Diet dan Nutrisi

Makanan Mengandung Lemak Baik dan Manfaat untuk Kesehatan

June 24, 2020 | Nik Nik Fadlah | dr. Debby Deriyanthi
feature image

Jika kita berpikir tentang lemak pasti yang ada dipikiran kita adalah dapat membahayakan tubuh. Eits, tetapi jangan salah, ternyata ada lemak baik yang terkandung dalam makanan yang justru harus dikonsumsi oleh tubuh kita lho! Lalu apa saja makanan yang mengandung lemak baik?

Berbeda dengan lemak jahat, lemak baik justru memberikan manfaat bagi tubuh kita, salah satunya adalah dapat memberikan energi bagi tubuh. Terdapat beberapa makanan yang mengandung lemak baik yang perlu kamu tahu. Yuk simak selangkapnya di sini.

Manfaat makanan yang mengandung lemak baik

Dokter menganggap lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat) dan lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat) menjadi lemak yang baik untuk kesehatan jantung, baik untuk kolesterol, serta kesehatan secara keseluruhan. Kedua lemak ini merupakan pilihan yang tepat untuk diet.

Diet yang mengandung lemak tak jenuh tunggal, sedang, hingga tinggi dapat bermanfaat dalam penurunan berat badan, asalkan kamu tidak mengonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan dengan yang kamu bakar.

Tak hanya itu saja, kedua lemak baik tersebut dapat membantu:

  • Menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke
  • Menurunkan kadar kolesterol “jahat” LDL, dan meningkatkan kolesterol “baik” HDL
  • Mencegah detak jantung yang tidak normal
  • Menurunkan trigliserida yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung serta dapat melawan peradangan
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mencegah atherosclerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh darah)

Menambahkan lebih banyak lemak baik dan sehat ini ke dalam makanan kamu juga dapat membantu kamu merasa lebih puas setelah makan serta mengurangi rasa lapar. Dengan demikian, hal tersebut dapat mendukung penurunan berat badan.

Baca juga: Yuk Sayangi Tubuh dengan Menurunkan Kadar Kolesterol, Begini Caranya!

Makanan yang mengandung lemak baik

Lemak baik memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Untuk mendapatkan manfaat tersebut akan lebih mudah jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa saja makanan yang mengandung lemak baik.

Dilansir dari Healthline, berikut adalah makanan yang mengandung lemak baik (lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda).

1. Lemak tak jenuh tunggal

Jenis lemak bermanfaat ini hadir dalam berbagai makanan dan minyak. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh tunggal dapat meningkatkan kadar kolesterol “baik” dalam darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Tak hanya itu saja, lemak jenis ini menyediakan nutrisi untuk mengembangkan dan memelihara sel-sel tubuh. Minyak yang kaya akan lemak tak jenuh tunggal berkontribusi dalam memberikan vitamin E dalam makanan, serta juga memberikan antioksidan.

Makanan yang termasuk dalam lemak jenis ini di antaranya adalah:

  • Kacang-kacangan (almond, kacang mede, kacang tanah, kacang pecan)
  • Minyak nabati (minyak zaitun, minyak kacang)
  • Selai kacang dan selai almond
  • Alpukat

2. Lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda dikenal sebagai “lemak esensial” karena tubuh tidak dapat membuatnya dan membutuhkannya dari makanan.

Makanan nabati dan minyak nabati adalah sumber utama lemak ini. Seperti halnya lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan cara menurunkan kadar kolesterol darah.

Asam lemak omega-3

Jenis lemak tertentu, yang disebut asam lemak omega-3 telah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Omega-3 juga dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan menjaga detak jantung agar tetap teratur.

Omega-3 terdapat di dalam jenis ikan berlemak, seperti:

  • Salmon
  • Herring
  • Sarden
  • Trout

Kamu juga dapat menemukan omega tiga dalam minyak biji rami, kacang kenari, dan minyak kanola. Namun, makanan ini mengandung lemak yang kurang aktif jika dibandingkan dengan ikan.

Asam lemak omega-6

Selain asam lemak omega-3, kamu dapat menemukan lemak tak jenuh ganda dalam makanan berikut, yang mengandung asam lemak omega-6.

  • Tahu
  • Kacang kedelai panggang dan selai kacang kedelai
  • Kacang kenari
  • Biji-bijian (biji bunga matahari, biji labu, biji wijen)
  • Minyak nabati (minyak jagung, minyak safflower, minyak wijen, minyak bunga matahari)
  • Margarin lunak (cair atau padat)

Jika kamu ingin memiliki tubuh yang lebih sehat, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak baik dan menghindari makanan yang memiliki kandungan lemak jahat di dalamnya.

Jika kamu masih ragu untuk mengonsumsi lemak baik ini atau jika kamu memiliki kondisi kesehatan tertentu, kamu dapat berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Anlene (2019). Diakses pada 18 Juni 2020. Mengenal Pengaruh Lemak Baik dan Lemak Jahat untuk Kesehatan Jantung 

Alert (2015). Diakses pada 18 Juni 2020. Monounsaturated Fat 

Future Fit Training. Diakses pada 18 Juni 2020. What Are The Benefits of Healthy Fats? 

Healthline (2019). Diakses pada 18 Juni 2020. Good Fats, Bad Fats, and Heart Disease

Help Guide (2019). Diakses pada 18 Juni 2020. Choosing Health Fats 

    register-docotr