Diet dan Nutrisi

Agar Tetap Fit, Begini Tips Cerdas Memilih Makanan Sehat untuk Orang Sibuk

May 11, 2020 | Ajeng Annastasia | dr. Desi
no-image

Salah satu cara  menjaga tubuh tetap sehat adalah memilih makanan yang tepat. Nah, bagaimana cara memilih makanan sehat untuk orang sibuk?

Ini perlu menjadi perhatian karena makanan sehat nyatanya juga mampu membuat mood jadi lebih stabil dan menjaga tubuh jadi lebih prima.

Tips memilih makanan sehat untuk orang sibuk

Bagi orang sibuk, keterbatasan waktu seringkali jadi kendala utama. Berikut informasi lengkap tentang cara memilih makanan sehat untuk orang sibuk:

Awali dengan sarapan

makanan sehat untuk orang sibuk
Jangan lupa selalu sarapan, ya. Foto: Shutterstock.com

Setiap tubuh memerlukan asupan makanan di pagi hari. Selain itu mengawali hari dengan sarapan mampu membantu membuat indeks glikemik dalam darah menjadi lebih terkontrol. 

Saat memilih sarapan sebaiknya hindari makanan dengan gula yang tinggi dan karbohidrat sederhana, sebab akan membuat kinerja tubuh menjadi lebih berat sehingga lebih mudah mengantuk. 

Lebih baik pilih sarapan yang ringan namun kaya protein dan serat, seperti kacang almond, pistachio, oatmeal, chia seed, buah-buahan dan juga sayur-sayuran yang direbus.

Baca juga: Agar Tetap Lancar, Yuk Coba 5 Gerakan Yoga untuk Melancarkan Haid Ini

Trik memilih makanan sehat untuk orang sibuk: hindari kopi

minum kopi saat sahur
Hindari minum kopi berlebihan. Foto: Shutterstock.com

Bagi sebagian orang minum kopi menjadi satu kebutuhan yang tak bisa ditinggalkan demi menjaga kualitas mood. Namun tahukah kamu jika terlalu banyak minum kopi bisa membebani kinerja tubuh, terutama organ hati? 

Tak hanya itu, minum kopi berlebihan akan membuat tubuh gampang mengalami dehidrasi, insomnia, mudah gelisah hingga gangguan pencernaan. 

Ada banyak minuman lain yang lebih sehat untuk tubuh ketimbang kopi, seperti seduhan akar dandelion yang bagus untuk membuang racun dalam tubuh, seduhan ginseng yang mampu meningkatkan energi, juga daun mint yang mampu meredakan sakit perut.

Jangan lupa minum air putih

Meski sibuk bekerja, jangan sampai lupa minum air putih. Setidaknya dalam satu hari minumlah air putih sebanyak 2 liter atau kurang lebih 8 gelas.

Ini penting supaya tubuh selalu terhidrasi dengan baik demi menjaga metabolisme tubuh lebih maksimal. 

Makanan sehat untuk orang sibuk: bukan makanan kemasan

Makanan kemasan umumnya mengandung banyak bahan tambahan pangan sintetik yang selain kurang bermanfaat bagi tubuh juga memiliki efek negatif yang berbahaya.

Bahan-bahan tersebut bisa berupa pengawet makanan, pewarna makanan, hingga penyedap rasa. 

Pilih bahan makanan yang masih segar

anemia
Selalu pilih bahan makanan yang segar. Foto: Shutterstock.com

Setelah menghindari makanan kemasan, makanan sehat untuk orang sibuk adalah memilih makanan dari bahan-bahan yang masih segar. Misalnya seperti  buah, sayur, daging, ikan, telur dan masih banyak lagi. 

Agar lebih sehat, kamu bisa mengolahnya sendiri di rumah. Jika suka ngemil, coba bawa buah-buahan yang sudah dipotong kecil-kecil atau sayuran rebus.

Perhatikan cara pengolahan saat makan di restoran

Masih suka makan di restoran? Jika iya, maka ada baiknya untuk ketat memilih menu makanan yang akan dipesan. Sebaiknya hindari makanan yang dimasak dengan minyak berlebih dan dengan suhu tinggi hingga kering atau makanan yang ditaburi keju. 

Makanan yang terlihat menggoda tersebut nyatanya hanya mengandung banyak kalori. Lebih baik pilih menu yang direbus, dikukus atau dipanggang. 

Hindari alkohol

Tak hanya buruk bagi tubuh, konsumsi alkohol berlebihan sangat tidak dianjurkan. Alkohol yang kamu konsumsi bisa memicu dehidrasi, meningkatkan risiko hipertensi, stroke, serangan jantung hingga memengaruhi sistem organ di dalam tubuh. 

Karena itu sebaiknya hindari alkohol terlebih jika kamu memiliki aktivitas yang sibuk, ini bisa membahayakan kondisi tubuh. 

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan yang Aman dan Efektif, Mau Coba?

Pilihan nutrisi makanan sehat untuk orang sibuk

Makanan kaya serat punya banyak manfaat baik untuk tubuh. Tak hanya bagus untuk pencernaan, tetapi juga memberi efek kenyang lebih lama, mampu menjaga kolesterol dan gula darah tetap dalam kondisi yang stabil. 

Coba ganti nasi putih dengan nasi merah yang kandungan seratnya lebih banyak. Bisa juga dengan biji-bijian, atau sayuran hijau yang direbus. Atau bisa juga ganti camilan dengan potongan buah segar.

Jangan makan berlebihan

makanan sehat untuk orang sibuk
Tetap jaga porsi makanan kamu, ya! Foto: Shutterstock.com

Agar aktivitas makin optimal, sebaiknya jangan makan secara berlebihan. Makan saja secukupnya dan teratur. Jika masih merasa lapar setelah makan, tunggu hingga 30 menit baru makan lagi dengan porsi kecil. 

Konsumsi suplemen jika perlu

Lebih lengkap lagi kalau kamu mengonsumsi suplemen. Aktivitas yang padat mengharuskan tubuh mampu menyerap manfaat makanan secara sempurna. Salah satunya adalah dengan suplemen. 

Ada beberapa suplemen yang bisa membantu meningkatkan vitalitas tubuh, misalnya probiotik, mineral, minyak ikan, virgin coconut oil dan masih banyak lagi.

Memilih makanan sehat untuk orang yang sibuk bukan terletak pada seberapa banyak makanan yang dikonsumsi, melainkan seberapa tepat nutrisinya. 

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

WebMD. Diakses 9 Desember 2019. Foods That Boost Your Energy
MayoClinic. Diakses 9 Desember 2019. Water: How much should you drink every day?
WebMD. Diakses 9 Desember 2019. Breakfast: Is It the Most Important Meal?

    Berita Terkait
    register-docotr