Diet dan Nutrisi

8 Manfaat Belimbing Wuluh: Atasi Alergi dan Jadi Antibiotik Alami

September 22, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Debby Deriyanthi
no-image

Belimbing wuluh adalah salah satu buah tropis yang mudah dijumpai di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Meski berbentuk mungil, ada banyak manfaat belimbing wuluh yang menakjubkan, terutama untuk pencegahan penyakit.

Buah yang memiliki nama Latin Averrhoa bilimbi ini juga sudah biasa digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Bagian apa saja dari belimbing wuluh yang bermanfaat bagi kesehatan dan penyakit apa saja yang dapat diatasi dengan mengonsumsi buah ini? Yuk, simak penjelasannya.

Manfaat daging buah belimbing wuluh

Bagian daging belimbing wuluh adalah yang paling umum digunakan dalam pengobatan tradisional. Studi menunjukkan dari ekstrak buah belimbing wuluh mengungkapkan adanya karbohidrat, protein, asam amino, flavonoid, tanin, minyak esensial, terpene serta beberapa zat lainnya.

Selanjutnya ditemukan juga kandungan vitamin belimbing wuluh. Yaitu kandungan vitamin C, A dan B kompleks. Serta ditemukan juga asam oksalat. Kandungan-kandungan tersebut dibutuhkan untuk menunjang kesehatan tubuh.

Manfaat daun belimbing wuluh

Bukan cuma buahnya, namun ada banyak manfaat daun belimbing wuluh yang bisa digunakan untuk mendukung kesehatan tubuh. 

Menurut salah satu penelitian dari ekstrak daun belimbing wuluh menunjukkan adanya alkaloid, tanin, saponin, dan flavonoid yang merupakan jenis antioksidan.

Dengan kata lain manfaat daun belimbing wuluh baik untuk tubuh karena kandungan oksidan yang dapat membantu menangkal radikal bebas. Selain itu, terdapat juga glikosida triterpen, fenol dan karbohidrat yang juga bermanfaat untuk tubuh. 

Manfaat bunga belimbing wuluh

Selain buah dan daun, banyak yang percaya bahwa terdapat juga manfaat bunga belimbing wuluh. Sayangnya belum banyak data mengenai manfaat bunga belimbing wuluh. 

Walaupun begitu masih ada pengobatan tradisional yang memercayai manfaat bunga belimbing wuluh. Seperti manfaat untuk meredakan batuk dengan cara mengonsumsi bunga belimbing wuluh yang dicampur sarang burung dan juga susu. 

Sementara, manfaat bunga belimbing wuluh lainnya yang terkenal yaitu untuk mengatasi pilek dan batuk. 

Nah, berikut ini daftar masalah kesehatan yang dapat diatasi buah bercita rasa asam ini. Masalah kesehatan tersebut dari alergi hingga mengonsumsi belimbing wuluh untuk mengecilkan perut dan mengatasi obesitas. 

Ragam manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan

Seperti disebutkan sebelumnya, belimbing wuluh selain bisa diolah menjadi makanan lezat juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan, lho. Apa saja ya khasiat belimbing wuluh untuk kesehatan?

1. Mengandung senyawa antibiotik alami

Salah satu manfaat buah ini yang tidak banyak orang tahu adalah kemampuannya sebagai antibiotik alami. Bukan dari dagingnya, melainkan getah pada batang dan daunnya.

Ada senyawa aktif di dalamnya yang mampu mengurangi pembengkakan, rematik, dan gatal-gatal.

Senyawa tersebut memiliki sifat astringen, juga bisa digunakan sebagai pereda rasa sakit dan nyeri akibat gigitan serangga. Cukup haluskan batang dan daun muda dari pohon belimbing wuluh, lalu oleskan pada bagian permukaan kulit. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil terbaik.

2. Membantu meredakan reaksi alergi

Alergi merupakan reaksi tubuh terhadap benda atau zat asing. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti makanan, obat-obatan, udara yang terkontaminasi, paparan logam, dan lainnya.

Sebagian besar alergi memunculkan ruam atau bintik merah di permukaan kulit, biasanya disertai rasa gatal. Kamu bisa meredakan gejala tersebut dengan belimbing wuluh. Senyawa bersifat astringen yang dimilikinya bisa membantumu dalam menghilangkan rasa nyeri dan ruam tersebut.

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu membuat jus buah belimbing wuluh lalu meminumnya. Cara lainnya yakni tumbuk sampai halus, lalu bubuhkan pada permukaan kulit yang terdapat ruam dan bintik merah. Lakukan secara rutin agar senyawa astringen bisa bekerja lebih optimal.

3. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Khasiat belimbing wuluh lainnya yaitu sebagai pengontrol gula darah alami. Kandungan vitamin belimbing wuluh, seperti vitamin C dan B kompleks yang berperan dalam menstabilkan kadar gula darah.

Untuk merasakan manfaat yang satu ini, ada dua cara yang bisa kamu lakukan. Buat belimbing wuluh menjadi jus, atau rebus buah yang telah ditumbuk hingga airnya mendidih. Kamu bisa mengonsumsinya dua kali dalam sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Kenali Penyebab Gula Darah Tinggi, Gejala dan Cara Mengatasinya

4. Manfaat belimbing wuluh untuk jerawat

Banyak orang yang memercayai manfaat belimbing wuluh untuk jerawat karena adanya kandungan asam oksalat dan vitamin A. Kandungan tersebut membantu mengurangi jerawat, meredakan peradangan yang menyakitkan. 

Jika ingin menggunakan belimbing wuluh untuk jerawat, kamu bisa menumbuk buahnya dan menggunakannya sebagai masker. Biarkan masker selama 30 menit dan dibilas setelahnya. Jangan lupa melakukannya dengan rutin, ya.

Selain menggunakan belimbing wuluh untuk jerawat, ada beberapa manfaat belimbing wuluh untuk wajah. Manfaat belimbing wuluh untuk wajah yang terkenal yaitu dapat mengurangi flek hitam dan untuk mengencangkan kulit.

Kebaikan belimbing wuluh untuk wajah itu karena adanya kandungan vitamin C. Di mana kandungan vitamin belimbing wuluh tersebut dapat meningkatkan produksi kolagen, zat yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Manfaat belimbing wuluh untuk sendi

Ada satu khasiat belimbing wuluh yang tidak boleh dianggap remeh, yaitu mampu membantu mencegah terjadinya radang sendi. Selain membawa sifat anti-inflamasi, belimbing wuluh ternyata juga memiliki sifat analgesik, lho.

Analgesik sendiri mengacu pada sifat yang dapat melawan rasa nyeri, termasuk di sendi. Radang sendi ini biasanya dialami orang-orang yang telah memasuki usia senja, seiring dengan penurunan fungsi sejumlah organ.

Kamu bisa membiasakan diri mengonsumsi buah ini selagi masih muda sebagai pencegahan radang sendi. Cukup rebus belimbing wuluh dan minum airnya dua kali dalam sehari.

6. Manfaat belimbing wuluh untuk tulang

Semakin bertambahnya usia, tubuh akan mengalami penurunan fungsi, termasuk tulang. Belimbing wuluh mampu membantu tubuh menjaga kekuatan tulang, termasuk gigi.

Buah ini bisa mengatasi osteoporosis atau pengeroposan tulang. Hal tersebut tak lepas dari kandungan fosfor alami yang terdapat di dalamnya.

Fosfor adalah senyawa aktif yang melengkapi kalsium dalam menjaga kepadatan tulang, termasuk gigi. Kekurangan fosfor dapat memicu ketidakstabilan atau penurunan penyerapan kalsium di dalam tubuh.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Daftar 10 Makanan Sumber Zat Besi Tinggi bagi Tubuh

7. Mencegah perdarahan akibat infeksi

Siapa sangka, ternyata belimbing wuluh juga bisa mencegah terjadinya perdarahan, lho. Perdarahan di sini adalah kondisi yang muncul akibat luka pada permukaan kulit luar, misalnya infeksi.

Belimbing wuluh memiliki tanin dan senyawa polifenol. Kandungan ini bisa membantu tubuh dalam menggumpalkan darah, sehingga bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan aktivitas perdarahan itu sendiri.

Belum lagi, terpen yang merupakan senyawa alami pada tumbuhan bergetah memiliki sifat antiradang, sehingga bisa meredakan infeksi yang ada pada kulit.

8. Menurunkan berat badan

Kabar baik untuk kamu yang ingin mengecilkan perut. Karena kamu bisa menggunakan belimbing wuluh untuk mengecilkan perut. Menurut sebuah publikasi di US National Library of Medicine, belimbing wuluh efektif dalam membantu menurunkan berat badan.

Buah ini mengandung senyawa anti-hiperlipedemik yang mampu memaksimalkan proses pembakaran lemak. Dengan kata lain dapat menggunakan belimbing wuluh untuk mengecilkan perut.

Tak heran jika buah ini telah digunakan secara turun-temurun oleh masyarakat India kuno sebagai pengobatan tradisional dalam mengendalikan obesitas. Obesitas sendiri adalah pintu masuk dari berbagai penyakit.

Nah, itulah 8 manfaat belimbing wuluh yang menyehatkan. Konsumsi atau penggunaan yang rutin cukup efektif dalam pencegahan penyakit. Yuk, mulai biasakan diri berteman dengan belimbing wuluh untuk dapatkan berbagai khasiatnya!

Jangan pernah ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Berita Terkait
register-docotr