Diet dan Nutrisi

7 Makanan Pembunuh Sel Kanker yang Jarang Diketahui, Berikut Daftarnya!

December 8, 2020 | Muhammad Hanif S. | dr. Raja Friska Yulanda
feature image

Kanker masih menyandang status sebagai salah satu penyakit yang mematikan. Kamu bisa melakukan beberapa cara untuk meminimalkan risikonya, salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu. Ya, ada banyak makanan pembunuh sel kanker yang bisa kamu konsumsi rutin.

Apa saja makanan itu? Bagaimana cara kerjanya dalam membunuh sel kanker? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini.

Baca juga: Jarang Sembuh Total, Ini 5 Jenis Kanker Paling Mematikan

Daftar makanan pembunuh sel kanker

Ada banyak makanan pembunuh sel kanker yang mudah dijumpai di sekitar, mulai bumbu dapur seperti bawang putih dan kayu manis hingga produk laut seperti salmon dan makarel. Berikut daftar lengkapnya yang perlu kamu tahu:

1. Brokoli

Brokoli bisa menjadi makanan pembunuh sel kanker. Ada kandungan sulforafana yang memiliki sifat antikanker. Senyawa tersebut biasa ditemukan pada beberapa jenis sayuran.

Menurut sebuah penelitian, zat sulfrorafana bisa mengurangi pertumbuhan sel kanker hingga 75 persen, terutama yang berkembang di payudara. Riset lain juga mengungkapkan, senyawa yang sama dapat membunuh sel kanker yang tumbuh di sekitar prostat hingga lebih dari 50 persen.

2. Kayu manis

Selama ini, kayu manis dikenal karena kemampuannya dalam mengurangi kadar gula darah dan meredakan aktivitas peradangan. Faktanya, kayu manis juga merupakan salah satu makanan pembunuh sel kanker, lho.

Sebuah studi menjelaskan, senyawa aktif yang terkandung pada kayu manis bekerja dengan cara menghalangi penyebaran sel kanker, lalu perlahan membunuhnya. Khasiatnya menjadi lebih efektif saat sel jahat tersebut berkembang di kepala dan leher.

Tak hanya itu, berdasarkan satu publikasi, ekstrak kayu manis juga ampuh untuk mengecilkan tumor yang merupakan tanda awal dari kanker. Untuk mendapatkan hasil optimal, campurkan 2 hingga 4 gram (satu sendok teh) ekstrak kayu manis pada menu makananmu setiap hari, ya.

3. Kunyit

Makanan pembunuh sel kanker berikutnya adalah kunyit. Khasiat dari kunyit tak lepas dari kandungan yang dimiliki, terutama kurkumin. Senyawa aktif yang juga berfungsi memberi warna kuning pada kunyit tersebut mempunyai sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antikanker.

Menurut sebuah penelitian yang melibatkan 44 orang, konsumsi 4 gram kunyit setiap hari selama satu bulan cukup efektif mengurangi jumlah lesi akibat kanker hingga 40 persen. Kurkumin juga bisa menghambat enzim tertentu yang dapat mendukung pertumbuhan kanker.

Jika dikonsumsi secara rutin, kunyit dapat membantu membunuh sel kanker yang berada di kepala, leher, paru-paru, payudara, dan prostat. Untuk hasil terbaik, konsumsi setidaknya 2 hingga 3 sendok teh kunyit bubuk setiap hari, bisa dijadikan bumbu halus pada makanan.

Baca juga: 18 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

4. Buah-buahan sitrus

makanan pembunuh sel kanker
Buah-buahan sitrus. Sumber foto: University of Washington.

Buah-buahan sitrus seperti jeruk, lemon, limau, dan jeruk bali ternyata bisa membantu membunuh sel kanker, lho. Ini tak lepas dari tingginya kandungan vitamin yang dimiliki, mampu berperan sebagai antioksidan dalam membasmi sel-sel abnormal di dalam tubuh.

Sebuah studi memaparkan, konsumsi buah-buahan sitrus secara rutin (setidaknya tiga porsi per minggu) bisa membunuh sel kanker di perut hingga 28 persen. Konsumsi yang sama juga dapat menghambat penyebaran sel abnormal di saluran pernapasan atas dan pankreas.

5. Bawang putih

Sebagai bahan yang sering digunakan sebagai bumbu dalam masakan, bawang putih cukup ampuh membantu membunuh sel kanker di dalam tubuh. Ini tak lepas dari senyawa aktif bernama alisin.

Tak hanya untuk mengobati, bawang putih juga efektif digunakan sebagai pencegahan kanker.

Sebuah riset yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang memaparkan, orang-orang yang sering mengonsumsi bawang putih cenderung lebih jarang terkena kanker ketimbang yang tidak pernah memakannya.

6. Tomat

Terlepas dari perdebatan buah atau sayur, tomat adalah makanan yang bisa membantu membunuh sel kanker di dalam tubuh. Senyawa aktif bernama likopen mempunyai sifat antikanker yang sangat tinggi.

Sebuah review yang meninjau 17 penelitian menemukan fakta bahwa asupan tomat mentah atau matang bisa berkontribusi dalam mengatasi penyakit kanker, terutama prostat.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengonsumsi tomat, salah satunya adalah mengolahnya menjadi saus yang lezat.

7. Ikan laut

Makanan pembunuh sel kanker yang terakhir adalah ikan laut. Mengutip Healthline, kandungan nutrisi seperti vitamin D dan asam lemak omega-3 dipercaya bisa membantu mengatasi penyebaran sel kanker di dalam tubuh. Kamu bisa mendapatkan zat tersebut dari salmon, teri, dan makarel.

Nah, itulah daftar makanan pembunuh sel kanker yang perlu kamu tahu. Kamu bisa menjadikan beberapa makanan di atas sebagai menu utama untuk sarapan, makan siang, atau makan malam.

Jangan ragu untuk konsultasikan masalah kesehatanmu bersama dokter terpercaya di Good Doctor. Download dan akses layanannya 24/7 di sini. Kini, semua informasi kesehatan ada di genggamanmu!

Reference

  1. Healthline, diakses 24 November 2020, 13 Foods That Could Lower Your Risk of Cancer.
  2. Medical News Today, diakses 24 November 2020, The best cancer-fighting foods.
  3. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Lycopene/tomato consumption and the risk of prostate cancer: a systematic review and meta-analysis of prospective studies.
  4. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Consumption of large amounts of Allium vegetables reduces risk for gastric cancer in a meta-analysis.
  5. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Citrus fruit intake and stomach cancer risk: a quantitative systematic review.
  6. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Phase IIa clinical trial of curcumin for the prevention of colorectal neoplasia.
  7. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Cinnamon extract induces tumor cell death through inhibition of NFκB and AP1.
  8. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Sulforaphane, a dietary component of broccoli/broccoli sprouts, inhibits breast cancer stem cells.
  9. National Center for Biotechnology Information (NCBI), diakses 24 November 2020, Sulforaphane induces caspase-mediated apoptosis in cultured PC-3 human prostate cancer cells and retards growth of PC-3 xenografts in vivo.

    register-docotr