Diet dan Nutrisi

Sering Dijadikan Bahan Sayur dan Lalapan, Ini Manfaat Daun Singkong yang Wajib Kamu Ketahui

August 21, 2020 | Richaldo Hariandja | dr. Pitoyo Marbun
feature image

Bukan hanya sekadar menggoyang lidah, ada manfaat daun singkong yang baik bagi kesehatan. Jadi, ketika kamu memakan sayur ini, kamu secara tidak langsung memberikan asupan pangan yang kaya akan protein, mineral dan vitamin bagi tubuh.

Daun singkong (Manihot utilissima) sendiri adalah makanan yang khas di Indonesia. Berbagai daerah menjadikannya sebagai bahan sayur hingga lalapan

Nah, supaya kamu tidak hanya tahu rasanya saja, berikut ini adalah manfaat daun singkong yang patut kamu pahami:

Kaya protein

Dalam 100 gram daun singkong yang sudah dimasak, terdapat sekitar 3,7 gram protein yang baik bagi kamu yang vegetarian. Daun singkong juga memiliki tipe protein yang berbeda dibandingkan dengan telur dan kedelai.

Dalam daun singkong terdapat lisin, isoleucine, leucine, valine dan banyak zat yang tidak biasa ditemukan di sayuran hijau lainnya. Hal ini yang membuat daun singkong sangat baik bagi kebutuhan protein tubuh.

Sebagai makanan yang kaya akan sumber protein, maka manfaat daun singkong adalah membantu dalam membentuk dan memperbaiki jaringan tubuh. Protein juga dibutuhkan untuk membuat enzim hormon dan zat kimia lainnya dalam tubuh.

Rendah kalori

Kamu hanya mendapatkan hanya 37 kalori dari 100 gram daun singkong yang sudah dimasak. Ini berarti daun singkong sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan.

Manfaat daun singkong yang satu ini bukan hanya bisa dirasakan tubuh saja, lho. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2011 menyebut makanan rendah kalori juga memberikan manfaat sebagai berikut:

  • Masa hidup yang lebih panjang
  • Mampu melakukan aktivitas fisik yang lebih berat
  • Memiliki risiko kanker yang lebih kecil
  • Berkurangnya pengaruh degenerasi pada otak yang disebabkan oleh usia lanjut
  • Meningkatnya kemampuan reproduksi

Kaya akan vitamin 

Kandungan vitamin pada daun singkong dikatakan Master Herbalist Dr Paul Haider dalam laman Organic.ng dapat disejajarkan dengan wortel, lho. Padahal, wortel sendiri merupakan sumber nutrisi yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh.

Setidaknya, terdapat beberapa vitamin dan kandungan lain dalam daun singkong seperti yang dibutuhkan tubuh seperti:

  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Beta karoten
  • Potasium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Kalsium

Dengan melihat kandungan tersebut, beberapa manfaat kesehatan yang bisa ditawarkan oleh daun singkong antara lain sebagai berikut:

Pencegah kanker

Manfaat daun singkong yang satu ini didapat dari kandungan beta karotennya yang tinggi. Beta karoten ini adalah provitamin A yang didapat dari pangan nabati.

Selain daun singkong, beta karoten juga bersumber dari makanan sayuran berwarna hijau tua serta sayuran dan buah-buahan berwarna kuning-jingga seperti daun kacang, kangkung, bayam, kacang panjang, buncis, wortel tomat hingga pepaya.

Akan tetapi, makanan yang mengandung beta karoten ini tidak boleh diolah secara sembarangan karena dapat merusak nutrisi penting tersebut. Hal ini berdasarkan saran dalam penelitian yang diterbitkan dalam Indonesian Journal of Human Nutrition.

Para peneliti menyebut daun singkong sebaiknya direbus dengan air garam untuk memperoleh manfaat beta karoten yang maksimal.

Menyehatkan jantung

Manfaat daun singkong bagi jantung didapat dari kandungan potasium yang dimilikinya. Semakin banyak konsumsi potasium, maka kesehatan jantung pun akan semakin meningkat.

Dilansir helathline.com, level potasium yang sehat di dalam darah berkisar pada 3,5 dan 5 milliequivalent per liter. Jika kamu mampu mempertahankannya di angka tersebut, maka otot jantung dapat berfungsi secara baik.

Berpotensi mempunyai efek antirematik

Dari dalam negeri, penelitian yang dilakukan di Akademi Farmasi Samarinda menemukan manfaat daun singkong sebagai obat antirematik. Percobaan ini dilakukan terhadap mencit yang memiliki berat badan 20 gram hingga 30 gram.

Menurut catatan para peneliti, kemampuan daun singkong ini disebabkan oleh ekstrak etanol pada daun ini yang mengandung senyawa flavonoid. Senyawa itu memiliki khasiat sebagai analgesik atau pereda nyeri. 

Dalam khasiat ini, mekanisme kerja flavonoid menghambat kerja enzim siklooksigenase. Kondisi ini membuat produksi prostaglandin oleh asam arakidonat berkurang sehingga nyeri pun menjadi ikut berkurang.

Itulah manfaat daun singkong bagi kesehatan yang wajib kamu pahami supaya kamu tidak lagi ragu untuk mengonsumsi makanan yang sehat ini.

Mulailah beralih pada pola hidup sehat dengan perbanyak makan sayuran. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kami melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference
  1. Organic.ng, diakses 18 Agustus 2020. Health benefits of cassava leaves
  2. Everydayhealth.com (2016) diakses 18 Agustus 2020. Low-Calorie Diets Mean High-Quality Lives, Research Shows
  3. Pubmed.ncbi.nlm.nih.gov (2011) diakses 18 Agustus 2020. Caloric restriction
  4. Webmd.com (2004) diakses 18 Agustus 2020. The Benefits of Protein
  5. Ijhn.ub.ac.id (2014) diakses 18 Agustus 2020. Pengaruh Proses Pengolahan Daun Singkong (Manihot esculenta Crantz) dengan berbagai perlakuan terhadap kadar Beta Karoten
  6. Jurnal.akfarsam.ac.id (2017) diakses 18 Agustus 2020.  EFEK EKSTRAK ETANOL DAUN SINGKONG (Manihot Utilissima Pohl) SEBAGAI OBAT ALTERNATIF ANTI REMATIK TERHADAP RASA SAKIT PADA MENCIT
  7. Sciencedirect.com (2015) diakses 18 Agustus 2020. Potential of cassava leaves in human nutrition: A review
  8. Healtline.com (2020) diakses 18 Agustus 2020. The Link Between Cardiovascular Disease and High Potassium
    register-docotr