Diet dan Nutrisi

Lemak di Wajah Bikin Risi? Ini 5 Tips untuk Menghilangkannya Secara Alami

January 11, 2021 | Richaldo Hariandja | dr. Raja Friska Yulanda
no-image

Memiliki lemak di bagian tubuh tertentu memang terkadang sangat mengganggu, apalagi jika di wilayah wajah. Tapi jangan khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasi lemak di wajah secara alami.

Lemak di wajah sendiri biasanya muncul karena lemak berlebih yang tumbuh di keseluruhan tubuh.

Cara menghilangkan lemak di wajah secara alami

Tak perlu langsung ambil tindakan medis, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat wajah terlihat lebih ramping secara alami:

1. Olahraga kardio

Mengurangi berat badan secara umum dapat memberikan efek wajah yang lebih kurus. Ada berbagai tipe olahraga dan beberapa di antaranya bisa menghasilkan penurunan berat badan secara efektif.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Applied Physiology menyebut olahraga kardiovaskular dan kombinasinya bisa jadi salah satu solusi. Olahraga ketahanan tubuh yang berfokus pada pembentukan otot efektif dalam mengurangi lemak tubuh.

Dalam penelitian yang melibatkan 119 partisipan itu para peneliti menyimpulkan kalau kamu ingin mengurangi massa lemak, maka cobalah olahraga kardiovaskular ketimbang olahraga ketahanan tubuh.

Kamu bisa melakukan olahraga ini dengan intensitas yang bisa disesuaikan. Selain itu Medical News Today juga menyebut kalau olahraga kardiovaskular dengan intensitas tinggi lebih efektif dalam membakar lebih banyak lemak.

2. Senam wajah

Senam wajah bisa membuat wajah terlihat lebih kurus, lho! Bahkan, penelitian dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research menyebut kalau senam wajah bisa meningkatkan tampilan wajah, melawan penuaan dan meningkatkan kekuatan otot. 

Senam wajah yang paling terkenal adalah menggembungkan pipi dan menekan udara yang menahan pipi tersebut dari sisi kiri ke kanan atau sebaliknya. Mengerutkan bibir dan tersenyum sambil mengatupkan gigi selama beberapa detik.

Meskipun demikian, Healthline menyebut kajian terkait efektivitas senam wajah dengan pengurangan lemak masih kurang. Oleh karena itu, dibutuhkan kajian lebih jauh terkait efeknya terhadap pengurangan lemak wajah.

3. Sering minum air putih

Kamu tentu sudah tahu bagaimana pentingnya air putih terhadap kesehatan tubuh. Nah, untuk urusan mengurangi lemak wajah, kamu pun bisa mengandalkan air putih.

Air putih bisa membuat kamu merasa kenyang dan penuh serta membantu mengurangi berat badan. 

Bahkan sebuah kajian yang diterbitkan dalam Clinical Nutrition Research menyebut kalau minum air putih sebelum makan dapat mengurangi konsumsi kalori saat makan.

Tidak hanya itu, penelitian lain dalam Journal of Clinical & Diagnostic Research menyebut minum air putih meningkatkan metabolisme kamu secara sementara. Dengan demikian, kamu bisa meningkatkan jumlah kalori yang dibakar sepanjang hari sehingga berat badan berkurang.

4. Pastikan tidur kamu cukup

Memastikan tubuh mendapat waktu beristirahat yang cukup merupakan hal yang penting untuk kesehatan. Karena efek dari kurang tidur adalah peningkatan berat badan.

Ketika kamu kurang tidur, maka akan memengaruhi level hormon yang menyebabkan perasaan lapar, yaitu hormon ghrelin. Hormon ini berfungsi untuk merangsang nafsu makan. Kurang tidur juga bisa menurunkan level hormon leptin yang memberitahu bahwa tubuh sedang kenyang.

Hasilnya, ketika kamu kurang tidur, maka kamu akan makan lebih banyak dan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak kalori. 

Oleh karena itu, pastikan kamu tidur yang cukup untuk mencegah peningkatan berat badan. Kebiasaan baik ini juga secara tidak langsung mengurangi lemak yang tersimpan di wajah.

5. Kurangi asupan garam

Makanan yang tinggi garam dapat menyebabkan tubuh menahan air. Ketika air tertahan, maka efeknya adalah penggelembungan dan pembengkakan di salah satu bagian tubuh, termasuk wajah. Hal ini bisa menimbulkan ilusi lemak yang berlebih di wajah.

Jika kamu memiliki kecenderungan untuk menahan cairan seperti ini, maka kamu harus mengurangi asupan makanan tinggi garam. Makanan yang masuk dalam golongan ini adalah makanan dan camilan olahan.

Centers for Disease Control and Prevention di Amerika Serikat mencatat kandungan garam di makanan olahan mencapai 75 persen dari keseluruhan asupan harian kamu. Jadi dengan menghentikan tipe makanan ini, kamu bisa mengurangi asupan garam.

Demikianlah berbagai tips untuk mengurangi lemak di wajah secara alami. Jaga selalu pola hidup dan pola makan agar kamu terhindar dari lemak berlebih yang menggangu, ya!

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference
Berita Terkait
register-docotr