Diet dan Nutrisi

Bayam hingga Kiwi, Ini Daftar Makanan yang Mengandung Vitamin K!

May 26, 2021 | Nik Nik Fadlah | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Memenuhi asupan vitamin K dalam tubuh itu penting. Sebab, vitamin K memiliki berbagai peranan untuk sistem tubuh, seperti menjaga kesehatan tulang, terlibat dalam proses pembekuan darah, hingga mencegah penyakit jantung. Lalu, apa saja makanan yang mengandung vitamin K?

Pada dasarnya, jumlah yang disarankan untuk asupan vitamin K per harinya bergantung dari jenis kelamin serta usia. Untuk pria jumlah yang disarankan yakni 120 mcg, sedangkan untuk wanita yakni 90 mcg.

Baca juga: Ragam Manfaat Daging Kelinci: Jaga Kesehatan Jantung hingga Turunkan Berat Badan

Jenis makanan yang mengandug vitamin K

Vitamin K mudah ditemukan dalam makanan, mulai dari sayur-sayuran hingga buah-buahan. Nah, berikut ini adalah berbagai jenis makanan yang mengandung vitamin K untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

1. Makanan yang mengandung vitamin K: Kale

Kale merupakan sayuran yang dianggap sebagai superfood. Ini berkat kandungan nutrisi pada kale yang berlimpah. Perlu kamu ketahui bahwa vitamin K dapat membantu dalam pembekuan darah ketika terjadi luka.

Vitamin K bekerja dengan cara membuat protein yang terlibat dalam proses pembekuan darah. Selain kaya akan kandungan vitamin K, kale juga mengandung kalsium, kalium atau potasium, hingga folat. Setengah cangkir kale mengandung sekitar 565 microgram (mcg) vitamin K.

2. Bayam

Makanan yang mengandung vitamin K selanjutnya adalah bayam. Bahkan dalam setengah cangkir bayam yang dimasak mengandung sekitar 444 mcg vitamin K.

Jika dibandingkan dengan secangkir bayam mentah, kandungan vitamin K dalam setengah cangkir bayam yang dimasak mengandung tiga kali lebih banyak vitamin K.

Selain vitamin K, kandungan lain yang terdapat dalam bayam termasuk vitamin A, vitamin B, vitamin E, magnesium, folat, dan zat besi. Seperti dikutip dari laman Healthline.

3. Brokoli

Brokoli adalah sayuran bernutrisi yang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Perlu kamu ketahui bahwa sayuran yang satu ini rendah akan kandungan kalori. Oleh karenanya, brokoli merupakan salah satu sayuran populer untuk menurunkan berat badan.

Tak hanya itu, brokoli juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menurunkan risiko kanker. Dalam satu cangkir brokoli yang dimasak mengandung sekitar 170 mcg vitamin K.

4. Asparagus

Vitamin K juga ditemukan dalam asparagus. Bahkan, dalam setengah cangkir asparagus yang dimasak mengandung sekitar 72 mcg vitamin K. Tak hanya mengandung vitamin K, asparagus juga memiliki kandungan nutrisi lainnya, seperti folat, serat, hingga protein.

5. Lobak hijau

Lobak hijau merupakan makanan lainnya yang mengandung vitamin K. Kandungan vitamin K dalam setengah cangkir lobak hijau yang dimasak yakni sekitar 425 vitamin K.

Bukan hanya itu, lobak hijau juga kaya akan kandungan kalsium, yang mana kandungan tersebut baik dapat membantu memperkuat tulang.

6. Kiwi, salah satu makanan yang mengandung vitamin K

Selain sayuran, vitamin K juga ditemukan dalam buah-buahan, salah satunya adalah kiwi. Dalam satu cangkir kiwi mengandung sekitar 72,5 vitamin K.

Sama halnya seperti buah lainnya, kiwi juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, seperti vitamin C, vitamin E, potasium, serta folat.

Kiwi sendiri dikaitkan dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca juga: Beras Merah vs Quinoa Manakah yang Lebih Sehat untuk Diet?

7. Kedelai

Perlu diketahui bahwa terdapat dua jenis vitamin K, yakni vitamin K1 (phylloquinone), dan vitamin K2 (menaquinones). Vitamin K1 sendiri hadir dari tumbuhan. Sementara itu, vitamin K2 dapat ditemukan dalam makanan hewani serta makanan yang difermentasi layaknya keju.

Nah, kedelai maupun minyak kedelai mengandung vitamin K2. Bahkan dalam setengah cangkir kedelai mengandung sekitar 43 mcg vitamin K. Selain vitamin K, kedelai juga memiliki kandungan nutrisi lain, seperti protein, serat, serta fosfor.

8. Blueberry

Selain kiwi, buah lainnya yang juga mengandung vitamin K yakni blueberry. Jenis vitamin K yang terkandung dalam blueberry adalah vitamin K1. Vitamin K1 sendiri terlibat dapat proses pembekuan darah, namun ini juga bermanfaat untuk kesehatan tulang. 

Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, blueberry juga mengandung nutrisi lainnya seperti protein, serat, vitamin C, serta mangan.

9. Daging organ

Seperti yang sudah diketahui bahwa menaquinone atau vitamin K2 utamanya ditermukan dalam produk hewani. Maka dari itu, daging organ dapat menjadi sumber vitamin K2 untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai jenis-jenis makanan yang mengandung vitamin K. Jika kamu memiliki pertanyaan lebih lanjut seputar kesehatan tubuh, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.

Konsultasikan masalah kesehatan kamu dan keluarga melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Mitra dokter kami siap memberi solusi. Yuk, download aplikasi Good Doctor di sini!

Reference

Healthline (2017). Diakses pada 24 Mei 2021. The Best 15 Foods for Vitamin K 

Healthline (2019). Diakses pada 24 Mei 2021. Blueberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits 

Healthline (2019). Diakses pada 24 Mei 2021. Soybeans 101: Nutrition Facts and Health Effects 

Webmd (2020). Diakses pada 24 Mei 2021. Healthy Foods High in Vitamin K

Very Well Fit (2021). Diakses pada 24 Mei 2021. 10 Foods That Are High in Vitamin K

    register-docotr