Diet dan Nutrisi

Kupas Tuntas 5 Makanan di Serial Squid Game, Mulai dari Nilai Gizinya hingga Porsi yang Aman Dikonsumsi

October 8, 2021 | Muhammad Hanif S.
feature image

Sejak dirilis pada pertengahan September lalu, serial Netflix berjudul Squid Game langsung mendapatkan tempat di hati para penggemarnya. Bukan hanya soal pemeran dan jalan ceritanya, tapi juga karena berbagai makanan yang ada di dalamnya.

Bahkan, tak sedikit orang yang memburu salah satu makanan ala Squid Game seperti permen dalgona. Tapi, apakah kamu tahu tentang nilai gizi dari makanan tersebut? Yuk, temukan jawabannya dengan ulasan berikut ini!

Daftar makanan di serial Squid Game

Jika sudah menonton serial Squid Game, tentunya kamu familier dengan beberapa makanan yang muncul di situ. Mulai dari permen dalgona hingga hidangan mewah T-bone steak yang muncul pada adegan menjelang babak akhir.

Berikut daftar makanan yang ada pada serial Squid Game dan informasi seputar kandungan nutrisinya:

1. Permen dalgona

Di salah satu tantangan, peserta diminta untuk memisahkan bentuk cetakan dari permen dalgona atau ppopgi. Meski populer dan mulai diburu oleh banyak orang, ada baiknya kamu tidak terlalu sering mengonsumsinya. Sebab, kandungan gula dari kudapan ini cukup tinggi.

Satu permen dalgona mengandung 80 kalori, 12 gr karbohidrat, 4 gr lemak, 78 gr sodium, dan 11 gr gula (setara hampir satu sendok makan). Perlu diketahui, batasan konsumsi gula per hari adalah dua sendok makan untuk wanita dan tiga sendok makan untuk pria.

Artinya, satu permen dalgona mengandung hampir separuh dari jumlah maksimal asupan gula per hari. Ini belum termasuk asupan gula yang kamu dapatkan dari makanan atau minuman lain. Jadi, ada baiknya tak mengonsumsi lebih dari satu permen dalgona dalam sehari, ya.

Terlalu banyak kadar gula dalam tubuh bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah, rentan mengalami peradangan, berat badan naik, hingga diabetes. Semua gangguan kesehatan itu dikaitkan dengan risiko serangan jantung dan stroke.

2. Telur rebus

Ingat dengan adegan para peserta yang antre panjang untuk mendapatkan sebuah telur? Meski berukuran tidak terlalu besar, telur adalah makanan yang punya nilai gizi lengkap. Telur rebus, atau dalam bahasa Korea disebut maekbanseok gyeran, memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 77 kkal
  • Lemak: 5,28 gr
  • Kolesterol: 211 mg
  • Karbohidrat: 0,56 gr
  • Protein: 6,26 gr
  • Kalsium: 25 mg
  • Potasium: 63 mg
  • Vitamin A: 84 mkg.

Berbagai kandungan di atas punya banyak manfaat untuk kesehatan. Namun, jangan terlalu banyak mengonsumsi telur, ya. Kolesterol di dalamnya sudah memenuhi 70 persen dari ambang batas yang disarankan. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, ini bisa tingkatkan risiko sakit jantung.

Harvard Medical School menyebutkan, konsumsi telur sebaiknya tidak lebih dari tujuh butir per minggu. Artinya, per hari kamu dianjurkan hanya makan satu butir telur.

3. T-bone steak

Saat sudah menyisakan tiga orang calon pemenang, masing-masing orang dijamu makan malam dengan T-bone steak. Makanan mewah ini tak hanya lezat, tapi juga kaya akan nutrisi. Satu piring T-bone steak seberat 226 gr mempunyai nilai gizi sebagai berikut:

  • Kalori: 560 kkal
  • Lemak: 37 gr
  • Protein: 56 gr
  • Sodium: 152 mg
  • Potasium: 685 mg
  • Kolesterol: 136 mg
  • Zat besi: 41 persen dari total kebutuhan harian.

Protein, potasium, dan zat besi punya peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Namun, kandungan lemak yang cukup tinggi (60 persen dari total kebutuhan harian) perlu diwaspadai agar tak menyebabkan penyakit.

Dikutip dari NHS UK, untuk menghindari risiko gangguan kesehatan seperti kanker, ada baiknya kamu tak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak lebih dari 70 gr dalam sehari.

4. Dosirak (Korean lunchbox)

Ada satu adegan di mana para peserta diberikan makan siang seperti bento box ala Jepang. Di Korea, makanan itu disebut dengan dosirak. Menunya bisa bermacam-macam, mulai telur, sayuran, hingga kimchi khas Korea.

Meski tergolong makanan berat, dosirak cenderung rendah kalori. Untuk nilai gizinya sendiri tergantung dari menu yang dipilih. Untuk lauk utama ayam pedas misalnya, memiliki 160 kalori, 25 gr karbohidrat, 3 gr lemak, 7 gr protein, dan 217 mg sodium.

Jika dibanding dengan makanan sebelumnya, dosirak relatif aman dikonsumsi beberapa kali. Ini karena kandungan yang ada tidak melebihi batasan yang direkomendasikan.

Sodium misalnya, menurut Food and Drug Administration (FDA), batas asupan hariannya adalah kurang dari 2,300 mg per hari. Begitu juga dengan lemak, menurut NHS UK, batas konsumsinya adalah 30 gr per hari untuk pria dan 20 gr untuk wanita.

5. Roti soboro

Makanan terakhir yang bisa ditemukan pada serial Squid Game adalah roti soboro. Roti ini memiliki kandungan gizi berupa 110 kalori, 22 gr karbohidrat, 1 gr lemak, 3 gr protein, 5 gr serat, 1 gr gula, dan zat besi setara empat persen dari total kebutuhan harian.

Dari informasi nilai gizi tersebut, roti soboro bisa dibilang cukup aman dikonsumsi. Tapi, jangan terlalu banyak mengonsumsinya, ya. Sebab, kamu perlu menyeimbangkan nutrisi yang didapat dari makanan lain.

Nah, itulah lima makanan yang ada pada serial Squid Game dan informasi seputar nilai gizinya. Dari semua daftar makanan di atas, mana yang sudah pernah kamu coba?

Pastikan untuk mengecek kesehatan kamu dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download aplikasi Good Doctor sekarang, klik link ini, ya!

Reference

  1. Detik, diakses 8 Oktober 2021, Ini 5 Makanan yang Disajikan untuk Peserta Squid Game.
  2. Harvard School of Public Health, diakses 8 Oktober 2021, Added Sugar in the Diet.
  3. Harvard School of Public Health, diakses 8 Oktober 2021, The sweet danger of sugar.
  4. Harvard Medical School, diakses 8 Oktober 2021, How many eggs can I safely eat?
  5. Fatsecret, diakses 8 Oktober 2021, Boiled Egg.
  6. My Fitness Pal, diakses 8 Oktober 2021, Steak T-bone – T-bone Steak.
  7. My Fitness Pal, diakses 8 Oktober 2021, Local Dosirak – Hot chicken.
  8. My Fitness Pal, diakses 8 Oktober 2021, Generic: Soboro Bread.
  9. NHS UK, diakses 8 Oktober 2021, Red meat and the risk of bowel cancer.
  10. NHS UK, diakses 8 Oktober 2021, Fat: The fact.
  11. Food and Drug Administration (FDA), diakses 8 Oktober 2021, Sodium in your diet.

    register-docotr