Diet dan Nutrisi

Bagus untuk Kecerdasan Bayi, Ini 6 Manfaat Sehat Konsumsi Ikan Dori

December 31, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Tidak hanya kaya akan nutrisi, manfaat ikan dori untuk kesehatan tubuh begitu banyak. Ikan ini juga cenderung mudah diolah, mulai dari dijadikan kudapan, sampai menu makanan utama.

Bahkan ikan dori juga cenderung aman dikonsumsi dalam rentang usia berapa pun. Termasuk untuk dijadikan menu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk si Kecil.

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk, simak apa saja keuntungan yang bisa diperoleh tubuh setelah mengonsumsi ikan yang satu ini.

Baca juga: Yuk, Kenali Manfaat Kandungan Gizi pada Ikan Agar Kamu Tetap Sehat

Fakta nutrisi ikan dori

Sudah menjadi rahasia umum jika semua jenis ikan mengandung nilai gizi yang teramat tinggi. Hal ini juga berlaku untuk ikan dori yang mengandung beberapa nutrisi seperti:

  1. Omega 3
  2. Yodium
  3. Besi
  4. Magnesium
  5. Taurin
  6. Selenium
  7. Flourida
  8. DHA
  9. EPA, dan lain sebagainya.

Manfaat ikan dori untuk kesehatan

Ikan dori adalah sumber protein berkualitas tinggi, sehingga spesies berlemak ini punya berbagai manfaat kesehatan sebagai berikut:

1. Meningkatkan kecerdasan bayi

Kecerdasan bayi bisa ditingkatkan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3. Ini salah satunya bisa didapatkan dengan rutin memakan ikan dori.

Bukan hanya omega 3, ikan dori juga memiliki banyak nutrisi baik lainnya yang bagus untuk pertumbuhan si Kecil. Misalnya seperti docosahexaenoic acid (DHA), dan asam eicosapentaenoic (EPA).

Keduanya diketahui memegang peranan penting dalam mengoptimalkan pertumbuhan sel-sel otak, dan membuat kecerdasan bayi menjadi semakin berkembang.

2. Manfaat ikan dori untuk menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan DHA dan EPA pada ikan dori ternyata tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan bayi. Ada juga manfaat lainnya, terutama bagi penderita darah tinggi.

Dilansir dari Ncbi, kandungan asam lemak omega-3 tak jenuh ganda seperti DHA, memiliki beragam efek terhadap peningkatan kondisi kesehatan.

Salah satunya termasuk menjaga tekanan darah agar tetap berada di ambang batas normal.

Baca juga: Sulit Melihat Jarak Jauh Pertanda Mata Minus, Yuk Coba Cara untuk Menyembuhkannya

3. Menjaga kesehatan mata

Seperti halnya otak, kesehatan mata juga sangat bergantung pada keberadaan lemak omega-3.

Hal ini terbukti dari sebuah studi ilmiah yang menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan asupan omega-3, memiliki risiko lebih besar terkena penyakit mata.

Ikan dori sendiri sangat kaya akan omega-3 dan berbagai jenis vitamin yang mampu membantu kamu menjaga kesehatan mata dengan baik.

4. Mengurangi risiko peradangan

Pada dasarnya peradangan adalah cara sistem kekebalan untuk melawan infeksi dan mengobati cedera yang terjadi di dalam tubuh.

Namun jika ini berlangsung dalam jangka panjang, bisa jadi akan muncul masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan. Oleh karena itu penting untuk mengurangi risiko terjadinya peradangan sedari dini, misalnya dengan rutin mengonsumsi ikan dori.

Salah satu jenis ikan dori yang dinamakan ikan John Dory diketahui mengandung sejumlah senyawa antiinflamasi yang tinggi di dalamnya.

Ini akan sangat membantu kamu menurunkan risiko peradangan dengan mengurangi produksi dan ekspresi gen dari molekul inflamasi yang disebut sitokin.

5. Manfaat ikan dori untuk menjaga kesehatan jantung

Berbagai faktor risiko penyebab penyakit jantung juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi ikan dori.

Adanya berbagai vitamin, mineral dan asam lemak omega 3 di dalam ikan dori dapat memberikan efek yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.

Akan tetapi perlu diingat bahwa kamu hanya boleh mengonsumsi ikan ini dalam jumlah yang secukupnya.

Terlalu banyak memakan ikan dori tidak disarankan karena kandungan kolesterol di dalamnya bisa menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius.

6. Membuat pencernaan yang sehat

Kesehatan sistem pencernaan di dalam tubuh merupakan hal penting yang harus kamu jaga. Untuk itu, kamu akan akan membutuhkan makanan yang mengandung cukup lemak.

Lemak tidak hanya akan membantu kamu merasa kenyang setelah makan, namun seringkali juga dibutuhkan untuk penyerapan nutrisi yang tepat.

Adapun lemak yang disarankan untuk dikonsumsi adalah asam lemak omega-3. Jenis lemak ini dapat menurunkan risiko terkena penyakit radang usus seperti kolitis ulserativa.

Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai jenis makanan seperti ikan dori, biji rami, biji chia, dan kacang-kacangan.

Jaga kesehatan kamu dan keluarga dengan konsultasi rutin bersama mitra dokter kami. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

Omega-3 fatty acids lower blood pressure by directly activating large-conductance Ca2+-dependent K+ channelshttps://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3607063/ diakses pada 17 Desember 2020

9 Health Benefits of John Dory – Excellent Source of Omega 3 https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fish/health-benefits-john-dory diakses pada17 Desember 2020

12 Incredible Health Benefits of Dory Fish for Body https://drhealthbenefits.com/food-bevarages/fish/health-benefits-of-dory-fish diakses pada 17 Desember 2020

11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish https://www.healthline.com/nutrition/11-health-benefits-of-fish#TOC_TITLE_HDR_13 diakses pada 17 Desember 2020

12 Health Benefits of DHA (Docosahexaenoic Acid), https://www.healthline.com/nutrition/dha-benefits diakses pada 17 Desember 2020

13 Benefits of Taking Fish Oil https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-fish-oil#TOC_TITLE_HDR_5 diakses pada 17 Desember 2020

Ways to improve digestion, https://www.healthline.com/nutrition/ways-to-improve-digestion#TOC_TITLE_HDR_4 diakses pada 17 Desember 2020

    register-docotr