Diet dan Nutrisi

Erat dengan Makanan Korea, Ini 5 Manfaat Daun Perilla untuk Kesehatanmu!

April 27, 2021 | Fitri Chaeroni | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Jika kamu penggemar makanan Korea pasti sudah tidak asing dengan perilla leaves atau daun perilla. Daun ini biasanya disantap bersama daging sebagai bungkusan.

Cita rasanya cukup manis, dan kerap dijadikan pelengkap dalam masakan. Tapi ternyata, selain nikmat daun perilla juga punya manfaat lho.

Ungkap lebih jauh terkait daun perilla dan apa saja manfaat daun ini untuk kesehatan pada ulasan berikut ini!

Daun perilla itu apa?

Perilla adalah tanaman asal Asia Timur yang dapat tumbuh di area hutan semi-basah dan semi shaded. Daun perilla umumnya berbentuk lonjong, berbulu, dan petiolated, dengan tepi kusut atau keriting. Beberapa daun juga ada yang berwarna merah dengan ukuran sangat besar.

Daun perilla kerap digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu daun perilla juga dimanfaatkan sebagai sayuran dan bumbu untuk memberi warna dan rasa pada banyak hidangan. 

Di Korea, biji dan daun Perilla ditambahkan dalam berbagai hidangan untuk menambah rasa. Teh herbal daun perilla juga tersedia di beberapa toko khas Korea untuk pilek dan batuk.

Baca Juga : Ginseng Korea: Benarkah Ampuh Atasi Berbagai Masalah Seksual Pria?

Kandungan daun perilla

Seluruh tanaman perilla sangat bermanfaat dan bergizi karena mengandung lemak, protein, vitamin, mineral dan fitokimia. Mirip dengan daun bayam, daun perilla juga kaya akan karotenoid. 

Ekstrak daun perilla memiliki sifat antioksidan, antialergi, anti inflamasi, antidepresan, anoreksigenik, dan pencegah tumor. Daun perilla juga mengandung nutrisi lain seperti kalori, lemak, karbohidrat, serat, mineral, dan vitamin.

  • Kalori: Daun perilla rendah kalori, karena setiap 100 gram porsi daun hanya menyediakan 37 kalori
  • Lemak: Daun perilla mengandung 1 g lemak di setiap 100 gram sajian
  • Karbohidrat dan serat: Daun perilla mengandung 7 gram karbohidrat di setiap 100 gram sajian
  • Serat: Daun perilla bebas gula dan menyediakan 7 gram serat pangan per porsi
  • Mineral: Daun perilla mengandung beberapa mineral, dengan 23 persen dari asupan kalsium harian yang disarankan dan 9 persen asupan zat besi yang disarankan setiap hari dalam porsi 100 gram
  • Vitamin: Daun perilla kaya akan vitamin C, dengan 43 persen dari asupan harian yang disarankan dalam porsi 100 gram.

Baca Juga : Bisa Turunkan Risiko COVID-19, Ini 7 Manfaat Kimchi untuk Tubuh

Manfaat daun perilla untuk kesehatan tubuh

Berikut beberapa manfaat daun perilla untuk kesehatan, yang pasti bisa membuat kamu jadi ingin lebih banyak makan sayuran khas Korea ini!

1. Cegah kanker

Melansir studi yang dipublikasikan melalui Biomedical Pharmacology Journal, daun perilla dan minyak ekstrak biji perilla menunjukkan adanya sifat antikanker. 

Dalam sebuah percobaan dilaporkan bahwa pengobatan diet 12 persen lemak dengan perilla menunjukkan adanya perlindungan terhadap tumor usus besar.

2. Meredakan flu dan demam

Dalam pengobatan China modern, daun perilla dikategorikan sebagai ramuan yang digunakan untuk mengatasi gejala flu biasa dan jenis gangguan akut serupa yang mungkin melibatkan hidung tersumbat, batuk, dan sakit kepala.

Daun perilla yang diolah menjadi teh juga dapat membantu masuk angin atau digunakan untuk mengobati dan mencegah masuk angin.

Daun perilla merupakan bahan obat hangat, yang dapat mengusir hawa dingin di dalam tubuh, sehingga dapat meredakan gejala masuk angin seperti hidung tersumbat, hidung berair, dll. 

3. Manfaat daun perilla untuk kulit

Sebuah penelitian pada tikus lab menunjukkan bahwa ekstrak daun perilla terbukti menghambat sintesis tirosinase dan melanin pada sel melanoma tikus.

Ini menunjukkan aplikasi potensial untuk pencerah kulit. Namun diperlukan penelitian lebih lanjut untuk melihat dampaknya pada manusia.

4. Bantu atasi penyakit ginjal

Rebusan daun perilla yang diminum menghasilkan penurunan proteinuria dan jumlah sel-sel glomerulus dan sel proliferatif inti antigen-positif pada hewan dengan glomerulonefritis mesangialproliferative.

Glomerulonefritis merupakan penyakit ginjal yang disebabkan oleh peradangan saringan kecil dalam ginjal (diketahui sebagai glomeruli).

5. Bantu atasi masalah pencernaan

Daun perilla mengandung flavonoid, yang membantu meredakan gejala sakit perut. Seperti kembung, mual, dan kembung.

Selain daunnya, minyak perilla juga bisa bantu redakan peradangan di perut sehingga bisa meningkatkan kondisi pencernaan.

Punya pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan? Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Livestrong. Diakses pada 27 April 2021. Nutritional Content of Perilla Leaves

Drugs. Diakses pada 27 April 2021. Perilla

Biomed Pharma Journal. Diakses pada 27 April 2021. A Review on Nutritional Value, Functional Properties and Pharmacological Application of Perilla (Perilla Frutescens L.)

ITM. Diakses pada 27 April 2021. Perilla Leaf, Seed, and Stem

    register-docotr