Diet dan Nutrisi

Begitu Lezat, Simak Berbagai Kandungan Gizi Susu Berikut Ini

July 22, 2020 | Dewi Nurfitriyana | dr. Pitoyo Marbun
no-image

Sarapan pagi tak akan terasa lengkap tanpa meminum segelas susu. Kandungan gizi susu yang banyak memang pas dijadikan bahan bakar untuk memulai aktivitas seharian.

Baik disajikan hangat maupun dingin, keduanya sama-sama bisa memberikan kandungan gizi susu secara sempurna. Biar semakin rajin minum susu, yuk kenali lebih jauh kandungan gizi susu berikut ini.

Susu adalah sumber protein berkualitas

Dilansir dari milklife.com, segelas susu memiliki kandungan protein setidaknya sebanyak 8 gram. Zat ini sangat bermanfaat untuk membentuk otot dan menjaga kesehatan tulang. Protein di dalam susu sendiri dapat dibagi ke dalam 2 kategori berdasarkan kelarutannya.

Protein susu yang tidak dapat larut disebut kasein, sementara yang bisa larut dikenal dengan istilah protein whey. Keduanya merupakan jenis protein yang mengandung asam amino esensial.

Kasein

Kandungan zat ini di dalam susu sangat banyak yakni sekitar 80 persen. Salah satu peran penting dari kasein adalah meningkatkan daya serap tubuh terhadap mineral seperti kalsium dan fosfor.

Protein whey

Kandungannya di dalam susu adalah sebanyak 20 persen. Protein whey terdiri dari rantai cabang asam amino seperti leucine, isoleucine, dan valine. Adapun zat ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Mulai dari menurunkan tekanan darah, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi stres. Selain ini protein juga berperan besar dalam menjaga kesehatan otot. Tak heran jika para atlet banyak mengonsumsinya untuk menjaga kebugaran tubuh mereka.

Lemak

Susu adalah salah satu sumber lemak jenuh yang sangat tinggi. Hal ini sangat wajar mengingat 70 persen kandungan di dalamnya terdiri dari senyawa asam lemak.

Lemak ini adalah satu dari sekian banyak lemak alami kompleks yang terdiri dari sekitar 400 jenis asam lemak. Susu segar yang langsung diperah dari sapi sendiri memiliki kandungan lemak setidaknya sebesar 4 persen.

Selain menjadi cadangan energi, lemak dalam susu juga sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berpikir manusia.

Karbohidrat

Karbohidrat yang terdapat di dalam susu umumnya merupakan peralihan bentuk dari gula laktosa. Jadi ketika susu memasuki sistem pencernaan manusia, laktosa terpecah menjadi glukosa dan galaktosa.

Keduanya kemudian terserap dalam sistem peredaran darah, di mana pada satu titik tertentu hati akan mengubah galaktosa menjadi glukosa.

Pada beberapa orang, kekurangan enzim yang diperlukan untuk menghancurkan laktosa akan menyebabkan sebuah kondisi yang dinamakan intoleransi laktosa.

Vitamin dan mineral

Susu memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga proses pertumbuhan agar berjalan dengan baik. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

Kalsium

Kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk membentuk pertumbuhan tulang dan gigi. Satu gelas susu atau sekitar 240 ml, memiliki kandungan kalsium setara dengan 7 mangkuk brokoli.

Vitamin B12

Vitamin yang berfungsi membantu proses pembentukan sel-sel darah merah ini juga terdapat dalam jumlah yang cukup banyak di dalam susu.

Satu cangkir susu bisa memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin B12 harian yang diperlukan oleh tubuh. Dengan begitu kamu juga telah berperan menjaga fungsi sistem saraf pusat agar tetap berjalan dengan baik.

Vitamin A

Tak hanya wortel, ternyata susu juga bisa menjadi sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

Setiap kamu meminum secangkir susu, kamu telah memenuhi 15 persen kebutuhan vitamin A harian yang berguna untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap optimal.

Riboflavin

Meski mungkin masih sedikit asing di telinga, zat yang juga dikenal sebagai vitamin B2 ini mampu mengubah asupan makanan menjadi energi. Meminum satu gelas susu sehari akan mencukupi sekitar 35 persen kebutuhan harian tubuhmu akan riboflavin.

Fosfor

Selain kalsium, fosfor juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Susu sendiri merupakan minuman yang kaya akan mineral ini.

Dari 1 gelasnya, kamu bisa memenuhi 10 persen kebutuhan fosfor harian yang direkomendasikan para ahli.

Mengonsumsi susu secara rutin tak hanya akan menjaga kesehatan tulang, namun juga memberi beragam manfaat lainnya bagi kesehatan. Oleh karena itu jangan lupa sertakan minuman lezat nan sehat ini di meja makan setiap hari, ya.

Pastikan untuk mengecek kesehatan Anda dan keluarga secara rutin melalui Good Doctor dalam layanan 24/7. Download di sini untuk berkonsultasi dengan mitra dokter kami.

Reference

Milk 101: Nutrition Facts and Health Effects, https://www.healthline.com/nutrition/foods/milk#downsides diakses pada 17 Juli 2020

9 Milk Nutrition Facts You Need to Know, https://milklife.com/articles/nutrition/9-milk-nutrition-facts-you-need-know diakses pada 17 Juli 2020

    Berita Terkait
    register-docotr