nipis sering digunakan sebagai hiasan, penyedap rasa, atau taburan.

Jadi kamu bisa menambahkannya dalam menu dietmu agar makanan tidak terasa membosankan. Ada banyak cara untuk memastikan kamu mengonsumsi cukup jeruk nipis, misalnya, dengan menghias ikan putih menggunakan jeruk nipis.

Selain itu kamu juga bisa:

  • Mencampurkan air jeruk nipis dengan minyak dan bumbu apa pun untuk melezatkan saus
  • Peras air jeruk nipis ke dalam air atau teh
  • Menyajikan hidangan pembuka dengan kulit jeruk nipis atau gunakan zest dalam bumbu perendam
  • Mencampurkan isian roti tuna dengan ketumbar jeruk nipis, dan lain-lain.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan

Dalam tubuh manusia ada kandungan air sebanyak 60 persen. Hal tersebut tentu menjadi alasan utama pentingnya air bagi kesehatan. Air berfungsi untuk mengeluarkan racun, mencegah dehidrasi, dan membuat kamu tetap berenergi.

manfaat jeruk nipis untuk wajah (head)
Manfaat jeruk nipis. Sumber gambar : https://www.thespruceeats.com

Sangat penting untuk minum setidaknya delapan gelas cairan sehari, termasuk air. Jika kamu tidak menyukai rasa air putih, jus dan teh bisa menjadi pilihan alternatif kamu untuk memenuhi cairan dalam tubuh.

Selain itu, kamu yang tidak bisa minum air saja, bisa peras sedikit jeruk nipis ke dalam gelas. Sangat disarankan untuk mencampur air dengan jeruk nipis karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Jeruk nipis merupakan sejenis buah jeruk yang menjadi sumber antioksidan sangat baik bagi tubuh. Antioksidan melindungi tubuh kamu dengan menghentikan kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas atau bahan kimia yang merusak sel.

Jeruk nipis juga merupakan sumber yang baik untuk kalium, vitamin A, B, C, dan D, kalsium, serta magnesium. Berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis yang dilansir dari healthline.com.

1. Meremajakan kulit

Demi meningkatkan kesehatan kulit agar terlihat lebih cerah dan tampil mulus kamu tak perlu keluarkan banyak uang. Hal tersebut karena jeruk nipis bisa menjadi salah satu untuk lengkapi perawatan kulitmu lho.

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan flavonoid serta antioksidan yang memperkuat kolagen. Minum air jeruk nipis dapat melembabkan dan meremajakan kulitmu. Vitamin C dan flavonoid juga digunakan dalam beberapa produk perawatan kulit topikal.

Tidak disarankan untuk meletakkan jeruk nipis langsung di kulit ya. Alasannya, ketika terpapar sinar matahari setelah menggunakannya dapat menyebabkan phytophotodermatitis, atau luka bakar yang parah pada kulit.

2. Menurunkan kolestrol

Jeruk nipis kaya akan flavonoid. Flavonoid bertindak sebagai antioksidan yang kuat. Antioksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Caranya pun cukup mudah kamu belah satu buah jeruk nipis dan peras airnya, kemudian tambahkan 1 gelas air hangat. Kamu bisa meminumnya di pagi hari saat bangun tidur dan malam hari.

Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa lakukan minum perasan jeruk nipis ini secara rutin agar kadar kolestrol segera berkurang.

4. Atasi peradangan

Timbulnya beberapa penyakit seperti persendian, artitis hingga asam urat tentu saja disebabkan karena adanya peradangan. Vitamin C yang terkandung pada jeruk nipis ampuh untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh.

Kamu cukup tambahkan jeruk nipis ke dalam segelas air, dan manfaatnya dapat meredakan gejala radang sendi serta kondisi serupa yang menyebabkan nyeri sendi dan kekakuan.

Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga bisa mengurangi kadar asam urat. Perlu kamu ketahui bahwa asam urat adalah produk limbah yang diproduksi tubuh saat memecah makanan yang mengandung purin.

Beberapa contoh makanan yang mengandung purin seringkali kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari seperti daging, hati, jamur, dan kacang kering. Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan encok.

5. Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan yakni menjaga pencernaan

Minum air jeruk nipis secara rutin dapat menjaga kesehatan pencernaan. Jeruk nipis bersifat asam dan membantu air liur memecah makanan untuk pencernaan yang lebih baik. Selain itu, flavonoid dalam jeruk nipis juga mampu merangsang sekresi pencernaan.

Jika kamu mengalami sembelit, keasaman yang ada pada jeruk nipis dapat membersihkan sistem pembuangan dan merangsang aktivitas usus.

Tak hanya itu saja kamu yang sering mengalami mulas, coba dengan minum segelas air hangat yang dicampur 2 sendok teh jeruk nipis sekitar 30 menit sebelum makan. Cara tersebut dapat membantu kamu untuk mencegah gejala refluks.

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan wanita

Secara khusus, ada beberapa manfaat jeruk nipis untuk wanita yang bisa kamu dapatkan, misalnya jika ingin melakukan diet menurunkan berat badan. Tak hanya itu, jeruk nipis juga cocok untuk wanita yang sedang menjalani program hamil. Berikut dua manfaat jeruk nipis untuk wanita:

1. Manfaat jeruk nipis untuk diet menurunkan berat badan

Mengutip dari Healthline, rutin minum jeruk nipis setiap hari ternyata bisa membantu menurunkan berat badan, lho. Asam sitrat yang terkandung pada jeruk nipis dapat meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh.

Ketika metabolisme berjalan optimal, ini akan berdampak positif pada pembakaran kalori. Proses pembakaran tersebut bisa mencegah penumpukan kalori di dalam tubuh, yang lama-kelamaan bisa menyebabkan obesitas.

Bukan hanya itu, asam sitrat juga dapat mendukung proses pembakaran lemak. Tentu saja, kamu tetap harus memerhatikan asupan makanan dan imbangi dengan olahraga untuk mendapatkan hasil diet terbaik.

Manfaat jeruk nipis untuk diet tak lepas dari cara kerja asam sitrat di dalam tubuh itu sendiri. Menurut riset yang terbit di American Journal of Clinical Nutrition, konsumsi rutin jeruk nipis bisa memengaruhi nafsu makan. Hal ini bisa membantumu dalam menjaga berat badan ideal.

2. Manfaat jeruk nipis untuk promil

Jeruk nipis cocok untuk kamu yang sedang menjalankan program hamil atau promil. Sebuah publikasi di Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat memaparkan, senyawa aktif pada jeruk nipis bisa mengoptimalkan proses ovulasi pada wanita.

Ovulasi sendiri sangat berpengaruh pada proses pembuahan. Ketika ovulasi berlangsung, sel telur akan dilepaskan dari ovarium menuju uterus (rahim) melalui tuba falopi. Sel selur yang dilepaskan inilah yang siap untuk dibuahi oleh sperma.

Berbicara soal sperma, jeruk nipis juga bisa meningkatkan kemampuannya agar bisa menjangkau sel telur. Menurut sebuah riset pada 2016, asam askorbat pada jeruk dapat membantu meningkatkan kadar hormon reproduksi pria, serta menjaga struktur sperma agar tidak cacat.

Sperma yang cacat atau memiliki bentuk tidak sempurna akan sulit berenang mencapai rahim. Bahkan, pergerakannya juga menjadi sangat terbatas.

Terapi jeruk nipis

Terapi jeruk nipis bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat jeruk nipis secara optimal. Tidak ada patokan khusus dalam mengonsumsi jeruk nipis. Hal yang perlu diperhatikan adalah mencukupi asupan cairan di dalam tubuh.

Dalam satu hari, orang dewasa disarankan untuk minum delapan gelas air. Nah, kamu bisa menambahkan jeruk nipis pada beberapa gelas tersebut. Minum jeruk nipis dapat dilakukan kapan saja, baik ketika pagi hari, saat beraktivitas, atau bahkan menjelang istirahat.

Tak hanya campuran jeruk nipis pada air, kamu bisa menambahkan madu untuk meningkatkan khasiatnya.

Jeruk nipis dan madu

Jeruk nipis dan madu adalah perpaduan yang cocok. Masing-masing memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan sistem metabolisme. Madu merupakan pemanis alami yang dihasilkan oleh lebah, kaya akan mikronutrien penting.

Jeruk nipis dan madu memiliki beberapa persamaan, yaitu bersifat antibakteri dan antimikroba. Perpaduan tersebut bisa mempercepat penyembuhan luka dan batuk, mengatasi peradangan, serta meningkatkan sistem imun.

Potensi efek samping

Jeruk nipis umumnya aman dikonsumsi dengan sedikit atau tanpa efek samping. Namun, jika kamu alergi terhadap buah jeruk lainnya, hindari jeruk nipis karena dapat menyebabkan gejala alergi makanan, seperti bengkak, gatal-gatal, dan kesulitan bernapas.

Jika ini terjadi, segera cari bantuan medis untuk mendapatkan pertolongan pertama. Selain itu, beberapa orang mungkin mengalami refluks asam karena makan jeruk nipis atau minum jus karena keasamannya.

Gejala pencernaan lainnya mungkin termasuk mulas, mual, muntah, dan kesulitan menelan. Jeruk nipis sangat asam dan paling baik dinikmati dalam jumlah sedang. Makan banyak jeruk nipis dapat meningkatkan risiko gigi berlubang, karena kandungan asamnya dapat mengikis enamel gigi.

Untuk melindungi gigi, pastikan untuk membilas mulut dengan air biasa setelah makan jeruk nipis atau meminum sarinya.

Dalam beberapa kasus, mengoleskan jeruk nipis langsung ke kulit kamu dapat membuatnya lebih sensitif terhadap sinar UV matahari dan menyebabkan peradangan. Ini dikenal sebagai phytophotodermatitis.

Tips menghindari risiko yang ditimbulkan

Cuci kulit jeruk nipis meskipun kamu tidak berencana menggunakannya. Bakteri dari kulit buah dapat berpindah ke bagian dalam buah selama proses pemotongan melalui pisau. Saat menyiangi jeruk nipis, gunakan jeruk nipis organik jika memungkinkan.

Jeruk nipis adalah tambahan yang gurih, beraroma, dan bergizi untuk berbagai macam makanan dan hidangan. Namun jangan hanya bergantung pada buah ini saat menentukan menu makananmu sehari-hari.

Lebih baik makan makanan dengan variasi daripada berkonsentrasi pada nutrisi per masing-masing jenis makanan. Pola makan secara keseluruhan adalah kunci kesehatan yang baik.

Nah, itulah berbagai manfaat jeruk nipis untuk tubuh yang bisa kamu dapatkan. Untuk mendapatkan khasiat terbaik, kamu bisa mulai rutin mengonsumsinya. Tetap jaga kesehatan, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
  1. healthline.com (2019) diakses 4 Juni 2020. 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss
  2. healthline.com (2019) diakses 4 Juni 2020. Limes: A Citrus Fruit with Powerful Benefits
  3. stylecraze.com (2019) diakses 4 Juni 2020. 38 Benefits Of Lime For Skin, Hair, And Health
  4. Healthline, diakses 20 September 2020, Honey Lemon Water: An Effective Remedy or Urban Myth?
  5. Live Strong, diakses 20 September 2020, Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight?
  6. Live Strong, diakses 20 September 2020, How Lemon Juice Can Help and Hurt Men’s Fertility.
  7. American Journal of Clinical Nutrition, diakses 20 September 2020, Effects on weight loss in adults of replacing diet beverages with water during a hypoenergetic diet: a randomized, 24-wk clinical trial.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 September 2020, Ascorbic acid treatment elevates follicle stimulating hormone and testosterone plasma levels and enhances sperm quality in albino Wistar rats.
  9. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 20 September 2020, Effect of the juice of lime (Citrus aurantifolia) on estrous cycle and ovulation of Sprague-Dawley rats.
    register-docotr